Home » 5 Cara Cek BPJS Kesehatan Penerima Upah

5 Cara Cek BPJS Kesehatan Penerima Upah

BPJS kesehatan adalah sebuah program untuk memberikan jaminan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk kesehatannya. Banyak fasilitas BPJS yang telah diberikan untuk memudahkan setiap peserta BPJS mendapatkan jaminan kesehatan. Diantaranya adalah semakin mudahnya cara cek bpjs kesehatan penerima upah. Kewajiban mengenai bpjs kesehatan tercantum dalam UU no 40 th 2004 pasal 1.

Dengan jumlah iuran pada pekerja penerima upah baik PNS, Non PNS, atau pun karyawan dan masih banyak lagi. Sebesar 5% dari jumlah gaji, 4% menjadi tanggungan perusahaan dan 1% adalah tanggungan penerima upah. Cara cek bpjs kesehatan penerima upah ada 5 cara sebagai berikut :

Melalui Aplikasi BPJS

Dengan melakukan pengecekan bpjs kesehatan bagi penerima upah maka akan banyak keuntungan yang diperoleh. Yaitu bisa mengetahui jumlah tagihan, jumlah bulan yang belum dibayarkan serta besarnya sangsi denda bila ada pelanggaran.

Cara yang pertama adalah dengan melalui aplikasi bpjs. Aplikasi ini sudah dimunculkan lama untuk membantu memudahkan pengecekan bpjs kesehatan. Aplikasi JKN, sudah bisa didownload di google play dan mudah untuk digunakan.

Bagi para pengguna IOS dan android aplikasi BPJS ini bisa digunakan untuk keduanya. Kelebihan dari aplikasi JKN adalah pemakaian yang mudah, dan dapat digunakan sewaktu-waktu. Namun, memiliki kekurangan yaitu sangat tergantung pada jaringan yang dimiliki ponsel.

Melalui Kirim SMS

Cara yang ke dua adalah dengan melalui SMS ke nomor khusus untuk cek status bpjs kesehatan. Dengan mengirimkan SMS ke nomor 087775500400 dengan mengetik HELP. Atau untuk melakukan cek tagihan dengan mengirim SMS sesuai format ke nomor tersebut. Format cek tagihan adalah Tagihan ( Spasi ) Nomor BPJS.

Penggunaan SMS memiliki kelebihan dan kekurangan yang hampir sama ketika menggunakan aplikasi JKN. Cara ini membuat peserta BPJS menjadi lebih mudah dalam melakukan kontrol mengenai tanggungan yang dimiliki.

BPJS terus melakukan inovasi dalam mempermudah akses peserta program kepada BPJS. Banyak cara dapat dilakukan untuk bisa mengetahui status dan banyak hal lain mengenai keikutsertaan BPJS kesehatan.

Melalui Web BPJS

BPJS adalah program dari pemerintah yang telah modern dengan banyak jalan untuk mengaksesnya. Pilihan cara cek bpjs kesehatan penerima upah adalah dengan menggunakan web bpjs. Peserta dapat mengakses di BPJS-Kesehatan.go.id.

Terdapat banyak pilihan menu yang disediakan. Lalu pilihlah item yang akan dilakukan pengecekan. Informasi akan diperoleh dengan mengisikan beberapa identitas yang dimiliki peserta.

Melalui ATM

Kemudian cara untuk mengetahui status BPJS kesehatan yang berikutnya adalah dengan melalui ATM. Namun, cara ini hanya bisa dipergunakan dengan ATM yang memiliki kerjasama dengan pihak BPJS.

Cara ini menjadi sangat praktis digunakan untuk orang-orang yang mobile. Cara pengecekan yang dilakukan tidak jauh beda dengan penggunaan atm pada fungsi lainnya. Setelah memasukkan kata sandi kemudian menuju menu BPJS.

Datang Langsung Ke Kantor BPJS

Cara yang terakhir adalah dengan mendatangi kantor BPJS secara langsung. Melakukan antrian dan menanyakan kepada petugas yang berada di kantor. Cara ini memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri dibandingkan dengan cara yang lain.

Kelebihannya adalah informasi yang didapatkan akan sangat rinci sesuai yang kita tanyakan. Namun. Cara ini mengharuskan kita berkunjung ke kantor dan mengantri. Yang mungkin akan menyita sedikit waktu.

Untuk perusahaan yang memiliki tanggungan mengurus bpjs kesehatan bagi seluruh karyawannya sekarang ada cara mudah. Yaitu dengan melalui aplikasi gaji.id. sebuah aplikasi online yang akan memudahkan banyak tugas administrasi perusahaan. Seluruh kegiatan administrasi sekarang bisa terselesaikan melalui satu aplikasi pintar, gaji.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *