Home » Bingung Cari Vendor HRIS Terbaik? Perhatikan Tips Memilihnya Berikut Ini

Bingung Cari Vendor HRIS Terbaik? Perhatikan Tips Memilihnya Berikut Ini

Human Resource Information System (HRIS) merupakan terobosan di bidang pengelolaan sumber daya manusia. Adanya sistem ini mampu menyederhanakan proses manajemen SDM mulai dari penyelenggaraan training, payroll, goal setting, dan hal lain yang berkaitan dengan tugas HRD. Bisa dibilang, HRIS mampu membantu staff HRD melaksanakan tugasnya tanpa repot dan memakan biaya administrasi yang besar.

Dilihat dari fungsinya yang luar biasa, tentu tidak ada salahnya untuk menjadikan HRIS sebagai investasi jangka panjang demi menciptakan manajemen SDM yang efektif. Di Indonesia juga mulai banyak vendor yang menawarkan jasanya untuk mengimplementasikan HRIS di perusahaan. Nah, kalau Anda tertarik untuk menggunakan HRIS, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih vendor HRIS Indonesia terbaik.

Kenali kebutuhan utama perusahaan

Sebelum mencari kontak vendor HRIS, Anda terlebih dulu harus mengidentifikasi apa yang paling dibutuhkan perusahaan dari sistem HRIS. Buatlah tujuan atau goals yang ingin dicapai dan bagaimana caranya tujuan tersebut dapat diwujudkan dengan HRIS. Anda perlu menjelaskan target implementasi tersebut pada atasan yang bertanggung jawab serta vendor HRIS agar dapat memperoleh solusi terbaik.

Lakukan riset melalui internet

Di internet Anda dapat memperoleh berbagai hal, termasuk reputasi sebuah brand, tak terkecuali brand vendor HRIS. Dengan mengunjungi website vendor HRIS, Anda dapat memperoleh gambaran mengenai profil perusahaan, portofolio, keunggulan produk, tarif, testimoni serta kontak yang dapat dihubungi. Cek juga bagaimana customer service-nya menangani pertanyaan Anda sebagai calon klien. Pastikan vendor HRIS yang akan Anda pilih memiliki impression positif di dunia maya dalam mempresentasikan brand serta produknya.

Perhatikan skema pembayarannya

Banyak vendor HRIS yang menjadikan industri UMKM sebagai targetnya, tapi banyak pula yang menyasar perusahaan besar atau BUMN. Beda target pasar, beda pula tarif serta skema pembayarannya. Karena berkaitan dengan budgeting, pastikan Anda memilih vendor HRIS yang punya skema atau tarif sesuai dengan bujet.

Cari tahu apakah perusahaan Anda lebih cocok menggunakan skema pembayaran tahunan atau bulanan, lalu apa saja keunggulan pembayaran yang ditawarkan vendor bagi perusahaan baru. Jangan takut untuk menginvestasikan biaya ekstra demi mendapatkan layanan dan fitur HRIS terbaik sesuai kebutuhan perusahaan.

Undang vendor untuk presentasi dan demo produk

Setelah melakukan riset di internet, Anda dapat mengerucutkan pilihan menjadi tiga pilihan. Hubungi vendor pilihan Anda untuk menanyakan apakah bersedia melakukan pitching dan demo produk di perusahaan. Dengan mengundang pihak vendor langsung, Anda dapat melihat sendiri bagaimana software HRIS bekerja.

Tanyakan segala hal yang perlu diketahui. Jangan sampai ada informasi yang ditutup-tutupi sebab dapat menghambat Anda mendapatkan layanan HRIS yang benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Ajak staff HRD untuk menguji kinerja HRIS

Karena software HRIS ini akan membantu pekerjaan para staff HRD, tentu wajib menyertakan HRD dalam pengambilan keputusan untuk memilih vendor HRIS yang sesuai. Lihat kinerja software HRIS dari segi user-friendliness, aksesibilitas, kompatibilitasnya dengan perangkat yang digunakan, kestabilan sistem, fitur, serta fleksibilitasnya. Tanyakan pula apakah vendor bersedia melakukan training bagi staff HRD dalam mengoperasikan softwarenya.

Lakukan riset mendalam untuk mendapatkan vendor HRIS Indonesia terbaik bagi perusahaan Anda. Pastikan vendor HRIS pilihan Anda mampu mengakomodasi pengelolaan data adminstrasi karyawan, gaji, insentif, absensi, hingga layanan Employee Self-Service (ESS).

Dengan HRIS, Anda tak perlu repot lagi dengan proses pengelolaan SDM secara manual. Salah satunya, Anda dapat mengunjungi website gaji.id untuk mendapatkan informasi seputar layanan HRIS serta gambaran cara kerja sistem manajemen HRD termutakhir ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *