Home » Apa Itu HRD Dan Tugas Pokok Yang Diembannya

Apa Itu HRD Dan Tugas Pokok Yang Diembannya

HRD merupakan singkatan dari human resource development atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pengembangan sumber daya manusia. Tugas HRD bergantung pada seberapa besar perusahaan, jumlah SDM dan kebutuhan perusahaan. Masih bingung apa itu HRD dan tugas utamanya? Berikut ini ulasannya.

Pengertian HRD Menurut Para Ahli

Human resource development merupakan kerangka untuk perluasan modal manusia dalam suatu organisasi. Adam Smith menyatakan bahwa kapasitas individu tergantung pada akses mereka terhadap pendidikan. Pernyataan tersebut juga berlaku pada organisasi itu sendiri.

Beberapa ahli seperti Prof. TV Rao, Leonard Nadler, dan M.M. Khan menyatakan pendapat tentang apa itu HRD. Menurut Prof. TV Rao, HRD merupakan proses dimana karyawan sebuah organisasi membantu secara terus menerus dan terencana. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh kemampuan sesuai dengan fungsi yang terkait dengan peran masa depan.

Sedangkan menurut Leonard Nadler, HRD adalah serangkaian kegiatan teroganisir, dilakukan dalam waktu khusus dan dirancang untuk menghasilkan perubahan perilaku. Pendapat Nadler berbeda dengan M.M. Khan. Menurut M.M. Khan, HRD merupakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan sikap kerja positif dari semua orang yang bekerja.

Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan mengenai apa itu HRD. Secara garis besar, HRD adalah penggunaan pelatihan, perusahaan dan pengembangan karir untuk meningkatkan kemampuan dan keefektifan kerja individu dan kelompok.

Tugas Pokok HRD

Tugas HRD berfokus pada peningkatan kinerja karyawan dalam perusahaan. Oleh karena itu tak heran jika HRD berfungsi untuk mengelola keahlian, meningkatkan dan memotivasi karyawan untuk mencapai posisi yang diinginkan. Berikut adalah tugas pokok HRD.

1. Orientasi 

Memberikan orientasi yang intensif kepada karyawan merupakan salah satu tugas pokok HRD. Proses ini bertujuan untuk membantu karyawan baru mengenal tugas deskripsi pekerjaan serta fungsi departemen dan hubungannya dengan posisi lain. Namun, pada kenyataannya orientasi untuk karyawan baru tak selengkap seharusnya karena budget perusahaan.

2. Rekrutmen Dan Pemilihan Karyawan

HRD bertugas untuk mencari dan memilih karyawan yang sesuai dengan kualifikasi kebutuhan perusahaan. Pemilihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dapat membantu perusahaan untuk maju dan terus berkembang. Selain itu, proses rekrutmen ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko mendapatkan karyawan dengan kemampuan buruk, tidak termotivasi dan kualifikasi rendah.

3. Memelihara Kondisi Kerja Yang Kondusif

HRD bertugas untuk menciptakan dan memelihara kondisi dan suasana kerja yang kondusif. Hal ini bertujuan untuk memotivasi kerja karyawan. Kesejahteraan karyawan merupakan kepuasan dalam bekerja

4. Mengelola Hubungan Antar Karyawan

Karyawan merupakan salah satu tiang dari sebuah perusahaan. Hubungan antar karyawan yang baik dapat mempengaruhi sikap, kebiasaan dan hasil kerja yang positif. Pihak HRD harus menciptakan kegiatan yang dapat membantu untuk mengenal karyawan baik dari segi pribadi maupun profesional. Hubungan yang baik antar karyawan merupakan kunci sukses suatu perusahaan.

5. Pengembangan Dan Training

Pengembangan dan training atau pelatihan merupakan salah satu tugas pokok HRD yang paling penting. HRD berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdampak pada kinerja perusahaan melalui pendidikan dan pelatihan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian karyawan sehingga dapat membantu perusahaan dalam mengatasi permasalahannya.

Demikian ulasan singkat mengenai apa itu HRD dan tugas pokok HRD dalam membantu kesuksesan suatu perusahaan. Kini kinerja HRD dalam pengurusan upah atau gaji karyawan terbantu oleh suatu aplikasi online. Sebuah aplikasi payroll online seperti gaji.id membantu meringankan beban perusahaan dalam perhitungan gaji karyawannya termasuk tunjangan yang didapat oleh karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *