Home » Contoh Surat Peringatan Yang Benar

Contoh Surat Peringatan Yang Benar

Surat peringatan adalah surat yang bertujuan untuk menegur kepada seseorang dari sebuah instansi atas kesalahan atau kelalaian yang telah dilakukannya. Contoh surat peringatan bisa ditemui di ruang lingkup akademis atau pendidikan seperti universitas dan juga di instansi perusahaan yang dikeluarkan kepada karyawannya.

Contoh Surat-Surat Peringatan

Dalam dunia kerja, organisasi, dan pendidikan, ada banyak hal yang bisa menjadi pembahasan menarik dan salah satunya yaitu mengenai surat peringatan. Apabila individu yang bersangkutan tidak mengindahkan teguran yang diberikan, tentu instansi/perusahaan/lembaga pendidikan terkait berhak memberikan sanksi yang lebih tegas. Dan berikut ini adalah beberapa contoh surat peringatan yang benar.

1. Surat Peringatan Karyawan

Contoh surat peringatan yang pertama, ini ditujukan untuk Karyawan perusahaan:

Pejuang Budi
Jl. Karet III No: 12, Setiabudi-Kuningan Jakarta Selatan
Telp: 081122334455
email: manajemen@pejuangaksara.com

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)
Nomor : 130/HRD-RM/V/2018

Dibuat oleh PT. Pejuang Budi dan diperuntukkan kepada:

Nama: Abraham Bintang
Jabatan: Staff Marketing

Sehubungan dengan sikap indisipliner serta pelanggaran tata tertib perusahaan yang dilakukan oleh Abraham Bintang, yakni berdasarkan hasil appraisal performance yang mana menunjukkan Saudara Abraham Bentang tidak mencapai target pemasaran yang diharapkan Tim Manajemen pada bulan Juli dan Agustus 2018.

Yang mana sebagai seorang karyawan, Saudara dapat menjaga teta tertib kerja dan bersedia untuk bisa meningkatkan performa kerja Saudara sesuai yang diharapkan oleh Tim Manajemen dan perusahaan

Maka dari pertimbangan tersebut perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan sebagai berikut:

  1. Surat peringatan ini akan berlaku 1 (satu) bulan ke depan sejak dikeluarkan.
  2. Apabila nanti dalam kurun waktu 1 (satu) bulan ke depan sejak dikeluarkannya surat peringatan pertama ini Saudara tidak bermasalah dalam performa kerja yang menjadi dasar diterbitkan surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertama dinyatakan sudah tidak berlaku.
  3. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan sejak dikeluarkannya surat peringatan pertama ini performa kerja Saudara kembali menurun, maka perusahaan akan memberikan surat peringatan ke-2 bagi Saudara.
  4. Selama masa peringatan ini berlaku atau belum melebihi 1 (satu) bulan setelah dikeluarkannya surat peringatan ini, maka Saudara dilarang mengajukan cuti dalam waktu 3 (tiga) bulan ke depan.

Demikian surat peringatan pertama ini diterbitkan agar menjadi perhatian serta ditaati sebaik mungkin oleh Saudara Abraham Bintang.

Jakarta, 25 Agustus 2017

Mengetahui,
Kepala HRD

Rena Chandra

2. Surat Peringatan Pembayaran

Berikut ini adalah contoh surat peringatan pembayaran:

Kudus, 11 Februari 2018

Nomor:
Lampiran:…..
Perihal: Teguran Pembayaran

Yang terhormat,
Manager
CV. Gandhi
Jalan Simpang Lima, Pati

Dengan hormat,

Dengan ini, kami memberitahukan bahwa menurut pembukuan kami, perusahaan Bapak masih memiliki kewajiban pembayaran yang belum dilunasi sebesar Rp 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) sesuai faktur Nomor : …… yang salinannya di sertakan sebagai lampiran surat ini.

Mengingat saat ini telah melewati batas waktu yang telah disepakati, maka kami berharap Bapak berkenan segera dapat melunasinya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

  1. Hangat Hati

Indra Hartoyo, S.E.
Manajer Keuangan

3. Surat Peringatan Organisasi

Contoh Surat Peringatan Organisasi yang benar:

SMA Negeri 100
Organisasi Siswa Intra Sekolah
Alamat: Jl. Lapangan Tembak No. 100 Senayan, Gelora, Kec. Tanah Abang
Kota Jakarta Pusat

Surat Peringatan Anggota
Nomor :002/OSIS/SMA Negeri 300/…….. /2018

Lampiran: 2
Perihal: Surat Peringatan 1

Yth,
Saudara/i
Di tempat

Assalamu’alaikumWr. Wb

Sehubungan dengan hasil rapat bersama dengan eksekutif OSIS, Saudara/i yang bernama di bawah ini telah tidak mengikuti pertemuan bersama pengurus OSIS atau tidak menjalankan kewajiban dan tugas sesuai perjanjian awal. Maka dari itu, Saudara/i yang bernama:

Nama: Dania Amara
Kelas: VIII-IPS1
Jabatan: Bendahara 2

Kami beritahukan kepada saudara/i untuk aktif kembali mengikuti pertemuan antar pengurus OSIS dan menjalankan kewajiban beserta tugas OSIS seperti yang seharusnya.

Apabila tidak, kami akan memberikan sanksi tegas atau pemberhentian secara tidak hormat.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian saudara/i, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikumWr. Wb

Jakarta, ……………………2018

Ketua OSIS                                                                                                                                                                                                 Sekertaris OSIS

Afghan Fariz.                                                                                                                                                                                             Nadia  istiqomah

NIS. 5341                                                                                                                                                                                                     NIS.5336

Mengetahui
Pembina OSIS
SMAN 300

Abdul Samad, S.Pd.
NIP.19771004 200604 1 012

4. Surat  Peringatan Siswa/ Sekolah

Berikut ini adalah contoh surat peringatan yang ditujukan untuk Siswa, atau biasa yang digunakan di sekolah:

Dinas Pendidikan Kotamadya Medan
Sma Negeri 1 Madura
Jl. Pendidikan No. 123 Madura
SURAT PERINGATAN
Nomor: 656/B/I/2018

Surat Peringatan 1 ini ditujukan kepada siswa:

Nama: Emily Riana
Kelas: XII – IPA – 2
NISN: 908765436

Sehubungan dengan peraturan sekolah yang mewajibkan para siswa untuk datang dan hadir dengan tepat waktu di sekolah, yaitu pada pukul 08.00 pagi, maka dengan ini kami akan memberikan surat peringatan kepada siswa dengan nama di atas.

Hal ini karena menurut keterangan dari guru piket, siswa dengan nama tersebut diatas datang terlambat ke sekolah selama 4 hari berturut-turut dalam satu bulan.

Hukuman wajib berupa skorsing 3 (tiga) jam tambahan sepulang sekolah kami berikan agar bisa menjadi contoh untuk para siswa yang lainnya.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat dimengerti.

Medan, 22 Mei 2018

Kepala SMA Negeri 1 Madura,

Michael Immanuel  Renaldi

5. Surat Peringatan Mahasiswa

Contoh Surat Peringatan ini biasanya ditujukan pada Mahasiswa, berikut contoh yang benar:

Universitas Negeri Pelangi Harapan Bangsa
Fakultas Ilmu Komunikasi
Jurusan Jurnalistik
Jl. Bintang Pelajar No. 40 Kota Bandung
Telp. 022 – 345901 Fax. 022 – 345900
http://Pelangiharapanbangsabdg.edu.id
SURAT PERINGATAN
Nomor: 221/UNPHB/MHS-3/V/2018

Kepada,
Fajar Bagio
NIM 320211
Kelas Psikologi Komunikasi

Sehubungan dengan adanya ketidak patuhan Saudara Fajar Bagio terhadap aturan perkuliahan yang berlaku, yaitu tidak hadir tanpa keterangan sebanyak lebih dari tiga kali dalam satu semester, maka Saudara Fajar Armando tidak diperkenankan mengikuti UAS pada mata kuliah Sosiologi Komunikasi yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 28 Mei 2018. Harap menghadap dosen yang bersangkutan sebelum tanggal 26 Agustus 2018.

Jika Saudara tidak menghadap dosen yang bersangkutan pada tanggal tersebut, nilai mata kuliah Sosiologi Komunikasi yang Saudara ikuti akan langsung diberikan nilai E dan tidak boleh mengulang pada semester selanjutnya.

Sekian surat peringatan ini untuk segera diperhatikan. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terimakasih.

Bandung, 21 Mei 2018.

Mengetahui,
Kepala Bagian Akademik,

Drs. Jamila Maya

Berikut diatas adalah beberapa contoh surat peringatan yang baik dan benar. Yang bisa digunakan pada instansi/perusahaan/lembaga pendidikan terkait. Dan untuk dapat lebih memudahkannya lagi, sekarang ini sebuah aplikasi dari Gaji.id memiliki aplikasi yang dapat menghitung dan mengatur data, serta dapat mengatur segala  administrasi dengan baik secara otomatis. Hasilnya juga dijamin akurat dan sesuai dengan perkembangan dari peraturan yang berlaku.

Pencarian terkait: contoh surat peringatan,contoh surat peringatan 2,contoh surat peringatan 3,contoh surat peringatan doc,contoh surat peringatan 1 untuk karyawan,contoh surat peringatan perusahaan,contoh surat peringatan pegawai,contoh surat peringatan bank,contoh surat peringatan 2 untuk karyawan,contoh surat peringatan pembayaran tagihan,contoh surat peringatan 1 organisasi,contoh surat peringatan pertama,contoh surat peringatan untuk perusahaan,contoh surat peringatan kepada karyawan,contoh surat peringatan alfamart,contoh surat peringatan anggota osis,contoh surat peringatan aparat desa,contoh surat peringatan absensi,contoh surat peringatan atau sp,contoh surat peringatan anggota club motor,contoh surat peringatan anggota organisasi,contoh surat peringatan asn,contoh surat peringatan atau teguran,contoh surat peringatan atau somasi,contoh surat peringatan akademik,contoh surat peringatan absensi karyawan,contoh surat peringatan angsuran,contoh surat peringatan absen,contoh surat peringatan antar perusahaan,contoh surat peringatan anggota koperasi,contoh surat teguran audit,contoh surat jawapan teguran audit,contoh surat teguran penjawat awam,contoh surat peringatan bank bri,contoh surat peringatan bayaran yuran,contoh surat peringatan bayaran hutang,contoh surat peringatan bayaran yuran pibg,contoh surat peringatan bayaran lambat,contoh surat peringatan bayaran sewa,contoh surat peringatan bem,contoh surat peringatan bawaslu,contoh surat peringatan bahasa inggris,contoh surat peringatan bayar hutang,contoh surat peringatan buat karyawan,contoh surat peringatan bagi karyawan,contoh surat peringatan buang sampah,contoh surat peringatan bagi pns,contoh surat peringatan bisnis,contoh surat peringatan bpd kepada kepala desa,contoh surat peringatan club motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *