Home » 5 Hadiah Selain Uang yang Bisa Diberikan Kepada Karyawan Berprestasi

5 Hadiah Selain Uang yang Bisa Diberikan Kepada Karyawan Berprestasi

Hubungan antara personal pada perusahaan bukanlah hubungan yang stagnan dan satu arah saja. Karyawan adalah manusia yang memiliki perasaan, rasa bosan, dan hal lain yang bisa memengaruhi pekerjaannya. Oleh karena itu Manajemen Sumber Daya Manusia harus diterapkan dengan baik agar kemampuan pekerja bisa dimaksimalkan.Oh ya, karena pekerja adalah manusia yang memiliki perasaan, kita tidak boleh memperlakukan mereka seperti robot. Kalau memang berbuat kesalahan, atasan harus menegur dengan baik. Selain itu kalau mereka berprestasi, penghargaan juga harus diberikan.

Mengapa Penghargaan Harus Diberikan?

Anda mungkin akan bertanya: kenapa harus diberi penghargaan sementara mereka bekerja sesuai dengan kewajiban dan gaji juga diberikan dengan benar. Memang benar mereka mendapatkan gaji dan bekerja sesuai dengan jobdesc, tapi memberikan penghargaan akan membuat mereka jadi lebih semangat.

Selama ini perusahaan tidak mampu berkembang bukan karena pekerjanya yang tidak kompeten. Namun, pekerja seperti tidak ada lecutan semangat. Hadiah atau reward akan menjadi penguat positif yang membuat pekerja mampu melakukan pekerjaan dengan maksimal.

Kalau mekanisme hadiah ini diterapkan di perusahaan, pekerja akan menjalani hari-harinya dengan semangat. Mereka terpacu untuk melakukan yang terbaik dan memajukan perusahaan bersama-sama.

Jenis Penghargaan Selain Uang

Selama ini hadiah yang diberikan untuk karyawan atau pekerja adalah uang dan langsung dirapel dengan gaji. Selain uang, sebenarnya masih ada banyak hadiah yang menarik dan membuat pekerja jadi semangat menyelesaikan tugas, berikut selengkapnya.

Ada Tambahan Cuti

Diberi tambahan cuti 2-3 hari saja sudah membuat karyawan jadi semangat. Cuti ini bisa dimanfaatkan oleh karyawan untuk berkumpul dengan keluarganya. Jika dibandingkan dengan uang, cuti tambahan ini terlihat lebih prestisius.

Cuti ini bisa ditambahkan dengan cuti utama atau digunakan secara terpisah. Anda bisa mengatur mekanismenya seperti apa asal pekerjaan di kantor tetap berjalan dengan lancar.

Liburan Gratis

Salah satu alasan yang membuat karyawan mengambil cuti selain sakit atau ada kepentingan mendadak adalah liburan. Dengan mengambil cuti 3-4 hari, mereka bisa melepas penat sejenak dari rutinitas kantor.

Nah, hadiah berupa liburan gratis ini akan membuat banyak karyawan terpacu untuk bekerja semakin semangat. Kapan lagi bisa mendapatkan liburan gratis dari kantor.

Memberikan Tiket Konser atau Film

Tiket konser atau tiket film untuk premier adalah sesuatu yang sulit didapatkan oleh karyawan. Apalagi kalau tiketnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Untuk memberikan sedikit lecutan semangat, perusahaan bisa memberikan tiket gratis pada karyawan yang memiliki banyak prestasi. Tanpa diberi uang pun karyawan akan senang karena harga dari tiket pun cukup tinggi.

Mengadakan Gathering

Kalau semua pekerja di kantor telah bekerja dengan maksimal, kenapa tidak liburan bersama saja. Perusahaan bisa merancang acara gathering yang menarik dan bisa diikuti oleh semua orang.

Acara ini akan merelakskan pikiran sejenak dari rutinitas. Selain itu hubungan antar karyawan juga bisa semakin dekat.

Diberi Promosi Jabatan

Tidak ada yang lebih diharapkan oleh karyawan selain promosi jabatan. Kalau karyawan memiliki prestasi yang tinggi dan mampu melakukan segala pekerjaan dengan tepat, kenapa tidak diberi promosi jabatan saja?

Selama ada posisi yang kosong, promosi jabatan bisa diberikan ketimbang memberi barang atau uang secara langsung.

Mari lebih mengharga karyawan yang dimiliki. Sekali lagi, mereka adalah manusia yang harus diperlakukan juga seperti manusia. Lakukan Manajemen Sumber Daya Manusia ini dengan baik agar relasi bisa terjaga dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *