Placeholder canvas

6 Solusi Yang Ditawarkan Oleh HRIS

HRIS atau sering disebut Human Resources Information System, adalah aplikasi atau software online untuk data entry. Juga untuk melacak data dan sumber informasi departemen SDM, payroll, departemen akuntansi dan pihak manajemen. Jika karyawan baru bisa menggunakan aplikasi ini untuk menginput data-data, dan aplikasi ini tidak mencakup absensi.

Tujuan HRIS yang paling utama adalah, untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan data-data karyawan, dan dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun dengan sangat mudah. Aplikasi ini menawarkan banyak kemudahan kepada para pengguna dalam mengelola data. Dan apa saja solusi yang ditawarkan aplikasi ini, berikut 6 solusi yang ditawarkan oleh HRIS.

1. Semua Data Pegawai Terpusat

Data-data yang diperlukan oleh suatu perusahaan tidak perlu meminta dari perusahaan lain. Juga tidak perlu meminta data dari cabang-cabang yang jauh atau mungkin sangat jauh, ataupun dari toko-toko yang berbeda pula. Tidak perlu memerlukan waktu yang lama, kini data karyawan dapat diakses dengan cepat dan kapan saja.

2. Mengurangi Human Error

Setiap karyawan pastinya akan berusaha memberikan hasil yang maksimal. Namun, perlu diketahui bahwa manusia pasti tidak pernah luput dari kesalahan. Contohnya: salah menghitung perhitungan yang dapat berakibat sangat buruk bahkan fatal dari suatu perusahaan. Meskipun, kesalahan yang dilakukan tanpa adanya unsur kesengajaan.

Tetapi, dengan adanya aplikasi ini sudah dipastikan bahwa kesalahan seperti yang tercantum diatas tidak akan pernah terjadi. Meskipun, dalam hal menghitung pajak dan akan terhindar dari kehilangan data karena tanpa sengaja terhapus. Jika sampai hal yang diatas terjadi maka akan menyebabkan kerugian pada perusahaan.

3. Keamanan Data Yang Lebih Canggih

Solusi yang ketiga adalah keamanan data, data karyawan merupakan data personal yang bersifat sangat sensitive. Dan dibatasi hanya sebagian orang yang dapat mengaksesnya, dengan begitu akan menghindari pencurian data karyawan. Karena, hanya orang-orang yang diberi kepercayaan yang dapat mengaksesnya. Dengan begitu tidak akan ada kerugian besar karena kehilangan data.

4. Mengurangi Kerja Manual Yang Menggunakan Kertas

Banyak perusahaan yang masih menggunakan kertas yang digunakan untuk pengajuan cuti, ijin dan sebagainya. Staff yang bersangkutan pun harus melakukan lembur, karena banyak data-data yang perlu diinput ke dalam excel. Melalui sistem SS, karyawan yang mempunyai kepentingan akan menginput datanya sendiri di computer.

Dengan melakukan solusi tersebut, bisa dipastikan bahwa suatu perusahaan dapat menghemat waktu. Selain, menghemat waktu perusahaan juga bisa menghemat tenaga, dan juga biaya kertas.

5. Akses Data Dari Mana Saja

Aplikasi ini dapat mengakses data dari mana saja. Pihak perusahaan dari  manajemen dapat mengakses data dari luar kantor ataupun dari luar rumah, juga diluar jam kerja, dan juga kapan saja. Sebagai pemilik dari suatu perusahaan, dapat dipastikan bahwa perlu mengakses data-data karyawan dengan cepat tanpa adanya kendala.

6. Meningkatkan Komunikasi Antar Karyawan

Suatu perusahaan dapat menyampaikan pengumuman-pengumuman langsung ke akun karyawan. Contohnya, pemberitahuan cuti, ataupun pelaporan pajak. HRIS juga dapat mengurangi perbedaan data karyawan, contohnya: jumlah lembur yang diberikan dan jumlah sisa hari cuti.

Perbedaan-perbedaan data diatas dapat membuat sebuah situasi yang tidak nyaman, dan dapat membuat mengurangi ketegangan dalam data ini.

Gaji.id sebagai sebuah aplikasi payroll online atau pengolahan penggajian online yang dirancang khusus untuk memudahkan para pengguna dalam perhitungan gaji khususnya di Indonesia.

gaji.id sudah teruji untuk keakuratan dan kehandalan dalam mengolah penggajian di Indonesia, karena Sofco Graha sebagai produsen dari gaji.id sudah berkarya selama 30 tahun lebih menghasilkan aplikasi-aplikasi untuk berbagai macam perusahaan di indonesia. Saatnya percayakan urusan penggajian perusahaan Anda kepada yang berpengalaman.

Share this Article:

Scroll to Top