Home » Beberapa Alat Kalkulator Pph 21 Dan Metode Menghitung Gaji Karyawan

Beberapa Alat Kalkulator Pph 21 Dan Metode Menghitung Gaji Karyawan

Saat ini siapa yang tidak mengetahui mengenai Pph (pajak penghasilan) yang harus dibayarkan kepada negara dari sejumlah gaji atau penghasilan seseorang. Biasanya perusahaan akan mempekerjakan seseorang dan menggunakan kalkulator untuk menghitungnya. Namun penggunaan kalkulator pph 21 akankah baik, alat apa lagi yang dapat digunakan selain itu. Serta metode apa yang dipakai setiap perusahaan untuk menghitung gaji karyawannya. Simak ulasan berikut ini:

Alat Hitung Pph 21

Selain tenaga manusia perusahaan juga memerlukan alat lainnya untuk menghitung jumlah pph 21 yang harus dibayarkan setiap karyawan. Gaji merupakan hal utama yang membuat karyawan semangat bekerja dan semua harus dihitung dengan benar walau karyawan memiliki gaji yang berbeda-beda. Selain kalkulator pph 21 juga dapat dihitung dengan alat berikut ini:

1. Hitung Manual

Pertama yang merupakan alat yang biasa digunakan oleh perusahaan kecil, yaitu hitung manual. Baik itu perusahaan besar ataupun kecil tentunya tetap karyawannya wajib membayar pajak penghasilan. Di mana hanya menyediakan kertas oret-oretan dan karyawan akan menghitung besaran jumlah pajak yang ditanggung setiap karyawan. Cara ini merupakan cara yang memiliki tingkat kesalahan yang cukup besar namun masih digunakan beberapa perusahaan.

2. Program Pengola Angka

Alat hitung yang digunakan selain kalkulator pph 21 adalah program pengelola angka yang disediakan di setiap PC. Untuk menjalankan program ini diharuskan menghapal dan memahami beberapa jenis rumus yang nantinya digunakan untuk penghitungan. Di mana seorang karyawan akan menjalankan program pengelola angka tersebut untuk menghitung pph 21 setiap karyawan.

3. Aplikasi Penghitung

Saat ini telah tersedia berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan sebagai kalkulator pph 21 yang tentu saja akan mempermudah proses penghitungan. Namun haruslah diketahui ada beberapa aplikasi yang memiliki maksimal penghitungan. Di mana  tidak dapat dilakukan jika karyawan dalam jumlah terlalu banyak untuk itu carilah aplikasi yang tepat.

Metode Penghitungan Gaji Karyawan

Peraturan mengenai penghitungan wajib pajak telah diatur pada Pph khususnya pasal 21. Di mana setiap penghasilan baik berupa gaji, tunjangan dan lain sebagainya wajib menyisihkan pajak penghasilannya. Berikut metode penghitung gaji karyawan yang digunakan perusahaan sesuai dengan Pph 21:

1. Metode Nett

Metode yang pertama ini adalah di mana perusahaan menanggung potongan pajak yang seharusnya dibayar oleh karyawan. Di mana di slip gaji karyawan akan ditambahkan nominal sebesar jumlah pph yang setiap karyawannya. Di mana metode ini sedikit rumit dikarenakan perusahaan harus menghitung setiap subsidi pajak yang ada.

2. Metode Gross

Berbeda dengan metode Nett pada metode Gross setiap karyawan diharuskan menanggung dan membayar Pph nya sendiri. Di mana perusahaan akan menghitung terlebih dahulu besaran pajak yang ditanggung setiap karyawannya. Hasilnya lalu dikurangi atau dipotong saat proses pembuatan slip gaji. Cara ini bisanya digunakan pada perusahaan menengah ke bawah.

3. Metode Gross Up

Tidak jauh berbeda dengan metode Nett, pada metode gross up perusahaan akan memberikan tunjangan tersendiri untuk pajak karyawan. Di mana tunjangan pajak ini nominalnya sebesar jumlah Pph yang harus dibayar setiap karyawan. Sehingga karyawan tidak dibebani mengenai pajak sedikitpun. Namun tentu saja perusahaan harus menghitung terlebih dahulu besar pajak yang akan dibayarkan.

Itulah alat selain kalkulator Pph 21 beserta metode menghitung gaji karyawan. Dengan mengetahui hal tersebut tentunya dapat ditarik kesimpulan bahwa penghitungan pajak begitu rumit. Namun seperti yang diterangkan di atas, bahwa saat ini sudah tersedia aplikasi yang dapat menghitung jumlah pajak. Aplikasi ini bernama Gaji.id yang memiliki jumlah penghitungan yang tidak terbatas, sehingga sangat cocok digunakan di sebuah perusahaan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *