Home » Cara Cek BPJS Kesehatan Perusahaan Mudah dan Cepat

Cara Cek BPJS Kesehatan Perusahaan Mudah dan Cepat

Layanan BPJS yang ada di Indonesia pada saat ini tidak hanya terbatas pada asuransi kesehatan individu. Ada beragam portal layanan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS, salah satunya adalah BPJS kesehatan perusahaan. Saat ini, pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS perusahaan dapat mengetahui status iuran BPJS  perusahaan dengan mudah sehingga lebih transparan. Berikut panduan cek BPJS kesehatan perusahaan:

1. Mengecek Status Pembayaran BPJS Kesehatan Perusahaan Via Website BPJS

BPJS yang diselenggarakan oleh pemerintah menyediakan website resmi untuk memudahkan penggunanya melakukan aktivitas yang bersangkutan dengan layanan tersebut. Misalnya seperti pendaftaran peserta baru, membayar iuran, memastikan besar tagihan yang telah dibayarkan, dan juga status terbaru dari kartu BPJS. Jika ingin cek BPJS kesehatan perusahaan melalui jalur online, peserta bisa mengunjungi laman website Bpjs-kesehatan.go.id .

Setelah memasuki laman tersebut, peserta akan menemukan menu utama di depan layar monitor dimana terdapat pilihan layanan. Kemudian klik pilihan menu yang bertuliskan “cek iuran BPJS kesehatan” yang ada di sebelah kanan layar utama. Kemudian isi data diri sesuai dengan kartu BPJS perusahaan yang digunakan.

2. Mengecek Status Iuran BPJS Perusahaan Melalui SMS Gateaway

Mengecek status iuran BPJS kesehatan perusahaan juga bisa dilakukan menggunakan metode SMS gateway yang juga disediakan oleh pemerintah. Pengguna hanya perlu mengirimkan sms dengan format “tagihan (spasi) nomor kartu BPJS kesehatan” kemudian kirimkan pesan tersebut ke nomor 08777 5500 400.

3. Cek Status Pembayaran BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi BPJS Via Mobile Phone

Jika ingin lebih mudah dalam mengakses layanan BPJS kesehatan, peserta dapat memasang aplikasi PBJS yang tersedia di apps store smartphone. Melakukan cek BPJS kesehatan perusahaan menggunakan layanan berbasis aplikasi mobile menjadi lebih cepat. Sebelum melakukan pengecekan, pengguna BPJS harus memastikan bahwa aplikasi yang diperlukan telah di install, yakni JKN mobile.

Selanjutnya, masukan data diri seperti ID atau nomor kartu keanggotaan BPJS kesehatan, nomor KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, password, dan juga email. Setelah itu tekan tombol register untuk melakukan proses registrasi ulang pada aplikasi. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui email pengguna. Ketika proses registrasi berakhir, pengguna dapat mengecek status pembayaran BPJS perusahaan.

4. Cek Tagihan BPJS Kesehatan Perusahaan Melalui Aplikasi Pihak Ke-3

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat diakses untuk melakukan cek BPJS kesehatan perusahaan adalah tokopedia.com. Pertama, buka aplikasi tokopedia kemudian pilih menu tagihan, setelah itu klik menu BPJS. Pengguna BPJS bisa langsung memasukkan ID beserta password untuk dapat mengakses layanan BPJS kesehatan melalui tokopedia.

Setelah berhasil mengisi data, pengguna akan dibawa menuju menu baru berisikan nomor virtual akun keluarga beserta bulan yang akan dibayarkan. Jika peserta menyetujui pembayaran iuran BPJS melalui aplikasi tokopedia, isi nomor virtual akun keluarga beserta pilihan bulan yang ada kemudian klik bayar. Selepas pembayaran berhasil, seluruh data akun BPJS peserta otomatis dapat dilihat menggunakan tokopedia.

5. Mengecek Jumlah Tagihan BPJS Kesehatan Perusahaan Melalui ATM

Untuk mengecek status iuran BPJS kesehatan perusahaan melalui ATM, masukan kartu debit, pilih menu bayar kemudian klik menu lainnya. Setelah itu klik menu BPJS kesehatan dan pilih menu badan usaha, kemudian masukan ID keanggotaan. Cantumkan nominal yang dibayarkan kepada BPJS, setelah itu tunggu proses transaksi berjalan. Setelah pembayaran berhasil, status iuran BPJS kesehatan perusahaan akan terlihat.

Sebagai anggota yang baik, mengecek tagihan iuran BPJS kesehatan dalam bentuk apapun itu harus dilakukan secara rutin. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya masalah ketika akan menggunakan layanan kesehatan menggunakan BPJS. Biasanya masalah tersebut berkaitan dengan tunggakan akibat lalai dalam membayar iuran karena jarang mengecek status keanggotaan BPJS kesehatan. Untuk kemudahan dalam perhitungan BPJS kesehatan bisa diatasi dengan mudah oleh gaji.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *