Home » Contoh Slip Gaji Karyawan di Berbagai Profesi

Contoh Slip Gaji Karyawan di Berbagai Profesi

Jika diperhatikan, bentuk slip gaji pada setiap perusahaan berbeda-beda. Ini disesuaikan dengan jenis perusahaan dan benefit yang diberikan. Dalam artikel ini ada beberapa contoh slip gaji karyawan sebagai referensi dari berbagai profesi. Meski formatnya berbeda, ada beberapa poin yang pasti tercantum dalam setiap slip gaji karyawan, seperti upah pokok, jaminan kesehatan, jaminan hari tua, dan beberapa potongan lainnya.

Poin-poin tersebut lah yang harus dipahami betul oleh karyawan. Karena dengan memperhatikan detail rincian, dapat diketahui pendapatan bersih yang diterimanya. Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa perusahaan kini tidak lagi membagikan slip gaji dalam bentuk kertas. Karyawan bisa dengan mandiri mengecek di portal pegawai yang disediakan perusahaan. Meski sudah berbentuk elektronik, contoh slip gaji karyawan di bawah bisa dijadikan acuan bagi tim HRD.

Bentuk Slip Gaji pada Beberapa Profesi

Kadang slip gaji tidak begitu dihiraukan, namun di saat-saat tertentu slip gaji sangat dibutuhkan. Misalnya saja saat mengajukan pinjaman ke bank, kredit kendaraan, bahkan melamar pekerjaan baru. Beberapa perusahaan mensyaratkan slip gaji sebagai lampiran yang harus diberikan. Supaya tidak bingung tentang slip gaji, lihat contoh slip gaji karyawan di bawah ini:

1. Slip Gaji Shifting Working Hour

Sistem kerja di setiap perusahaan tidak sama. Ada yang menetapkan masuk pukul 8 pagi dan pulang pulang 5 sore. Namun ada juga yang menerapkan sistem shift. Biasanya sistem ini untuk perusahaan atau unit tertentu yang harus non-stop 24 jam, misalnya operasional.

Rincian slip gajinya akan berbeda dengan karyawan “8 to 5”. Dalam slip gaji orang yang bekerja shift akan muncul rincian jumlah waktu kerja, bisa dalam bentuk jam atau jumlah hari, kemudian dikali dengan satuan rupiah. Terkadang ini diaplikasikan bagi karyawan outsourcing yang digaji berdasarkan jumlah jam kerja.

2. Slip Gaji Marketing

Sebenarnya ada beragam bentuk slip gaji seorang marketing, namun ini adalah salah satu contoh slip gaji karyawan yang berprofesi di bidang tersebut. Dalam slip gaji seorang marketing biasanya ada poin komisi.

Besarannya disesuaikan dengan kesepakatan antara karyawan dengan perusahaannya. Ada yang dihitung berdasarkan persentase, tiering target, dan sebagainya. Intinya komisi merupakan bonus atas keberhasilan seseorang menjual atau meng-goal-kan sebuah project.

3. Slip Gaji Guru

Bentuk gaji slip guru lebih sederhana karena tidak terlalu banyak elemen yang dimasukkan ke dalamnya. Secara general bentuk slip gaji guru bisa diaplikasikan pada beberapa profesi lainnya.

Poin-poin yang menjadi rincian adalah gaji pokok, tunjangan kesejahteraan, dan tunjangan lainnya, misalnya tunjangan sertifikasi, kepala sekolah, atau dinas luar jika sedang mendapat penugasan khusus.

4. Slip Gaji PNS

Mirip seperti gaji guru, slip gaji PNS berisi beberapa tunjangan. Selain gaji pokok dan tunjangan kesejahteraan, tunjangan lainnya adalah tunjangan perumahan, transport, pajak, jaminan kesehatan, dan lainnya.

Rincian tunjangan dan besarannya tentu saja disesuaikan dengan level masing-masing. Semakin tinggi jabatannya akan semakin banyak tunjangan yang diterima dan nominalnya pun semakin besar.

5. Slip Gaji Manajer

Semakin tinggi level struktur seorang karyawan, maka akan semakin banyak benefit yang didapatkannya. Harapannya hal ini bisa menunjang tanggung jawab yang semakin banyak. Dengan begitu, dalam slip gajinya pun akan ada beberapa poin tambahan.

Tunjangan jabatan adalah poin yang paling umum ditemukan dalam slip gaji manager dan level di atasnya. Ini merupakan apresiasi perusahaan atas tanggung jawab lebih yang dipegangnya.

Memahami beberapa contoh slip gaji karyawan di atas bukan hanya bermanfaat bagi HRD dan unit keuangan saja. Setiap karyawan harus tau betul isi slip gajinya. Karena tak jarang kesalahan perhitungan pun terjadi dalam slip gaji sehingga hak yang diberikan tidak semestinya.

Untuk meminimalisir hal ini gunakan aplikasi gaji.id yang dapat memenuhi kebutuhan karyawan, seperti perhitungan absen, pelaporan PPh21, dan employee service lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *