Home » Cara Meningkatkan Employee Engagement

Cara Meningkatkan Employee Engagement

Bagi sebuah perusahaan, memiliki karyawan dengan kinerja yang baik dan loyal terhadap perusahaan merupakan aset yang sangat berharga. Masalahnya, tidak semua karyawan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.

Itulah mengapa perusahaan perlu memikirkan cara untuk meningkatkan employee engagement. Dengan semakin banyaknya karyawan yang memiliki keterlibatan atau sense of belonging terhadap perusahaan, hal itu akan membawa organisasi pada perubahan yang lebih baik.

Apabila karyawan merasa memiliki keterlibatan, mereka pasti juga akan memberikan hasil kerja yang maksimal. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin profit perusahaan meningkat secara sifnifikan.

Lalu, cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan employee engagement? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Berbagi Tujuan Bersama

Berbagi tujuan bersama bisa menjadi salah satu cara mudah untuk meningkatkan employee engagement. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa karyawan akan memahami tujuan organisasi apabila mereka ikut terlibat dalam mencapai tujuan tersebut. Lebih lanjut, karyawan yang memahami strategi dan prioritas organisasi dengan jelas akan dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam melakukan pekerjaan sehari-harinya.

2. Gunakan Pendekatan Sesuai Kultur Perusahaan

Cara kedua, gunakan pendekatan yang sesuai dengan kultur perusahaan. Cara yang satu ini sukses dilakukan oleh Google. Sebagai salah satu perusahaan dengan kultur transparansi yang kuat, untuk meningkatkan employee engagement Google membolehkan karyawannya melakukan hal-hal di luar pekerjaan selama 20% dari total waktu kerja. Hasilnya, kreativitas dan performa karyawan pun semakin meningkat.

Hal itu menunjukkan bahwa tidak ada salahnya apabila perusahaan melakukan pendekatan unik sesuai kultur perusahaan untuk meningkatkan employee engagement. Bisa dengan mengadakan office party, olahraga bersama, dan lain sebagainya.

3. Bangun Hubungan Emosional yang Kuat

Employee engagement yang baik tentu juga tidak lepas dari hubungan emosional antara karyawan dengan perusahaan. Hubungan ini dapat tercipta apabila pemimpin perusahaan menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan setiap karyawannya sebagai pribadi. Sebisa mungkin, para petinggi perusahaan harus mencari cara untuk menawarkan pengembangan personal, fleksibilitas, serta pengakuan bagi karyawan yang berkomitmen penuh.

4. Lakukan Perbaikan Ide-Ide Karyawan

Apabila seorang pemimpin meminta masukan ide dari karyawan namun tidak melakukan tindakan nyata dari ide-ide tersebut, hal itu dapat membuat karyawan merasa diabaikan. Akibatnya, antusiasme karyawan dalam memberikan ide-ide baru dan berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan akan berkurang.

Karenanya, para petinggi perusahaan atau pimpinan divisi seharusnya bisa menampung dan melakukan perbaikan dari ide-ide yang diberikan karyawa. Dengan begitu, mereka akan merasa memiliki keterlibatan dalam mencapai tujuan perusahaan.

5. Kembangkan Potensi Karyawan Melalui Pelatihan-Pelatihan

Memberikan pelatihan-pelatihan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk menunjukkan kepedulian terhadap potensi karyawan. Melalui pelatihan, karyawan juga akan memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan yang dimiliki sehingga dapat memberikan kinerja yang lebih baik bagi perusahaan.

6. Berikan Penghargaan atas Pencapaian yang Dilakukan Karyawan

Penghargaan atas prestasi atau kinerja karyawan menjadi salah satu faktor penting yang tak boleh diabaikan untuk meningkatkan motivasi dan suasana kerja yang menyenangkan.

Penghargaan ini tidak harus berupa hadiah atau kompensasi dan benefit karyawan. Ucapan terima kasih yang disampaikan secara langsung atau melalui email bisa menjadi cara yang tepat bagi para pemimpin perusahaan untuk mengapresiasi pekerjaan yang telah diselesaikan dengan baik oleh para karyawan atau anggota tim yang terlibat.

Agar lebih meningkatkan employee engagement, perusahaan juga bisa memberikan reward berupa voucher makan, voucher liburan, tiket nonton gratis, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan employee engagement. Jika hal-hal di atas diterapkan di tempat kerja, bisa dipastikan suasana kerja terasa menyenangkan dan kinerja karyawan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *