Home » 5 Contoh Surat Pemberhentian Kerja Yang Wajib Diketahui

5 Contoh Surat Pemberhentian Kerja Yang Wajib Diketahui

contoh Surat Pemberhentian Kerja

Contoh surat pemberhentian kerja atau pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah surat yang dikeluarkan perusahaan atau badan usaha pada karyawan terpilih. Hal itu sebagai bukti otentik untuk mengakhiri kerjasama antara perusahaan dengan karyawan tersebut.

Sejatinya alasan dapat berupa kesalahan fatal karyawan. Atau karena karyawan tersebut tidak lagi produktif bekerja dan tidak ada peningkatan, atau alasan lain yang memicu. Untuk itu wajib mengetahui seperti apa surat pemberhentian kerja, dibawah ini ada 5 contoh surat pemberhentian kerja yang wajib diketahui, antara lain:

Baca Juga : Contoh Soal PPH 21

1. Contoh Surat Pemutusan Kerja Karena Tidak Disiplin

Saat membuat surat pemberhentian kerja bagi karyawan tidak disiplin, maka diperlukan bagian-bagian penulisan penting seperti dibawah ini.

KOP SURAT

Nomor: 14

Perihal: Pemutusan Hubungan Kerja

Lampiran:

Yang terhormat, Sdr. Nurman Sahid

Di tempat

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan saudara. Selama 5 bulan ini kami sudah memberikan kesempatan agar saudara memperbaiki kinerja dan kedisiplinan. Namun nyatanya nasihat kami tidak dihiraukan dan kinerja Saudara semakin menurun. Untuk itu, perusahaan meminta maaf karena terpaksa memutuskan kerjasama antara Saudara dengan PT. Santosa Jaya sejak hari ini. Yaitu tanggal, 13 Maret 2018, namun Saudara tidak perlu khawatir karena hari ini juga Saudara mendapat gaji sebagaimana mestinya.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini. Sekali lagi kami mohon maaf dan semoga Saudara dapat memaklumi.

Terima kasih.

Jakarta, 13 Maret 2018

PT. Santosa Jaya
Anggit Prihatmo
HRD Manager

2. Contoh Surat Pemberhentian Kerja Karena Efisiensi

Contoh surat pemberhentian kerja ini dapat ditujukan pada karyawan yang di PHK karena berbagai alasan. Dimana contoh suratnya adalah:

KOP SURAT

Nomor: 20

Diberitahukan kepada:

Nama   : Syarif Indrayana

Jabatan: Staff Produksi

Pihak Perusahaan menghargai jerih payah Saudara dalam bekerja. Kami juga sebenarnya enggan memecat Saudara dan karyawan lainnya, namun keadaan membuat Perusahaan wajib mengurangi jumlah karyawan.

Sejatinya keputusan ini diambil karena mempertimbangkan beberapa hal penting. Misalnya, kondisi keuangan perusahaan yang terlilit hutang, jumlah karyawan yang tidak seimbang dengan hasil produksi. Untuk itu surat pemberhentian kerja sama ini dilayangkan.

Demikianlah surat pemutusan hubungan kerja. Semoga saudara ikhlas menerimanya, atas perhatian dan pengertian Saudara, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Bandung, 1 Januari 2019
Hormat Kami,

Alam Indah

3. Contoh Surat Pemberhentian Kerja Karena Kesalahan Karyawan

Dibawah ini ada surat pemberhentian kerja atau PHK akibat kesalahan karyawan, yaitu:

PT. ALMA MANAJEMEN
Jl. Industri Km.12 Jakarta Barat
Telp. (0271) 435621, Fax (0127) 327669
Jakarta Barat, 21 Desember 2018

Perihal: Pemberhentian Kerja

Kepada Yth,

Sdr. Rais Arisanto

Di Tempat

Dengan Hormat,

Sejatinya kami telah memberikan beberapa nasihat dan kisi-kisi agar kinerja Saudara membaik. Namun hingga surat ini diedarkan, kinerja Saudara masih sama bahkan akhir-akhir ini sering melamum. Hal itu berdampak buruk bagi perusahaan karena Saudara sering membuat laporan yang salah dan membuat klien kecewa.

Oleh sebab itu kami terpaksa untuk memberhentikan saudara Rais Arisanto dari pekerjaan sebagai Manager Keuangan PT. Alma Manajemen. Dengan demikian, mulai tanggal 21 Desember 2018 kerja sama antara PT. Alma Manajemen dengan Sdr. Rais Arisanto dinyatakan berakhir.

Demikian surat pemberhentian kerja dari Perusahaan. Atas perhatian dan pengertian saudara kami ucapkan terima kasih.

Dengan Hormat,

Alma Manajemen
Agung Prakoso
Manajer HRD

4. Contoh Surat Pemberhentian Kerja Karyawan Masa Percobaan

Contoh surat pemberhentian kerja yang ke 4 ini ditujukan untuk karyawan masa percobaan, dimana isi surat adalah:

PT. ABADI JAYA
Jl. Condet No. 38 Semarang
Telp. (031) 63216595 Fax. 564938

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Perihal: Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Kepada Yth,

Sdr. Fatma Ratnasari

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya karena tidak dapat melanjutkan kontrak Saudara dengan PT. Abadi Jaya. Hal itu dikarenakan kinerja Saudara selama masa percobaan tidak memenuhi target dan kurang disiplin dalam melakukan pekerjaan. Namun sebagai apresiasi kinerja Saudara selama ini, akan diberikan gaji sesuai sebagaimana mana mestinya karyawan dalam masa percobaan.

Demikianlah surat pemutusan hubungan kerja ini.  Semoga Saudara dapat memaklumi dan mendapat pekerjaan pengganti yang sesuai, terima kasih.

Semarang, 1 Januari 2019
PT. Abadi Jaya

Reza Ardian
HRD Manajer

5. Contoh Surat Pemberhentian Kerja Sementara

Saat perusahaan membatasi produksi barang untuk sementara, maka perusahaan tersebut akan membatasi jumlah karyawan untuk sementara waktu. Maka itu, perusahaan akan memberikan surat pemberhentian kerja sementara kepada sebagian karyawan. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada contoh surat pemberhentian kerja sementara.

PT. SENTOSA PUTRA
Jl. Bulakamba No. 45, Jakarta
Telp. 061-123456

Jakarta, 1 Januari 2019

Perihal : Pemberhentian Kerja Sementara

Kepada Yth,
Putra Pratama
Staff Produksi
PT. Sentosa Putra

Dengan hormat,
Bersama surat ini, kami atas nama Perusahaan meminta maaf sebesar-besarnya kepada Saudara. Saat ini perusahaan mengalami penurunan penjualan namun produksinya menumpuk. Untuk itu kami terpaksa mencabut kerjasama Saudara dengan perusahaan sampai waktu yang ditentukan. Namun tatkala kinerja Perusahaan sudah stabil, kami akan menghubungi Saudara untuk bekerja kembali.

Demikian surat pemberhentian kerja sementara ini. Secepatnya kami akan mengurus kekurangan gaji yang belum dilunasi, semoga Saudara dapat memaklumi dan berbesar hati menerimanya.

Sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Sentosa Putra

Amir Hidayat

Demikianlah beberapa contoh surat pemberhentian kerja atau pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dapat dijadikan referensi. Sekiranya jika Anda tertarik untuk memiliki system payroll yang dapat meningkatkan efektifitas perusahaan Anda kami sarankan untuk mencoba aplikasi kami. Aplikasi Gaji.id merupakan aplikasi payroll online atau pengolahan penggajian online yang dirancang khusus untuk memudahkan para pengguna dalam perhitungan gaji khususnya di Indonesia.

Keberadaan Gaji.id memang menjangkau beragam perusahaan di Indonesia. Tentunya sebagai generasi millenial wajib mencoba aplikasi Gaji.id agar perusahaan yang dikelola semakin berkembang secara internasional. Selain itu pengoprasian Gaji.id juga sangat mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Ayo coba sekarang juga

Pencarian terkait: contoh surat pemberhentian kerja,contoh surat pemberhentian kerjasama,contoh surat pemberhentian kerja dengan hormat,contoh surat pemberhentian kerja karyawan,contoh surat pemberhentian kerja sementara,contoh surat pemberhentian kerja guru dari kepala sekolah,contoh surat pemberhentian kerja malaysia,contoh surat pemberhentian kerja dari majikan,contoh surat pemberhentian kerja dari majikan kepada pekerja,contoh surat pemberhentian kerja oleh majikan,contoh surat pemberhentian kerja guru,contoh surat pemberhentian kerja dari perusahaan,contoh surat pemberhentian kerja karena sakit,contoh surat pemberhentian kerja karena pensiun,contoh surat pemberhentian kerja masa percobaan,contoh surat pemberhentian kerja untuk jamsostek,contoh surat pemberhentian kerja pns,contoh surat pemberhentian kerja doc,contoh surat pemberhentian kerja pegawai honorer,contoh surat pemberhentian kerja dengan tidak hormat,contoh surat pemutusan hubungan kerja antar perusahaan,contoh surat pemutusan hubungan kerja karena kesalahan berat,contoh surat pemecatan karyawan bermasalah,contoh surat pemberhentian kerja yang baik,contoh surat pemutusan hubungan kerja karyawan bermasalah,contoh surat pemutusan hubungan kerja yang baik,contoh surat pemberhentian kerja dinas,contoh surat pemberhentian kerja dari perusahaan ke disnaker,contoh surat pemberhentian kerja dokter,contoh surat pemberhentian kerja dari sekolah,contoh surat pemutusan hubungan kerja dalam masa percobaan,contoh surat pemutusan hubungan kerja dengan vendor,contoh surat notis pemberhentian kerja dari majikan,contoh surat pemecatan karyawan dengan hormat,contoh surat pemecatan karyawan dengan tidak hormat,contoh surat pemutusan hubungan kerja dengan supplier,contoh surat pemberhentian karyawan dengan hormat,contoh surat pemutusan hubungan kerja.doc,contoh surat pemutusan hubungan kerja dari perusahaan,contoh surat pemutusan hubungan kerja karena efisiensi,contoh format surat pemberhentian kerja,contoh surat pemberhentian kerja guru honorer,contoh surat pemberhentian kerja gtt,contoh surat pemutusan hubungan kerja guru,contoh surat pemberhentian kerja honorer,contoh surat pemberhentian kerja habis kontrak,contoh surat pemberhentian karyawan honorer,contoh surat pemberhentian hubungan kerja,contoh surat pemberhentian kerja tidak hormat,contoh surat pemberhentian kerja secara hormat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *