Home » Cara Membuat Slip Gaji Excel Menggunakan Microsoft Excel

Cara Membuat Slip Gaji Excel Menggunakan Microsoft Excel

Biasanya slip gaji ini di dapatkan oleh setiap karyawan pada akhir bulan, karena biasanya pembagian slip gaji sekaligus gaji berupa uang dibagikan pada akhir bulan. Selain biasanya dimiliki karyawan, slip gaji juga berguna untuk sebuah perusahaan untuk sebuah bukti penting setelah pembayaran para karyawan. Pastinya setiap perusahaan mengetahui bagaimana cara membuat slip gaji excel.

Cara Membuat Slip Gaji Excel

Setiap perusahaan pastinya memiliki format slip gaji yang berbeda-beda. Dan untuk format slip gaji, pastinya setiap perusahaan telah mengetahui format slip gaji dari masing-masing perusahaan yang dimiliki. Slip gaji memiliki banyak manfaat untuk karyawan, itulah kenapa sebuah perusahaan dapat dipastikan wajib membuat slip gaji para karyawan. Di bawah ini cara membuat slip gaji excel :

1. Buka Aplikasi Microsoft Excel

Langkah yang pertama untuk membuat slip gaji excel adalah membuka aplikasi microsof terlebih dahulu. Jika tidak memiliki aplikasi ini, maka sebaiknya download terlebih dahulu aplikasi ini. Setelah memiliki aplikasi Microsoft word excel, lalu buka aplikasi tersebut.

2. Buat Tabel

Setelah memiliki aplikasi Microsoft word dan sudah di buka. Maka langkah selanjutnya adalah yang harus dilakukan untuk mempersiapkan tabel dan membuatnya. Untuk jumlah tabel ini sendiri dapat disesuaikan dengan format slip gaji dari masing-masing perusahaan tersebut. Dan untuk membuat slip gaji dalam Microsoft excel ini maka harus paham terlebih dahulu formatnya.

Maka dari itu untuk membuat slip gaji excel hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memahami terlebih dahulu formatnya seperti apa.

3. Membuat Sheet Yang Baru

Jika tabel telah dibuat, lalu tabel tersebut di isi dengan beberapa rincian-rincian karyawan. Lalu setelah itu buatlah sheet yang baru untuk mengisi data-data yang lainnya, contohnya: nama karyawan, NIK beserta jabatan yang di miliki karyawan. Dan juga jangan lupa untuk menulis total penerimaan gaji, total-total potongan, juga jangan lupa untun mencantumkan nama si pembuat slip gaji ini.

Dalam pembuatan sheet yang kedua ini berfungsi sebagai proses untuk mempermudah dalam pembuatan slip gaji. Dimana pada saat akan memasukkan nomer NIK pada tabel maka akan secara otomatis data yang sedang dibutuhkan terisi sesuai pada sheet yang pertama. Tetapi untuk melakukan semua itu pastinya harus mengerti rumusnya terlebih dahulu.

Rumus Slip Gaji

Untuk membuat slip gaji menggunakan Microsoft excel memiliki beberapa rumus yang harus dipahami terlebih dahulu. Karena, setelah tabel diisi dengan data-data yang di perlukan komputerlah yang akan langsung menghitung hasilnya. Dan juga jika menghitung secara manual selain bisa memakan waktu yang lama juga rentan mengalami kesalahan, kesalahan tersebut biasanya berakibat fatal.

Meskipun hal yang di atas terlihat sangat rumit tentang rumus slip gaji, tetapi tetap saja harus dipahami dengan benar. Untuk mengisi rumus, ketiklah rumus tersebut pada tabel. Rumus untuk nama dan untuk lembur pastinya berbeda-beda.

Rumus Pph

Untuk menghitung pajak penghasilan juga memerlukan rumus. Rumus pajak penghasilan berbeda dengan rumus-rumus yang di atas, karena setelah semuanya telah ditotal baru dikurangi pajak penghasilan. Setelah potongan-potongan selesai dipotongkan dan gaji bersih telah didapatkan, setelah itu slip gaji selesai dan siap untuk dicetak dan siap diberikan kepada para karyawan.

Dan itulah beberapa cara membuat slip gaji excel dengan Microsoft excel, untuk membuatnya memang terbilang sulit. Maka dari itu sekarang ada aplikasi Gaji.id yang akan sangat membantu perusahaan untuk membuat slip gaji, menghitung pph ataupun menghitung slip gaji para karyawan. Aplikasi ini akan memberikan hasil dengan tepat waktu dan juga pastinya akurat tanpa adanya kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *