Home » Contoh Slip Gaji Beserta Komponennya

Contoh Slip Gaji Beserta Komponennya



Gaji merupakan suatu hal yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan, bagaimanapun bentuk dan cara pembayarannya. Pada umumnya pegawai diberi slip gaji bersamaan dengan penerimaan gaji. Bentuk bukti pembayaran sendiri berbeda-beda pada setiap perusahaan sebagaimana pada artikel yang sudah lewat. Namun, artikel ini akan membahas mengenai komponen hingga contoh slip gaji pada umumnya.

Slip gaji harus berupa tertulis, sebab itu nantinya menjadi bukti bahwa hak karyawan sudah diberikan oleh perusahaan. Begitu pula setiap perusahaan mempunyai format slip gaji yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Meskipun demikian, perusahaan harus tetap mencantumkan beberapa komponen sesuai dengan aturan pemerintah.

Komponen yang Ada dalam Slip Gaji

Adapun komponen yang harus ada dalam slip gaji adalah sebagai berikut:

1. Informasi Umum

Biasanya meliputi nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan. Selain itu, juga harus menyertakan nama departemen perusahaan yang menaungi pegawai tersebut. Hal itu bertujuan agar nantinya lebih detail dan tidak akan terjadi kekeliruan memasukkan data tertentu.

2. Periode Gaji

Hal itu sangat penting untuk disertakan dalam slip gaji agar tidak terjadi kesalahpahaman bagi pegawai. Selain itu, mengingat juga bahwa setiap periode gaji yang diberikan belum tentu sama selalu. Ada kalanya gaji diberikan awal bulan dan ada pula yang awal bulan, tergantung perusahaan yang bersangkutan.

3. Data Pribadi Pegawai yang Bersangkutan

Hal itu sangat penting untuk memperjelas dan mempermudah alokasi referensi standar penggajian untuk setiap pegawai. Data pribadi ini bisa meliputi nama, nomor KTP, hingga nomor kepegawaian jika ada.

4. Masukkan Nominal Gaji Pegawai Dalam Periode Tertentu

Pada umumnya nominal gaji meliputi gaji pokok, bonus atau komisi, dan penghargaan. Selain itu juga harus menyertakan potongan gaji dan tunjangan tertentu di dalamnya. Semakin detail, maka akan semakin banyak informasi yang bisa diperoleh dari slip gaji.

5. Hitungan Gaji Bersih

Terakhir adalah penghitungan gaji bersih. Hal itu diperoleh jika semua komponen nominal mulai dari gaji pokok, tunjangan hingga potongan dijumlahkan semua. Gaji bersih itulah yang akan diterima oleh pegawai.

Contoh Slip Gaji untuk Guru Honorer

Sebagai referensi, Anda bisa mencari format contoh slip gaji di internet yang sudah banyak tersedia. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap jenis pegawai juga mempunyai format slip gaji yang berbeda-beda, seperti halnya format bukti gajian untuk guru berbeda dengan marketing, direktur, maupun PNS. Hal itu disebabkan komponen yang ada belum tentu ada dan harus dimasukkan dalam slip.

Lebih tepatnya di sini akan menjelaskan mengenai contoh format slip gaji untuk guru honorer di antaranya meliputi:

  1. Logo dan nama sekolah, nama guru, dan bulan pembayaran. Semua itu sebaiknya taruh di bagian atas sendiri.
  2. Rincian honor pokok dan tunjangan seperti masa kerja, wali kelas, dan KJM lalu total semua honor yang ditaruh di atas tabel.
  3. Rincian potongan yang meliputi koperasi, update NUPTK, dan BKK lalu jumlah semua potongan yang ada yang ditaruh di bagian bawah tabel.
  4. Kemudian yang paling bawah sendiri dari tabel adalah honor bersih yang diterima oleh guru yang bersangkutan. Hal itu diperoleh dari jumlah honor dikurangi dengan jumlah potongan.
  5. Terakhir adalah sertakan keterangan mengenai tanggal penyerahan gaji, nama penerima dan pihak yang membuat slip gaji.

Metode pemberian gaji kini bisa cash langsung dan juga melalui bank. Mengingat kini semakin semua serba elektronik dan mesin, maka banyak perusahaan yang menggunakan sistem tidak langsung atau melalui bank dan ATM. Bagi Anda yang membutuhkan sebuah aplikasi pengolahan gaji online ataupun aplikasi terkait perhitungan absensi, cuti, pelaporan PPh21, BPJS dan Employee Self Service dapat menggunakan aplikasi Gaji.id yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *