Home » Cara Melakukan Pendaftaran SIPP Online dan Cara Penggunaannya

Cara Melakukan Pendaftaran SIPP Online dan Cara Penggunaannya

SIPP Online adalah aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan menggunakan aplikasi berbasis online ini, perusahaan bisa dengan mudah melakukan mutasi pekerja secara langsung dari komputer yang sudah terhubung dengan cloud.

Cara Mendaftar SIPP Online

Untuk melakukan pendaftaran ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke halaman https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/daftar dari komputer yang Anda miliki.
  2. Isi NPP atau Nomor Pendaftaran Perusahaan dan Divisi yang sedang Anda pegang saat ini. Jika NPP terdaftar, maka otomatis Nama Perusahaan akan terisi.
  3. Pada tahap kedua ini akan muncul field Data User Login. Anda harus mengisi Email, Password dan ulangi Password.
  4. Aplikasi akan menampilkan Data User KPJ. Anda wajib mengisi Data User KPJ yang berisi field tentang Nomor Peserta(KPJ), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, dan Nomor Ponsel.
  5. Setelah klik tombol Daftar, aplikasi akan menampilkan verifikasi nomor Ponsel dan akan mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor ponsel yang sudah dicantumkan. Apabila OTP yang dimasukkan benar maka akan muncul notifikasi berhasil.
  6. Anda akan menerima email untuk aktivasi akun pada aplikasi SIPP. Klik tautan pada email yang didapat, kemudian Anda akan disambungkan ke aplikasi SIPP untuk melakukan login sesuai dengan email dan password yang sudah didaftarkan.
  7. Anda bisa login dan mulai menggunakan aplikasi SIPP Online.

Cara Menggunakan SIPP Online

Secara umum ada lima fitur yang ditawarkan oleh SIPP Online yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

  • Mutasi Data (Tambah Tenaga Kerja, Upload Upah, Upload Tenaga Kerja Non Aktif, Hitungan Iuran, dan Finalisasi)
  • Monitoring (Monitoring Iuran BPJS Ketenagakerjaan)
  • Laporan (Tenaga Kerja Baru, Tenaga Kerja Keuar, Rincian Upaj, Rincian Iuran, Perubahan Umur 56 Tahun)
  • Pengaturan (Profil Perusahaan, Tambahan Perusahaan, Hapus Perusahaan Binaan, Tambah User, dan Nonaktifkan User)
  • Penggantian Password.

Untuk menggunakan SIPP Online Ide bisa langsung mempelajarinya dari buku petunjuk yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Tautan buku bisa Ide akses di: https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/download-petunjuk.

Kelebihan SIPP Online

Salah satu kelebihan dari SIPP Online yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah keamanan informasinya. Setiap data yang masuk akan terlindungi karena aplikasi ini memiliki beberapa hal di bawah ini.

  • One Time PIN. Personal Identification Number atau PIN akan dikirim langsung via SMS dan juga surel. Cara ini dilakukan untuk memastikan apakah pengguna benar-benar orang yang teregistrasi atau virtual agent yang ingin melakukan pencurian data pengguna BPJS Ketenagakerjaan.
  • Automatic Log Out. Untuk lebih melindungi data yang disimpan oleh pengguna, fitur automatic log out diberlakukan. Kalau aplikasi tidak digunakan dalam jangka waktu 5 menit. Jadi, meski aplikasi ditinggalkan, Anda tidak perlu khawatir.
  • Firewall. Aplikasi ini menggunakan sistem ID dan password untuk masuk dan melakukan mutasi data. Nah, untuk menghindari adanya penyalahgunaan oleh orang tidak bertanggung jawab firewall digunakan untuk tameng. Dengan fitur ini hanya pengguna yang diberi hak akses yang bisa masuk dan melakukan aktivitas mutasi, membuat laporan, atau mengubah data.
  • Data yang dikirim sudah terenkripsi. Aplikasi SIPP Online menggunakan SSL 128-bit encryption. Dengan menggunakan metode ini semua data yang dikirim akan dienkripsi sehingga sudah diketahui. Semua data dilindungi dengan 128 kombinasi kata kunci yang sudah ditebak oleh orang lain.

Semoga ulasan tentang pendaftaran SIPP Online di atas bisa membantu Anda dan perusahaan dalam mengelola iuran dan mutasi pegawai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *