Home » 5 Tips Cerdas Memanfaatkan Uang THR

5 Tips Cerdas Memanfaatkan Uang THR

Uang THR adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat menjelang hari raya terutama untuk para karyawan. Biasanya banyak sekali rencana yang sudah dirancang setelah cairnya uang THR. Meski hanya sebagai gaji ke-13 atau bonus untuk karyawan, tunjangan hari raya ini tetap harus dipergunakan dengan sangat cerdas. Agar nantinya di kemudian hari tidak menyebabkan kesulitan keuangan.

Setiap menyambut lebaran pasti banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Tetapi jika kalian tidak mempergunakan dan merencanakan dengan baik tunjangan hari raya yang didapat berapa pun itu, THR akan habis begitu saja. Selain ada beberapa tips cerdas yang akan dibahas, kalian juga bisa menggunakan gaji.id untuk menolong kalian menyelamatkan THR kalian dari keinginan yang tak terlalu penting. Simak 5 tips cerdas memanfaatkan uang THR berikut ini!

  1. Gunakan 15-20 Persen Untuk Tabungan

Seperti gaji yang rutin diterima setiap bulannya, THR juga harus disisihkan untuk tabungan masa depan. Caranya setelah THR cair sisihkan sebagian uang THR untuk dimasukkan ke dalam rekening. Sebab, jika tidak langsung disingkirkan maka biasanya akan habis oleh keinginan yang sebenarnya tidak perlu. Jika sulit untuk mengelola dengan baik, sebaiknya gunakan bantuan agar uang THR tak habis begitu saja tanpa ada sisa sedikitpun.

  1. Alokasikan Untuk Kebutuhan Lebaran

Setelah disisihkan untuk tabungan, selanjutnya bisa dipergunakan untuk hal yang paling penting menuju hari raya. Misalnya seperti membeli pakaian, perlengkapan ibadah, makanan, dan yang paling penting yaitu membayar seperti yang seharusnya dilakukan.

Tetapi sebaiknya jika kalian akan membeli perlengkapan hari raya seperti baju dan peralatan ibadah sebaiknya jangan membeli di waktu yang terlalu mepet. Sebab, harga pasti akan sangat berbeda dan akan lebih malah. Jika membeli lebih awal maka uang lebihnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

  1. Sisihkan Untuk Membayar Hutang

Tips cerdas memanfaatkan uang THR selanjutnya yaitu sisihkan untuk membayar hutang yang dimiliki. Hutang merupakan satu hal yang memang harus diselesaikan. Selain memang kewajiban yang harus diselesaikan hutang yang berlarut-larut akan menjadikan beban tersendiri. Jika sudah tidak ada hutang maka uang THR bisa digunakan untuk dana darurat atau tambahan tabungan masa depan.

Untuk membantu menjalankan tips cerdas pemanfaatan uang THR, carilah bantuan aplikasi maupun pihak yang menangani hal seperti ini. Supaya uang THR bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Gunakan sekitar 15% untuk membayar hutang yang dimiliki.

  1. Simpan Untuk Investasi

Lebaran memang banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun bukan berarti uang tersebut harus dihabiskan untuk memenuhi semua keinginan di hari raya. Masa depan tetap menjadi hal yang paling utama dan menjadi prioritas. Nah, tips cerdas ini penting dan tidak boleh untuk dilewatkan, tips itu adalah menyisihkan uang untuk investasi.

Selain agar memberi manfaat yang lebih untuk kegunaan uang tersebut, investasi juga bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Tak perlu bingung mengaturnya, di jaman sekarang ini apapun bisa diatur dengan aplikasi online. Gaji.id pun akan dengan senang hati jika jasanya dibutuhkan.

  1. Untuk Berbagi

Berbagi adalah hal yang tak kalah penting dari tips memanfaatkan uang THR di atas. Sebab, dengan berbagi kita akan menjadi lebih kaya dan memberikan kebahagiaan tersendiri. Misalnya saja berbagi dengan keluarga, dengan tetangga, atau bahkan berbagi dengan orang yang kurang beruntung. Itu akan menjadikan uang THR yang diterima bermanfaat dengan sangat baik.

Itu dia tips cerdas pemanfaatan uang THR. Tak perlu khawatir, tips cerdas bisa teralokasikan dengan baik meski kalian sangat sibuk dengan pekerjaan. Salah satu payroll recommended yang bisa membantu untuk menghitung tunjangan hari raya adalah gaji.id. Menghitung tunjangan hari raya akan menjadi lebih akurat dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *