Home » Absensi Karyawan Berpengaruh terhadap Kesuksesan Perusahaan

Absensi Karyawan Berpengaruh terhadap Kesuksesan Perusahaan

Sebuah perusahaan bisa berkembang dengan baik kalau semua struktur yang ada di dalamnya bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Kalau karyawan yang bekerja di sana sering tidak masuk kerja, izin, atau hal lainnya, produktivitas kerja dari perusahaan akan menurun dan memengaruhi hasil yang didapatkan.

Oleh karena itu masalah absensi atau kehadiran dari karyawan sangat dibutuhkan untuk mengetahui siapa saja yang bekerja dengan baik dan maksimal. Selain itu, dari absensi juga terlihat siapa saja yang rajin dan siapa saja yang terlihat malas. Beberapa perusahaan bisanya menerapkan sistem potongan gaji kalau sampai terlambat.

Nah, melanjutkan masalah absensi dan kesuksesan perusahaan, berikut beberapa alasan yang lebih lengkap mengapa dua hal ini berkaitan.

  1. Terlihat Siapa Saja Karyawan yang Aktif dan Tidak

Kalau perusahaan yang dikelola masih kecil dan hanya terdapat beberapa puluh pegawai saja mungkin mudah melakukan pengawasan. Anda juga bisa dengan mudah mengetahui siapa saja pegawai yang aktif dan tidak. Sayangnya cara ini akan susah dilakukan kalau berurusan dengan perusahaan besar dengan jumlah pegawai ratusan hingga ribuan.

Nah, inilah guna dari mesin absensi yang akan merekam kegiatan dari pekerja. Misal saat pagi hari terliat jam bera mereka datang dan sore saat jam pulang. Dari sini akan terlihat mana saja pekerja yang aktif dan mana saja pekerja yang terkesan asal-asalan.

  1. Bisa Memaksimalkan Kinerja

Dari mesin absensi yang sudah direkam atau diunggah ke platform Gaji.id, pengecekan bisa dilakukan secara langsung dan realtime. Dengan fitur ini keterbukaan akan terjadi sehingga pegawai yang rajin dan tidak bisa terlihat dengan jelas. Dari absensi ini juga peningkatan kerja bisa dilakukan.

Misal para manajer atau koordinator dikumpulkan untuk memberikan arahan lagi terkait disiplin. Kalau cara ini terkesan tidak terpengaruh, penguatan bisa dilakukan. Penguatan ini ada dua mulai dari penguatan negatif seperti hukuman atau sanksi atau penguatan positif seperti memberikan insentif atau bonus.

  1. Bisa Memunculkan Ide Baru

Dari daftar pekerja yang aktif dan mana yang tidak, pemilik perusahaan bisa memunculkan ide baru yang berhubungan dengan proyek. Misal dari deretan pekerja aktif dan selalu memiliki prestasi, pekerjaan baru bisa diberikan. Dengan ide ini Anda dan perusahaan bisa terus melakukan inovasi baru setiap saat.

  1. Bisa Memberikan Bonus yang Tepat Sasaran

Salah satu kelebihan dari absensi khususnya kalau perusahaan menggunakan Gaji.id adalah mudahnya memberikan gaji yang tepat sasaran. Setelah data absensi diunggah ke platform, pembelian bonus sesuai dengan absensi atau apa yang sudah diselesaikan berjalan dengan otomatis.

Dengan bonus yang tepat sasaran ini, pekerja akan merasa lebih dihargai. Bahkan mereka akan semakin semangat untuk bekerja di bulan selanjutnya. Dengan sistem ini pemberian bonus akan jelas sehingga tidak akan ada kesalahan yang menimbulkan kecemburuan.

  1. Pergeseran Karyawan Bisa Terjadi

Dari absensi perusahaan bisa melakukan pergeseran jabatan di perusahaan. Pekerja yang selalu aktif dan memberikan dampak besar pada perusahaan bisa dinaikkan atau dipromosikan. Sementara itu mereka yang malas melakukan pekerjaan dan cenderung stagnan bisa digeser ke departemen lainnya atau diturunkan jabatannya agar diisi oleh mereka yang lebih kompeten dan memiliki semangat tinggi.

Pengecekan absensi yang akurat dan verifikasinya sangat penting untuk sebuah perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki sistem pengecekan yang mudah seperti gaji.id. Dengan platform ini pengecekan bisa dilakukan secara otomatis dengan mengunggah data dari mesin finger print. Jadi, tidak perlu manual satu per satu.

Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *