Home » 4 Program Yang Termasuk Kedalam BPJS Ketenagakerjaan

4 Program Yang Termasuk Kedalam BPJS Ketenagakerjaan

Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tanggung jawab serta kewajiban negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Hal tersebut tentunya sesuai dengan kondisi serta kemampuan dari keuangan negara itu sendiri. Di indonesia sendiri program tersebut salah satunya dinamakan BPJS Ketenagakerjaan. Program tersebut pun akan lebih mudah jika aplikasi gaji.id berperan didalamnya.

Pada dasarnya sendiri BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari empat jenis program. Dimana setiap program tersebut tentunya berbeda dengan program yang lainnya. Program yang dibuat oleh pemerintah tentunya untuk keselamatan bagi kesejahteraan masyarakat. Adapun keempat jenis program tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja

Yang termasuk jaminan BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah jaminan kecelakaan kerja. Jaminan tersebut ditunjukkan untuk memberikan jaminan kepada para pekerja jika terjadi resiko kecelakaan saat mereka sedang bekerja. Jaminan tersebut mencakup segala resiko yang terjadi pada karyawan dimulai dari berangkat kerja sampai mereka kembali pulang ke rumah.

  1. Jaminan Hari Tua

Program yang selanjutnya adalah program jaminan hari tua. Pilihan jaminan hari tua sendiri merupakan jaminan yang bisa diterima oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan ketika sudah memasuki usia pensiun. Para peserta sendiri akan menerima hasil pengembangan serta iuran yang dibayarkan setiap bulannya selama menjadi peserta program tersebut. Dengan mengikuti program tersebut, maka jaminan para peserta pun tidak usah dikhawatirkan lagi.

  1. Jaminan Pensiun

Jaminan pensiun termasuk ke dalam program dari BPJS Ketenagakerjaan sendiri. Untuk jaminan pensiun sendiri merupakan jaminan yang diberikan kepada para peserta ketika sudah memasuki usia pensiun. Berbeda halnya dengan JHT, jaminan pensiun ini dibayarkan selama per bulannya dan waktu maksimalnya 180 bulan sejak peserta tersebut pensiun.

Keuntungan dari program ini adalah jaminan bisa diturunkan kepada anak para peserta bila peserta jaminan pensiun tersebut meninggal dunia. Sehingga keluarga yang ditinggalkan pun bisa memanfaatkan uang yang dimiliki oleh para peserta dari program tersebut sebelumnya.

  1. Jaminan Kematian

Program yang termasuk ke dalam jaminan BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir adalah jaminan kematian. Jaminan kematian ini memberikan dana jika para pesertanya mengalami kematian yang bukan diakibatkan karena kecelakaan kerja. Santunan tersebut akan diberikan secara langsung kepada ahli waris dari peserta. Dimana uang yang diberikan tersebut diharapkan bisa berguna bagi keluarga yang ditinggalkan.

Apa Peran Aplikasi gaji.id Dalam Program BPJS Ketenagakerjaan?

Aplikasi gaji.id sendiri merupakan sebuah aplikasi payroll online atau sebuah apalikasi penggajian online yang dirancang khusus untuk memudahkan para penggunanya dalam perhitungan gaji khusus di Indonesia. Untuk aplikasi ini sudah terbukti keakuratannya serta kehandalannya dalam mengelola penggajian di Indonesia selama hampir 30 tahun lebih dalam menangani berbagai macam perusahaan di Indonesia.

Aplikasi ini pun merupakan aplikasi yang sangat lengkap serta bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal tersebut tentunya sangat jelas sekali aplikasi gaji.id sangatlah berperan dalam program perhitungan premi dan report bulanan BPJS Ketenagakerjaan untuk membantu serta mempermudah baik para peserta yang bergabung dalam program tersebut maupun karyawannya.

Maka dari itu, akan sangat efektif jika seluruh program BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia menggunakan aplikasi gaji.id dalam menjalankan setiap programnya. Selain dapat membantu para peserta, dengan aplikasi ini pun dapat membantu karyawan dalam membantu para peserta yang mengikuti program tersebut. Dengan begitu, maka kesejahteraan dan jaminan masyarakat pun akan benar-benar terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *