Home » Cara Membuat Slip Gaji Dan Contoh Slip Gaji Sederhana

Cara Membuat Slip Gaji Dan Contoh Slip Gaji Sederhana

Tahukah Anda apa itu slip gaji? Di setiap perusahaan memiliki format dan bentuk slip gaji yang berbeda-beda. Meskipun demikian, format yang dibuat tentu tidak akan jauh berbeda antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Jika  Anda merupakan salah satu karyawan yang bekerja sebagai staf administrasi di perusahaan mengurusi terkait gaji karyawan pasti sudah mengenal beberapa contoh slip gaji sederhana.

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji merupakan selembar kertas yang berisi rincian gaji yang didapatkan oleh seorang karyawan, pegawai, atau pekerja lainnya. Biasanya rincian gaji berisi berapa gaji yang didapatkan seorang karyawan, apabila ada potongan semuanya sudah secara rinci tercatat di dalam slip gaji. Slip gaji biasanya memuat gaji selama 1 bulan bekerja.

Slip gaji digunakan sebagai bukti resmi bahwa sebuah perusahaan atau kantor telah memberikan upah/gaji kepada karyawannya atas pekerjaannya selama sebulan. Selain itu, slip gaji juga digunakan sebagai dokumentasi terkait data pengeluaran perusahaan. Bagi karyawan, slip gaji digunakan sebagai bukti kejelasan terkait gaji yang didapatkannya, yang dipotong, dan berapa yang ia dapatkan.

Cara Membuat Slip Gaji Sederhana

Slip gaji yang merupakan bukti pembayaran upah, hukumnya wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sesuai dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan pasal 17 ayat (2) yang berbunyi : “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran Upah yang memuat rincian Upah yang diterima oleh Pekerja atau Buruh pada saat Upah dibayarkan.” Jika Anda masih belum tahu cara-cara pembuatan slip gaji sederhana, berikut langkah-langkahnya.

  1. Tambahkan Informasi Umum Terkait Perusahaan

Dalam pembuatan slip gaji hal pertama yang harus diperhatikan adalah cantumkan informasi umum terkait perusahaan dengan baik dan benar. Misalnya  seperti informasi terkait nama perusahaan, lokasi, alamat, dan nomor perusahaan tempat seorang karyawan yang menerima gaji tersebut bekerja.

  1. Cantumkan Periode Gaji

Periode gaji merupakan salah satu hal penting yang akan selalu berubah dalam setiap slip gaji yang akan diberikan perusahaan kepada karyawan. Oleh sebab itu, setiap perusahaan tentu saja memiliki periode atau tanggal gajian yang tidak sama dalam slip gaji. Biasanya slip gaji di perusahaan akan diberikan pada awal bulan atau di tanggal-tanggal baru.

  1. Masukkan Data Personal Karyawan

Selain informasi perusahaan dan periode aji, data karyawan juga harus kamu cantumkan dalam slip gaji. Data- data tersebut meliputi, nama lengkap, nomor pegawai, jabatan, dan nomor KTP. Dari data personal tersebut dapat membantu mempermudah dalam proses penggajian karyawan di periode berikutnya.

  1. Tambahkan Informasi pajak

Dalam membuat slip gaji cantumkan juga pajak penghasilan yang dikenakan pada karyawan. Umumnya setiap karyawan akan dikenakan tarif pajak yang sama dalam perusahaan yang sama. Cantumkan secara menyeluruh data pajak yang harus dibayar oleh seorang pegawai termasuk gaji yang akan mereka dapatkan.

  1. Sebutkan Nominal Gaji Pegawai

Dalam suatu perusahaan ada beberapa macam gaji yang biasanya didapatkan oleh seorang karyawan, antara lain gaji pokok, tunjangan, gaji lembur, dan bonus. Dengan demikian dalam slip gaji juga harus mencantumkan beberapa gaji tersebut.

  1. Cantumkan Potongan Gaji

Untuk potongan gaji seorang karyawan bukan hanya berasal dari pajak saja, namun ada potongan untuk asuransi atau BPJS. Selain itu, potongan gaji juga dapat diberikan apabila seorang karyawan memiliki hutang kepada perusahaan.

  1. Hitunglah Gaji Bersih

Gaji bersih adalah gaji yang akan diterima oleh karyawan setelah dilakukan potongan-potongan, seperti pajak, asuransi, dan lain sebagainya. Setelah data perusahaan, data karyawan dan langkah-langkah di atas selesai, cantumkan berapa gaji bersih yang diterima karyawan.

Contoh Slip Gaji Sederhana

Setelah memahami langkah-langkah dalam membuat slip gaji, akan kurang lengkap jika tidak melihat contohnya langsung. Adapun contoh slip gaji sederhana adalah sebagai berikut.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai slip gaji dan beberapa contoh slip gaji sederhana yang dapat anda jadikan pedoman dalam pembuatan slip gaji. Dalam proses pembuatannya, mungkin agak rumit dalam perhitungan potongan pajak, asuransi dan potongan gaji lainnya. Untuk itu, cobalah gunakan aplikasi gaji.id yang punya berbagai macam fitur untuk mengatasi keluhan-keluhan anda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *