Home » Cara Memilih Payroll Software Terbaik untuk Mendukung Produktivitas Perusahaan

Cara Memilih Payroll Software Terbaik untuk Mendukung Produktivitas Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki sistem payroll untuk melakukan penggajian karyawan setiap bulannya. Sistem ini terkadang dilakukan manual oleh pihak finance sehingga membutuhkan waktu lama atau secara otomatis menggunakan software atau platform tertentu yang terintegrasi dengan internet.

Kalau Anda bekerja di departemen finance atau HRD dan semua pencatatan dan pembayaran berjalan secara manual, ada baiknya segera mengganti hal itu. Ubah semua sistem dengan aplikasi atau platform yang bisa melakukan perekaman secara otomatis dan mudah diakses di mana saja dan kapan saja.

Berikut beberapa cara memiliki payroll software atau platform terbaik yang kemungkinan besar bisa mendukung produktivitas perusahaan.

  1. Kemudahan Akses

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memilih aplikasi atau platform payroll terbaik untuk perusahaan adalah kemudahan akses. Selama ini masalah keuangan atau kepegawaian hanya bisa diakses dari satu tempat saja, dengan aplikasi seperti Gaji.id, akses bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Sistem juga membuat keterbukaan informasi berjalan dengan baik. Atasan bisa melakukan pengecekan dengan mudah tanpa harus memanggil orang yang mengelola aplikasi atau platform payroll yang digunakan.

  1. Fitur yang Dimiliki

Fitur dari aplikasi atau platform payroll harus diperhatikan dengan baik. Kalau fiturnya hanya untuk penggajian saja mungkin banyak yang memilikinya. Bahkan perusahaan bisa memilikinya sendiri. Namun, kalau fungsinya ada banyak, perusahaan bisa memanfaatkannya untuk banyak hal dan terpusat.

Beberapa fitur dari aplikasi payroll selain masalah pembayaran gaji adalah administrasi dari karyawan mulai dari data pribadi, jabatan, lokasi bekerja, mutasi, hingga lampiran lainnya. Selanjutnya untuk masalah pembayaran bisa diikutkan juga masalah BPJS, THR, rapel, dan insentif.

Absensi juga menjadi sesuatu yang penting untuk perusahaan. Melalui aplikasi yang sama, Anda bisa melakukan penjadwalan, mengunggah absensi bulanan atau harian, penghitungan lembur, uang makan, dan administrasi cuti. Semuanya sudah terintegrasi menjadi satu sehingga mudah diperiksa.

  1. Tidak Hanya Sekadar Payroll

Selama ini payroll berjalan otomatis dan pekerja hanya perlu mencetaknya saja. Dengan aplikasi seperti Gaji.id, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan payroll termasuk menentukan sendiri formula dari bonus yang akan didapatkan, persetujuan cuti, hingga penghitungan PPh 21 kalau perusahaan melakukan pembayaran untuk karyawannya secara kolektif.

  1. Memudahkan Banyak Hal

Pilih aplikasi atau platform payroll yang memudahkan banyak hal. Dengan aplikasi ini berbagai masalah keuangan dan administrasi harus bisa diakses di satu tempat. Selain itu kalau butuh laporan atau mencari data juga mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu lama.

Anda bisa melakukan triall atau mencoba dahulu beberapa software payroll. Kalau sudah menemukan yang terbaik Anda bisa mengimplementasikannya ke berbagai departemen atau cabang.

  1. Bisa Digunakan Lintas Departemen

Payroll sering kali hanya diakses oleh departemen keuangan yang bertugas untuk memberikan gaji karyawan dan juga bonusnya. Namun, kalau menggunakan platform tertentu seperti Gaji.id ada banyak departemen yang akan mengaksesnya khususnya yang berhubungan dengan kepegawaian seperti HRD.

Aplikasi untuk payroll terbaru juga berisi hal-hal terkait dengan absensi, perizinan, cuti, BPJS, dan data lain seperti mutasi dari dan ke departemen tertentu. Dengan akses yang luas ini perusahaan tidak butuh banyak aplikasi untuk mengatur banyak hal sehingga lebih efisien.

Demikianlah beberapa cara memiliki payroll software atau platform terbaik untuk mendukung produktivitas dari perusahaan. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *