Home » Apa Itu SDM? Berikut Mengenai SDM Dan Juga Fungsinya

Apa Itu SDM? Berikut Mengenai SDM Dan Juga Fungsinya

Dalam sebuah perusahaan SDM sangatlah menunjang kemajuan perusahaan, tapi apa itu SDM? Sebagian orang tidak terlalu memahami apa itu SDM dan apa fungsi dari SDM tersebut. Padahal SDM sangatlah penting dan dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

Dengan tercukupinya SDM yang berkualitas, maka perusahaan memiliki potensi lebih untuk berkembang. Berikut ada penjelasan mengenai apa itu SDM dan juga fungsi dari SDM. Simak ulasannya!

Pengertian Dari SDM

Apa itu SDM? Banyak orang awam yang mungkin belum mengetahui pengertian dari SDM. SDM adalah singkatan dari sumber daya manusia. Yang mana manusia merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Sumber daya manusia adalah sumber paling penting dalam menentukan berkembangnya sebuah perusahaan atau organisasi.

Jika dalam sebuah perusahaan sumber daya manusianya kurang maka pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut akan terhambat. Namun jika sumber daya manusia nya terpenuhi maka pekerjaan akan berjalan lancar. Tapi sumber daya manusia yang dibutuhkan bukanlah sumber manusia yang tidak memiliki kemampuan lebih.

SDM yang dipekerjakan pada sebuah perusahaan haruslah yang memiliki kemampuan dan keahlian dibidangnya. Agar tujuan dari perusahaan tersebut tercapai.  Jadi sumber daya manusia sangatlah berpengaruh dalam sebuah perusahaan, sebab manusia adalah kunci dari perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Setelah mengetahui apa itu SDM maka selanjutnya adalah peran atau fungsi dari SDM. Manusia menjadi kunci dari keberhasilan suatu pekerjaan pada sebuah perusahaan memiliki fungsi yang sangat penting. Berikut ada beberapa fungsi sumber daya manusia yang perlu diketahui :

1. Sebagai Tenaga Kerja

Fungsi yang pertama adalah sebagai tenaga kerja. Sumber daya manusia berfungsi sebagai tenaga kerja sebab manusia memberikan jasa melalui kemampuan yang dimilikinya. Dari tenaga kerja manusia bisa menghasilkan sesuatu yang berguna baik untuk kemajuan perusahaan.

2. Sebagai Pemimpin

Sumber daya manusia memang memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan maupun organisasi. Karena sudah sangat jelas bahwa manusia bisa dijadikan seorang pemimpin. Apalagi jika kemampuan yang dimiliki sangat mumpuni dan bisa memajukan perusahaan.

Setiap manusia bisa saja menjadi pemimpin tapi belum tentu memiliki jiwa kepemimpinan, maka dari itu kualitas sumber daya manusia juga harus diperhatikan. Tidak mungkin perusahaan dipimpin oleh manusia yang kemampuannya kurang mumpuni. Sebab jika hal itu terjadi maka kerugian akan menghampiri perusahaan.

3. Berfungsi Sebagai Tenaga Ahli

Sumber daya manusia juga memiliki fungsi sebagai tenaga ahli dalam sebuah perusahaan. Kemampuan manusia dalam beberapa bidang khususnya teknologi dan pemasaran sangatlah penting untuk menunjang dan membangun perusahaan. Jika sumber daya manusia yang dimiliki sebuah perusahaan ahli dalam berbagai bidang dapat dipastikan perusahaan tersebut akan berkembang pesat.

4. Fungsi Evaluasi

Dengan adanya sumber daya manusia yang kompeten, maka setiap pegawai atau calon pegawai mendapat evaluasi dari SDM yang ada di perusahaan. Jika ada pegawai yang kinerja nya kurang mumpuni, maka SDM yang bergerak dalam bidangnya akan memberi pelatihan juga evaluasi.

5. Membangun Relasi

Membangun relasi dan melakukan negosiasi untuk menjalin kerjasama merupakan salah satu fungsi dari SDM. Untuk memajukan perusahaan maka semua SDM harus bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut. Semakin baik kinerja dari SDM nya maka tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan akan tercapai.

Itulah penjelasan dari apa itu SDM dan juga fungsi dari SDM. Setiap perusahaan haruslah memiliki sumber daya manusia yang memiliki kemampuan lebih dan juga bisa bekerjasama dengan baik.

Manfaat Dan Tips Penilaian kinerja Karyawan Pada Perusahaan

Supaya kerjasama bisa terjalin dengan lancar, baik antar karyawan maupun antar relasi. Perusahaan bisa menggunakan aplikasi gaji.id untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia, agar kenyamanan bekerja lebih terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *