Home » 5 Motivasi Bekerja Yang Umum Dimiliki Karyawan

5 Motivasi Bekerja Yang Umum Dimiliki Karyawan

Setiap orang memiliki keinginannya sendiri, dan siapa yang tidak menginginkan untuk bekerja atau menjadi seorang karyawan. Setiap orang memiliki motivasi bekerja masing-masing, dan pastinya setiap motivasi orang berbeda-beda. Dan pastinya setiap pekerjaan pasti membutuhkan motivasi, bahkan mungkin saja motivasi ini tidak terpikirkan oleh orang lain.

Setiap profesi juga memiliki motivasi yang berbeda, meskipun secara umum memiliki pola yang hampir sama. Berikut di bawah ini ada 5 motivasi bekerja yang umum dimiliki karyawan.

1. Gaji Bulanan

Motivasi yang pertama adalah mendapatkan gaji bulanan. Tidak peduli bekerja sebagai pegawai negeri sipil, karyawan tetap ataupun karyawan kontrak, tetap saja pasti motivasi yang pertama adalah mendapatkan gaji bulanan. Alasannya sederhana yaitu karena dengan gaji bulanan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Memiliki gaji setiap bulan tentu dapat mempermudah setiap orang dalam menjalankan kehidupan. Karena prinsip kebahagiaan dalam hidup yaitu adalah salah satunya finansial. Fasilitas dalam kehidupan yang mempermudah hampir 80% didapatkan dari uang, Gaji bulanan juga bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup yang didambakan. Di mulai dari kebutuhan primer, lalu  kebutuhan sekunder hingga sampai kebutuhan tersier.

2. Capai Sasaran Karir

Motivasi yang kedua ini adalah mencapai sasaran karir. Mereka yang memiliki motivasi tipe ini akan bekerja secara baik bahkan lebih baik. Karena, orang yang ingin mencapai sasaran karir, orang itu berada diposisi yang tertinggi. Selain itu, keterampilan dan perilaku kerja dapat meningkatkan produktifitas atau membantu mempermudah mencari pekerjaan jika berpindah perusahaan.

Tanpa sadar, pada saat ingin mencapai sasaran karir. Motivasi ini akan membuat orang dipaksa dengan sesama rekan kerja. Usahakanlah menjadi yang terbaik diantara yang terbaik yang berada di perusahaan, dan memiliki ide-ide unik yang akhirnya akan berubah menjadi staf yang unggul dari segi apapun. Intinya harus memiliki skill terlebih dahulu.

3. Berkarya

Selain mendapatkan gaji dan karir, disini diperlukan juga karya. Orang yang memiliki motivasi tipe ini adalah orang yang menghayati apa makna karyawan. Biasanya mereka memiliki pemikiran yang kompleks, belajar bagaimana sistem pengaturan dan struktur sebuah perusahaan.

Bertanggung jawab setiap yang sedang dikerjakan, itu adalah tipe yang sangat jarang dimiliki oleh seorang karyawan.  Orang dalam tipe ini biasanya memposisikan diri bukan sebagai buruh atau pekerja yang sedang diperkerjakan. Tetapi, akan dihayati dalam bekerja sehingga bisa memberikan karya terbaik untuk perusahaan.

4. Belajar Dan Mencari Pengalaman

Tidak semua karyawan bekerja untuk mendapatkan gaji ataupun mendapatkan karir yang bagus. Ada juga yang bekerja hanya untuk belajar yang tinggi dan mencari pengalaman. Dan, biasanya orang seperti ini belajar dalam hal bagaimana cara sebuah perusahaan menjadi sukses.

Selain alasan yang diatas, mencari pengalaman biasanya dijadikan motivasi bagi setiap orang yang baru lulus sekolah dan baru mulai bekerja. Motivasi ini biasanya dilakukan oleh karyawan yang masih magang, dengan begitu pada saat mereka mencari pekerjaan mereka akan lebih baik. Dalam hal staf keuangan ataupun staf administrasi.

5. Beribadah

Motivasi yang terakhir yang biasanya dimiliki oleh karyawan adalah motivasi beribadah. Motivasi jenis ini biasanya dimiliki oleh orang yang memiliki sifat spiritualitas yang tinggi. Baginya, bekerja merupakan ibadah karena dengan menafkahi keluarga dan juga akan memberikan manfaat kepada orang lain.

Selain itu juga, mereka sangat memperhatikan keberkahan uang yang didapatkannya, sehingga tidak mau memakan gaji yang tidak halal. Dan tidak ngotot dalam mencapai sesuatu, sehingga tidak akan iri pada rekan kerjanya sendiri.

Nah bagi perusahaan tentunya perlu memperhatikan apa saja yang bisa menjadi motivasi kerja karyawan. Selain itu perlu juga menggunakan Gaji.id yang dapat membantu untuk mengatur slip gaji pada perusahaan. Karena, semakin banyak karyawan di perusahaan, aplikasi Gaji.id akan sangat membantu mengatasi masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *