Home » Bagaimana Merekrut Karyawan dengan Cara Kreatif dan Menarik

Bagaimana Merekrut Karyawan dengan Cara Kreatif dan Menarik

Dunia berubah begitu cepat, tidak terkecuali dalam hal rekrutmen. Kebutuhan perusahaan terhadap karyawan dengan segudang kemampuan dan keterampilan mumpuni memang tak terbantahkan. Namun, menemukan karyawan tepat sesuai kriteria untuk mengisi posisi yang ada kadang nyaris mustahil. Apakah lowongan kerja yang Anda pasang sudah cukup ‘berbicara’ atau menarik minat kandidat potensial? Atau justru hanya mereka yang tampak biasa-biasa saja yang melamar posisi tersebut?

Jika demikian, artinya Anda harus berusaha mengubah cara merekrut karyawan yang selama ini dilakukan. Ya, tidak hanya para kandidat pelamar saja yang harus mengeluarkan usaha ekstra untuk memberikan penampilan terbaik saat datang ke perusahaan. Anda pun perlu menerapkan metode kreatif untuk menemukan kandidat terbaik.

Cara Merekrut dengan Kreatif dan Menarik

Memasang lowongan di kolom surat kabar terdengar sangat konvensional. Mungkin beberapa tahun lalu langkah ini cukup efektif, tetapi sekarang waktunya Anda mencoba cara lain. Berikut 5 cara merekrut karyawan dengan kreatif dan menarik yang dapat Anda praktikkan.

Bagaimana Merekrut Karyawan dengan Cara Kreatif dan Menarik

1. Program magang

Menemukan talenta dari kandidat karyawan potensial bisa dilakukan dengan membuka program magang. Mahasiswa yang magang di perusahaan Anda tentu akan mengerahkan segala kemampuan terbaiknya untuk bekerja dan mencari pengalaman. Di sini Anda bisa membidik siapa saja yang terlihat menjanjikan untuk ditawari kontrak karyawan setelah ia lulus kelak. Gali potensinya dan tawarkan posisi yang tersedia, sehingga ia pun terpacu untuk menyelesaikan kuliah.

2. Job fair di kampus ternama

Punya karyawan fresh graduate dengan keterampilan kerja di atas rata-rata? Coba cek dari mana asal kampusnya. Lakukan rekrutmen langsung di kampus tersebut atau ikuti kegiatan job fair yang diselenggarakan pihak kampus. Meski cara ini menyita waktu, tetapi Anda bisa langsung bertatap muka dengan para pencari kerja. Tampil maksimal dengan booth profesional, informasi lowongan kerja, lengkap dengan benefit apa saja yang diperoleh karyawan, serta budaya organisasi di perusahaan Anda.

3. Media sosial

Memasang iklan lowongan kerja di surat kabar butuh biaya, tetapi Anda bisa menekan biaya tersebut jika memasangnya di media sosial. Saat ini banyak sekali akun media sosial yang mengkhususkan diri pada informasi lowongan kerja, baik yang dikelola pemerintah daerah melalui dinas tenaga kerja maupun swasta. Pilih akun yang representatif, memiliki jumlah follower signifikan, dan sesuai dengan lowongan perusahaan Anda, Selain media sosial, platform lowongan kerja seperti JobStreet juga cukup efektif untuk menemukan calon karyawan menjanjikan.

4. Rekomendasi karyawan

Anda telah mempekerjakan beberapa orang dengan performa kerja mengesankan. Coba tanyakan pada mereka, apakah ada kenalan, kerabat, atau teman yang punya kinerja serupa dan sedang mencari tantangan baru. Menggunakan jaringan karyawan Anda adalah cara terhemat merekrut calon karyawan. Mereka bisa dengan mudah promosi seperti apa kantor dan suasana kerja perusahaan pada teman atau kerabatnya. Jika Anda berhasil merekrut seseorang berkat rekomendasi karyawan, jangan lupa berikan insentif padanya. Hari cuti ekstra atau bonus terdengar sepadan untuk usaha tersebut.

5. Selenggarakan event menarik

Beberapa perusahaan multinasional kerap menyelenggarakan event menarik untuk memikat para pencari kerja. Selain job fair, seminar dan workshop, coba adakan kompetisi nasional dengan tema sesuai bidang usaha Anda. Misalnya, kompetisi business plan, wirausaha muda, atau program pencarian pemimpin muda dengan mahasiswa sebagai peserta. Sebagai hadiah untuk pemenang atau 5 peringkat teratas, Anda bisa mengikutkan pemenang dalam program management trainee atau ODP untuk melihat potensi mereka sesungguhnya.

Setelah Anda mengetahui 5 cara merekrut karyawan dengan kreatif dan menarik, segera susun strategi untuk membuka lowongan kerja berikutnya. Berbekal metode yang unik, Anda tentu akan mendapatkan kandidat dengan talenta terbaik untuk bergabung dengan perusahaan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *