Home » 7 Pertanyaan ketika Wawancara untuk Menemukan Karyawan Terbaik

7 Pertanyaan ketika Wawancara untuk Menemukan Karyawan Terbaik

Karyawan merupakan salah satu penentu kesuksesan sebuah perusahaan. Anda bisa menemukan mereka dengan mengadakan interview. Agar mendapatkan karyawan terbaik, gunakan pertanyaan wawancara yang berkualitas.

Hal-hal apa saja yang mesti Anda tanyakan? Simak ulasan berikut ini.

  • Gambarkan Diri Anda dengan Tiga Kata

Beberapa calon karyawan mungkin sudah mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan seputar kepribadian. Mereka pasti mampu menceritakan secara detail dan lengkap kepada Anda. Namun, cerita belum tentu bisa menggambarkan karakter mereka yang sesungguhnya.

Jadi, solusinya, mintalah calon karyawan untuk menunjukkan dirinya dengan tiga kata. Dari sini, Anda bisa mengetahui sifat dan watak kandidat secara keseluruhan. Selain itu, tiga kata dirasa sudah mewakili kemampuan calon karyawan dalam melakukan pekerjaan.

  • Hal Apakah yang Anda Pelajari Terakhir Kali?

Kandidat unggulan biasanya memiliki semangat tinggi dan sikap pantang menyerah. Ia juga suka mempelajari hal baru. Untuk menemukan calon karyawan dengan kriteria ini, tanyakan kepadanya mengenai sesuatu yang terakhir kali ia pelajari.

Pastikan kandidat mampu memaparkan secara detail seputar caranya mempelajari, memahami, hingga menguasai hal tersebut. Berawal dari penjelasan itu, Anda bisa mengetahui kemampuan kandidat dalam memecahkan masalah.

  • Apa Pencapaian Tertinggi dalam Hidup Anda?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui minat dan sikap positif kandidat terhadap pekerjaan. Anda juga bisa menganalisis kemampuan tertinggi calon karyawan jika diterima di perusahaan.

Kandidat pada umumnya, kerap memberikan jawaban tidak penting. Semisal, ia menceritakan tentang orang-orang penting yang pernah ditemui atau partisipasinya dalam suatu acara. Sebaliknya, calon karyawan terbaik akan memberikan jawaban sekaligus bukti pencapaian. Contohnya, si kandidat A pernah mengikuti lomba desain gambar; ia meraih juara pertama dibuktikan dengan adanya sertifikat.

  • Apa Saja Keistimewaan yang Anda Miliki?

Rata-rata kandidat kesulitan menjawab pertanyaan ini dengan baik. Mereka hanya mengeluarkan satu atau dua hal yang menjadi kelebihannya. Namun, calon karyawan terbaik bisa menjelaskan lebih dari dua keistimewaan. Bahkan, keistimewaan tersebut tidak dimiliki oleh kandidat lain.

  • Bagaimana Anda Menghadapi Kesulitan?

Jika Anda mencari karyawan yang sanggup bekerja di bawah tekanan, inilah pertanyaan terbaik untuk kandidat. Dari jawaban kandidat, Anda bisa mengetahui kemampuan dan motivasinya dalam mencapai target.

Calon karyawan terbaik tentu mampu menemukan cara untuk menghadapi kesulitan tersebut. Ia tidak peduli seberapa besar risiko yang dihadapi; baginya semua masalah pasti bisa diselesaikan dengan baik.

  • Apa Keputusan Terberat Anda yang Ambil dalam Waktu Singkat?

Ada masanya, seseorang berada dalam situasi terdesak. Kala itu, ia harus mengambil keputusan yang mungkin memiliki risiko tinggi. Meski begitu, pengambilan keputusan tersebut menggambarkan visi dan ambisinya melihat masa depan.

Ketika kandidat menjelaskan tentang keputusan tersulit, berarti ia mengungkapkan jati dirinya. Semua jawaban dari pertanyaan ini, menggambarkan seberapa besar keberanian kandidat untuk mengambil keputusan mendadak.

  • Mengapa Ingin Pindah dari Perusahaan Tempat Anda Bekerja?

Kandidat yang Anda wawancarai pernah bekerja di perusahaan lain? Coba tanyakan hal ini kepadanya. Jawaban kandidat akan menunjukkan nilai diri, sudut pandang, serta tujuan masuk ke perusahaan baru. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui alasannya mengundurkan diri dari perusahaan lama.

Demikian beberapa pertanyaan wawancara yang dapat Anda terapkan ketika menyeleksi calon karyawan.  Untuk mengetahui lebih dalam tentang diri kandidat, sisipkan beberapa pertanyaan kreatif. Josh York—CEO Josh York’s Book—menyarankan pewawancara untuk memberikan pertanyaan tentang akar 9 kepada kandidat. Tujuannya agar perusahaan mendapatkan karyawan dengan kemampuan adaptasi yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *