Home » BPJS Kesehatan Karir – Pengertian, Kelebihan dan Manfaatnya Bagi Karyawan

BPJS Kesehatan Karir – Pengertian, Kelebihan dan Manfaatnya Bagi Karyawan

Untuk memenuhi kebutuhan asuransi pekerja, pemerintah pun mengeluarkan program Askes melalui Badan penyelenggara Jaminan Sosial yang disingkat BPJS ketenagakerjaan. Hingga saat ini, BPJS kesehatan karir ini masih menjadi perbincangan hangat.

Sejarah BPJS Ketenagakerjaan

BPJS adalah badan atau lembaga yang berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan terhadap warna negara Indonesia. Tujuannya adalah supaya masyarakat tidak merasa kesulitan ketika akan melakukan perawatan maupun pengobatan.

Dulunya BPJS masih bernama Askes yang dikelola oleh PT Asuransi Kesehatan Indonesia. Baru pada tanggal 1 Mei 2014, Badan ini berdiri dan diperkuat dengan Undang Undang BPJS.

Di Indonesia tidak hanya ada BPJS kesehatan tetapi juga ada program BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS kesehatan karir. Program ini merupakan peralihan dari PT Jamsostek. Untuk BPJS ini, berdiri pada tanggal 1 Juli 2015.

Kelebihan BPJS Ketenagakerjaan

Sistem BPJS karir atau BPJS ketenagakerjaan memang tidak semudah asuransi biasa. Walaupun begitu, program ini tergolong cepat diserap oleh karyawan. Berikut kelebihan ikut program BPJS ketenagakerjaan yang menguntungkan, yaitu:

1. Murah

Jika dibandingkan dengan biaya bulanan untuk asuransi jenis lain, dana BPJS ketenagakerjaan relatif lebih murah. Walaupun begitu, perawatan dan pengobatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit tidak kalah berkualitas.

2. Jaminan Seumur Hidup

Asuransi kesehatan konvensional, paling banter memberi durasi kepada anggota hingga usianya mencapai 100 tahun. Jika sakit di usia tersebut, tentu asuransi tersebut tidak bisa digunakan.

Tetapi untuk BPJS kesehatan karir, durasinya tidak berbatas alias seumur hidup. Bahkan saat pensiun pun kabarnya BPJS masih berlaku.

3. Tanpa Pengecualian

Asuransi kesehatan lain biasanya ada perbedaan perawatan tergantung tingkat tata laksana medis dan obat yang diberikan. Bahkan untuk pengajuan tertentu, terkadang pasien di tolak.

Namun, untuk BPJS ketenagakerjaan ini, perawatan dan pengobatan tanpa pengecualian. Mahal atau murah biaya kesehatan, harga yang dibayar tetap sama.

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Karyawan

Setiap karyawan bisa mendaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan. Nantinya, yang mendaftarkan adalah pihak perusahaan dimana orang tersebut bekerja.

Jangan khawatir karyawan akan dipersulit ketika mengurusnya. Karena pemerintah sudah menghimbau setiap perusahaan untuk mendaftarkan semua tenaga kerjanya ke BPJS kesehatan karir secara cepat dan efektif.

Keikutsertaan karyawan untuk program ini memang penting. Karena dengannya, mereka lebih tenang dalam bekerja. Bahkan loyalitasnya kepada perusahaan, akan semakin berlipat ganda.

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

Peran fungsional BPJS ketenagakerjaan tertuang di dalam UU BPJS yaitu menyelenggarakan program kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia termasuk pekerja. Sedangkan yang mendasar adalah membantu melancarkan program jaminan pensiun dan jaminan kematian.

Jaminan kesehatan sendiri tertuang di UU SJSN yaitu kesehatan masyarakat harus diselenggarakan secara nasional dengan prinsip asuransi dan ekuitas. Fungsinya supaya kesehatan lebih merata.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan secara individu maupun lembaga. Syarat yang diajukan sama dengan BPJS konvensional, teknik pendaftarannya juga mudah.

Berkas yang perlu dipersiapkan adalah foto copy identitas diri seperti KTP dan KK. Selain itu, karyawan juga perlu melampirkan pas foto berukuran 3×4 berwarna.

Sedangkan karyawan yang ingin mendaftar secara kolektif, bisa melalui utusan dari perusahaan masing-masing. Jika persyaratan sudah lengkap, langsung bawa ke kantor BPJS terdekat untuk dilakukan registrasi.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan fungsi BPJS ketenagakerjaan yang kadang di istilahkan BPJS kesehatan karir. Untuk mendapatkan kemudahan dalam perhitungan premi BPJS anda dapat menggunakan aplikasi Gaji.Id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *