Home » Cara Meningkatkan Motivasi Bekerja Karyawan

Cara Meningkatkan Motivasi Bekerja Karyawan

Karyawan adalah salah satu hal yang harus mendapat perhatian lebih karena berhubungan dengan kinerja perusahaan. Semakin baik kinerja perusahaan maka semakin baik pula kinerja perusahaan. Penyebab baik tidaknya kinerja karyawan dapat dilihat dari motivasi bekerjanya. Karyawan yang tidak memiliki motivasi dalam bekerja tentu harus ditangani agar tidak menular ke karyawan yang lain dan dapat mengurangi kinerja perusahaan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan motivasi bekerja karyawan yang dapat dilakukan pimpinan.

Komunikasi Yang Baik

Hubungan yang dekat dengan karyawan akan membuat motivasi karyawan akan naik. Lebih dari itu, komunikasi ini dapat memudahkan pimpinan mengetahui masalah apa yang terjadi kepada karyawan yang sedang tidak termotivasi. Dengan menjaga komunikasi yang baik, karyawan akan nyaman bercerita tentang masalahnya. Lalu, jadilah pendengar yang baik. Setelah masuk pada obrolan yang cukup intens tersebut, tidak perlu menyudutkan karyawan tetapi berikan motivasi.

Setiap hari, sapalah karyawan terutama dalam suasana santai seperti saat istirahat. Makan siang dengan duduk semeja, membicarakan hal yang santai bukan hal penting urusan pekerjaan, atau minimal say hello. Ini akan menjaga kenyamanan karyawan dalam bekerja sehingga motivasi kerja tetap baik.

Memberikan Reward

Hal ini memang cara lama, namun dinilai efektif untuk menjaga motivasi kerja karyawan. Berikan reward sesuai dengan kemampuan perusahaan agar tidak berlebihan. Penting juga memberikan reward yang tidak terlalu jauh dari kemampuan karyawan, karena jika tidak karyawan akan putus asa untuk mendapatkan reward.

Karyawan yang telah mendapat reward akan berusaha menjaga produktivitasnya, begitu pula dengan karyawan lain akan berusaha mendapat reward tersebut. Reward tidak harus berupa uang, dapat pula kebutuhan pokok atau paket liburan. Jenis reward juga dapat bermacam-macam seperti karyawan paling disiplin, karyawan paling produktif atau karyawan favorit.

Pastikan Fasilitas Kerja Yang Mumpuni

Terkadang fasilitas pokok atau fasilitas penunjang pekerjaan tidak tercukupi membuat karyawan malas mengerjakan pekerjaannya. Misalnya ruangan yang panas. Maka, yang dilakukan setidaknya memasang AC sehingga kondisi ruangan menjadi nyaman. atau koneksi internet yang tidak mendukung. Padahal internet menjadi penunjang utama karyawan dalam menyelesaikan tugasnya. Jadi perbaiki koneksi internet ini sehingga tugas atau pekerjaan dapat terselesaikan.

Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Setiap Karyawan

Setiap karyawan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai pemimpin, informasi kelebihan dna kekurangan ini dapat dijadikan referensi untuk menempatkan mereka pada bagian yang tepat. Jadi, prinsip right man in the right place adalah penting untuk kinerja selanjutnya. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap karyawan ini akan meminimalisir resiko kesalahan atau tidak terselesaikannya pekerjaan.

Karyawan yang bekerja di tempat yang sesuai dengan kemampuannya akan membuat mereka nyaman dalam menyelesaikan tugas. Sehingga motivasi tetap terjaga.

Ketahui Penyebabnya

Hal ini jika terdapat karyawan yang terlanjur dalam kondisi down atau underperformance. Menyelesaikan masalah harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Jadi, carilah akar masalah untuk menentukan solusi yang tepat guna. Pemimpin harus peka dengan kondisi karyawan dan perusahaan untuk dapat mengetahui penyebab ini. Lalu setelah diketahui akar masalahnya, carilah solusi yang tepat bersama HRD atau bagian SDM. Solusi juga dapat fleksibel sesuai dan upayakan tidak hanya satu solusi, minimal dua atau tiga solusi untuk berjaga-jaga jika solusi utama tidak berhasil.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan motivasi bekerja karyawan yang dapat dijadikan alternatif. Di era milenial ini, motivasi kerja juga dapat diterapkan dengan bantuan teknologi. Misalnya dengan memberikan reward karyawan terdisiplin, perusahaan dapat menggunakan aplikasi payroll online seperti gaji.id agar memudahkan menghitung kedisiplinan karyawan dengan absensi misalnya. Keakuratan perhitungan karena menggunakan aplikasi akan menambah semangat karyawan untuk mendapat reward. Perusahaan juga dimudahkan dengan bantuan gaji.id karena tidak perlu menarik absensi setiap hari dan sudah tersaji siapa karyawan paling disiplin. Jadi, sangat efektif dan efisien untuk digunakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *