Home » Apa Itu SDM Dan Fungsinya Dalam Sebuah Intitusi

Apa Itu SDM Dan Fungsinya Dalam Sebuah Intitusi

Mungkin semua orang telah sering mendengar orang mengatakan SDM atau bahkan diri sendiri juga sering mengucapkannya. Tapi apakah sudah paham benar tentang apa itu SDM? Ataukah hanya mengucapkannya karena ikut-ikutan saja. SDM memiliki peranan penting dan tidak bisa terlepas dari sebuah organisasi, perusahaan atau institusi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan pengertian dan fungsi SDM di bawah ini.

Pengertian SDM

Banyak pengertian SDM menurut para ahli yang bisa disimpulkan menjadi satu karena sebenarnya memiliki kesamaan dalam beberapa hal. Jadi jawaban dari apa itu SDM? SDM (Sumber Daya Manusia) memiliki dua pengertian secara umum yaitu usaha yang dilakukan dan menyangkut manusia yang melakukan.

Pertama, SDM adalah jasa atau usaha kerja yang mampu memberikan suatu hasil dalam proses produksi. Dalam pengertian tersebut SDM lebih kepada ukuran kualitas yang bisa diberikan oleh seseorang dalam saat proses produksi sebuah barang atau jasa. Perlu diketahui peran SDM tidak tergantikan di dalam sebuah perusahaan industri.

Kedua, SDM adalah sekelompok manusia yang memiliki kemampuan untuk bekerja dan memberikan jasa atau usaha kerja. Manusia yang memiliki kemampuan kerja ini diukur dari usia seperti dalam pengelompokan usia kerja yang produktif. Itulah penjelasan arti apa itu SDM dari berbagai sumber yang bisa dijadikan referensi.

Fungsi SDM Dalam Institusi

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan SDM memiliki peran penting pada semua proses yang terjadi. Fungsi SDM saat berada di dalam sebuah institusi memang sangat beragam sesuai dengan fungsinya masing-masing. Setidaknya fungsi SDM saat ini :

1. Tenaga Kerja

SDM memiliki fungsi sebagai tenaga kerja yang kemudian dibatasi oleh pengelompokan penduduk usia kerja (15-64 tahun). Pada usia ini setiap satuan waktu dimanfaatkan untuk menghasilkan barang atau jasa sendiri atau orang lain.

2. Tenaga Ahli

SDM juga memiliki fungsi sebagai tenaga ahli yang bertugas mengembangkan teknologi sebagai sifat kompetitif. Dengan adanya tenaga ahli maka SDM mampu mencegah ketertinggalan dari pembangunan yang terjadi secara global.

3. Pemimpin

SDM juga bisa berfungsi sebagai pemimpin di mana pun berada asalkan memiliki sikap leadership yang baik. Fitrahnya manusia memang diciptakan untuk memimpin makhluk yang ada di muka bumi ini, jadi SDM memang harus melakukan fungsinya dengan baik

4. Usahawan

SDM juga bisa berfungsi sebagai usahawan yang mampu berdiri secara mandiri tidak terlibat di dalam sebuah perusahaan sebagai tenaga usahawan maka SDM harus melibatkan diri dalam proses produksi barang atau jasanya.

5. Pengembangan IPTEK

SDM juga memiliki fungsi litbang (penelitian dan pengembangan) untuk kemajuan institusi atau negara. Dalam berbagai bidang perkembangan ilmu itu terjadi terus menerus dan SDM harus mampu berfungsi sebagai pengembang IPTEK di dalam areanya. Sumber daya manusia yang produktif pasti menemukan perkembangan dari hari ke hari dalam institusinya.

6. Produsen

SDM juga bisa berfungsi sebagai SDM, hampir sama seperti fungsi usahawan yang masuk ke dalam proses produksi. Fungsi SDM sebagai produsen akan mampu memberikan nilai tambah atau manfaat pada sebuah barang. Sumber daya manusia mampu melakukan produksi barang yang memiliki nilai lebih dengan menggunakan kemampuannya.

7. Pengorganisasian

SDM juga bisa berfungsi sebagai pengorganisasian mengatur sumber daya yang ada di dalam institusi menjadi sebuah sistem yang teratur. Dengan demikian semua SDM bisa berada dalam sebuah organisasi yang teratur sesuai dengan struktur yang ditetapkan.

Itulah fungsi SDM di dalam sebuah institusi termasuk perusahaan atau bahkan negara. Setelah memahami apa itu SDM dan fungsinya pasti akan mengetahui apa pentingnya peranan SDM di dalam sebuah institusi perusahaan. Manajemen SDM di dalam sebuah perusahaan tidaklah mudah, untuk mempermudahnya bisa menggunakan aplikasi Gaji.id. Dengan Gaji.id, Anda juga dapat mengelola berbagai administrasi karyawan, mulai dari absensi, cuti, klaim dan reimbursement, hingga perhitungan payroll beserta potongan pajaknya. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda di Gaji.id sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *