Home » 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Slip Gaji Karyawan

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Slip Gaji Karyawan

Slip gaji karyawan didapatkan oleh karyawan di setiap tanggal yang sudah ditentukan dari tempat mereka bekerja. Setiap slip memiliki informasi yang penting di dalamnya sehingga sangat disarankan untuk menyimpannya. Biasanya, slip gaji juga dibutuhkan sebagai keperluan administrasi dari suatu program. Berikut adalah poin penting dalam pembuatan slip gaji yang perlu dipahami.

1. Desain

Siapa bilang slip gaji yang kelihatannya sederhana tidak memerlukan desain? Meskipun ada standard yang berlaku dalam pembuatan slip, setiap tempat bekerja berhak menyediakan slip sesuai keinginan. Desain dirancang agar informasi di dalamnya dapat terlihat menarik sehingga tenaga kerja tidak enggan untuk membacanya.

Standard desain dari slip gaji biasanya terdiri dari dari bagian atas, tengah, dan bawah. Di bagian atas tertera nama tempat bekerja. Dilanjutkan pada bagian tengah lebih kepada isi informasi slip gaji. Selanjutnya bagian bawah ada tanda tangan dari pemberi gaji. Desain yang dibuat tergantung dari kebutuhan informasi yang disajikan pada slip.

3. Program Yang Digunakan

Saat membuat slip, perlu menentukan program apa yang ingin digunakan. Nantinya, akan berpengaruh pada poin-poin selanjutnya. Program sederhana adalah microsoft. Bisa melalui word ataupun excel. Keduanya sama-sama bisa mempermudah dalam pembuatan slip gaji. Hanya saja di excel ada kemudahan dalam menghitung.

Ada program pembuatan slip yang berbayar. Tergantung pilihan tempat bekerja ingin memilih program yang bagaimana. Program yang semakin menawarkan kemudahan dan kemenarikan dalam pembuatan slip harganya juga semakin tinggi. Kita harus jeli untuk mendapatkan program  yang berbayar atau tidak agar sesuai dengan manfaat yang diberikannya.

4. Tata Letak

Tata letak disinggung dalam ulasan kali ini karena dalam mengelompokkan isi tidak sembarangan. Bagian berupa huruf di sisi kiri, bagian angka di sisi kanan slip. Kemudian, biasanya gaji pokok diletakkan yang paling atas, sedangkan rincian biaya diletakkan dibawahnya. Tata letak harus sesuai proporsi agar desain yang sudah dirancang tidak menjadi berantakan.

Jika ada rumus perhitungan yang ingin diselipkan pada slip gaji, maka lihat terlebih dahulu cukup atau tidak untuk diletakkan. Seberapa informasi yang dimuat dalam slip selain disesuaikan dengan standard juga harus memperhatikan tata letaknya. Ditambah lagi mengenai bentuk dan ukuran huruf yang dipilih yang juga menjadi berpengaruh pada tata letak.

5. Durasi Waktu Pembuatan

Membuat slip gaji harus memperhatikan waktu. Jangan sampai masa pencairan malah terganggu karena waktu pembuatan slip gaji itu sendiri. Belum lagi jika tempat yang menyediakan pekerjaan diminta untuk melaporkan gaji sebagai pengeluaran kepada pihak tertentu. Seberapa lama dalam membuat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih cara dalam membuat slip gaji.

Banyaknya karyawan sebenarnya juga dapat mempengaruhi hal ini. Namun, kembali lagi pada seberapa efektif dan efisien dalam pengolahan waktu. Poin-poin sebelumnya memiliki efek secara tidak langsung pada waktu pembuatan slip. Untuk itu, diperlukan diskusi bersama mengenai manajemen waktu pembuatan slip gaji. Terdengar sepele namun sebenarnya penting.

6. Format Penyimpanan

Poin ini berdampak pada penyimpan slip gaji dalam bentuk softfile. Saat ini memang sedang gencarnya untuk membentuk big data. Slip gaji termasuk informasi yang masuk di dalamnya. Membentuk satu kesatuan dalam penyimpanan data tempat yang menyediakan pekerjaan. Format penyimpanan yang dipilih nantinya memiliki efek pada besar memori file.

Tersedianya pilihan format penyimpanan seperti doc dan csv memudahkan untuk memilih tampilan yang bagaimana jika suatu saat ada pihak yang memerlukan untuk melihat. Jika kehilangan slip gaji, bisa segera dicetak kembali. Baik itu kehilangan dari pihak penyedia pekerjaan ataupun pihak tenaga kerja.

Poin penting yang sudah dijelaskan di atas menjadi penyebab slip gaji karyawan di setiap tempat bekerja berbeda. Perbedaan tersebut juga didasarkan pada aktivitas pekerjaan masing-masing individu. Namun sekarang tidak perlu repot lagi membuat slip gaji karena sudah ada aplikasi pengolah penggajian terlengkap dan terpraktis yaitu Gaji.id. Dengan aplikasi ini tentu akan lebih mudah membuat slip gaji karyawan Anda kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *