Home » Bagian Terpenting Dan Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Bagian Terpenting Dan Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Gaji atau pendapatan adalah salah satu unsur terpenting. Nah, di artikel kali ini akan menjelaskan tentang contoh slip gaji karyawan swasta serta akan dijelaskan beberapa bagian dalam slip gaji agar lebih memahaminya

Bagian Terpenting Dalam Slip Gaji

Pada umumnya penyusunan slip gaji hampir semuanya sama. Terdiri dari unsur nama perusahaan, kerahasiaan gaji, tanggal pembayaran, subdepartemen, dan juga data karyawan. Berikut akan dipaparkan bagian-bagian terpenting pada slip gaji:

1. Nama Perusahaan

Unsur atau bagian yang pertama dalam slip gaji adalah nama perusahaan, hal ini sangat penting karena sebagai dokumen dari sebuah perusahaan. Sehingga orang lain mampu membacanya bahwa slip gaji yang di keluarkan dari perusahaan bernama A.

Biasanya letak nama perusahaan berada di kiri atas dengan ukuran font yang besar dan tebal. Lalu diikuti dengan nama pemilik perusahaan  serta gelarnya.

Jangan lupa di kasih nama karyawan yang akan menerima gaji. Untuk pengeluaran slip gaji tergantung kesepakan diantara kedua belah pihak, yaitu antara pemilik perusahaan dengan karyawan.

2. Pengesahan Pihak Berwenang

Poin kedua yang harus ada pada slip gaji karyawan adalah pengesahan dari pihak berwenang. Tak ubahnya persuratan yang bersifat resmi dan langsung dikeluarkan dari pemilik perusahaan.

Dalam slip gaji juga sangat diperlukan seperti pemasukan nama, jabatan atau posisi yang bertanggung jawab terhadap pembayaran gaji karyawan.

Hal itu berfungsi sebagai bukti sah bahwa slip gaji karyawan tersebut memang di keluarkan dari pemilik perusahaan. Coba bayangkan jika di dalam slip gaji tidak ada unsur pengesahan

3. Tanggal Pembayaran, Subdepartemen, dan Juga Data Karyawan

Bagian ketiganya adalah tentang tanggal dibayarkannya gaji karyawan, subdepartemen, sekaligus database karyawan. Contoh tanggal pembayarannya 7 Februari 2019.

Setelah itu, pada bagian subdepartemen biasanya terdiri dari alamat dan subdepartemen. Sedangkan pada database karyawannya bisa ditulis nama, nomor pegawai (NP) serta  NPWP (nomor pokok wajib pajak).

Slip gaji memang menjadi dokumen yang sangat rahasia dan sebagai bukti dalam pembagian pajak maupun potongan.

4. Penghasilan dan Potongan

Dari pemerintah sendiri telah memutuskan terkait ketenagakerjaan yang diatur dalam undang-undang dan sudah dijelaskan diatas. Jadi, seorang karyawan swasta maupun negeri dan sudah mempunyai penghasilan wajib di potong.

Pada bagian penghasilan dan pemotongan gaji terdiri dari komponen insentif, gaji pokok yang diterima, serta uang tunjangan seperti transportasi, BPJS, dan catatan uang karyawan kepada perusahaan.

Pemotongan gaji ini untuk kebutuhan karyawan, misalnya JAMSOSTEK serta tidak lupa iuran koperasi tiap bulannya sebagai simpan pinjam karyawan dengan maksud ketika ada kebutuhan yang mendadak bisa diambil.

5. Detail Pembayaran Gaji Karyawan

Bagian terakhirnya yaitu membahas tentang detail pembayaran gaji yang diterima karyawan. Komponennya hampir sama dengan contoh slip gaji karyawan swasta seperti nama bank yang mengeluarkan bukti pembayaran, biasanya sudah ada kerjasama antara perusahaan dengan bank.

Pendapatan per tahunnya yang sudah di potong untuk membayar pajak maupun yang belum dipotong pajak, lalu jumlah uang bersihnya/total yang diterima setiap karyawan.

Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

Agar lebih mempermudah dalam memahami setiap bagian dari slip gaji, maka di bagian ini akan digambarkan contoh suatu slip gaji karyawan dari perusahaan ternama. Yang bisa dijadikan referensi dari pemilik perusahaan agar tidak mengalami kesalahan yang fatal.

PERUSAHAAN INDOMAKMUR JAYA

SLIP GAJI KARYAWAN

Tanggal                 : 15 April 2019

Nama                    : Rizky Wicaksono

Jabatan                                : Bendahara

Departemen      : Keuangan

Gaji Pokok                          : Rp. 5.000.000

Tunjangan Jabatan          : Rp. 200.000

Lembur                                                : –

Bonus Tahunan                 : Rp. 500.000

Potongan Pinjaman        : –

Jumlah                         : Rp. 4.300.000

Catatan Dari HRD      : ………………….

HRD Dept.

(Agus Wiratno)

Nah, untuk mempermudah perusahaan dalam pembagian gaji karyawan diperlukan sebuah aplikasi payroll / pengolahan gaji yang akurat dan lengkap, kini telah hadir aplikasi gaji.id yang dapat mempermudah semua kebutuhan Anda, mulai dari perhitung Gaji, Absensi, Cuti, Upah/Insentif, Pelaporan PPh 21 dan BPJS, Perhitungan premi BPJS dan PPh 21, Employee Self Service (ESS) dll. jadi tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Itulah pembahasan mengenai bagian atau format yang terdapat pada contoh slip gaji karyawan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *