Home » Format Dan Cara Membuat Slip Gaji Excel

Format Dan Cara Membuat Slip Gaji Excel

aplikasi slip gaji

Sebuah slip gaji saat ini sangatlah dibutuhkan, karena berguna selain sebagai bukti pembayaran gaji dan segala perinciannya. Slip gaji juga memiliki banyak kegunaan, salah satunya lampiran wajib jika ingin melakukan kredit rumah. Untuk itu sebuah perusahaan diharuskan membuatkan slip gaji para karyawan. Biasanya excel lah yang dipilih untuk membuatnya, slip gaji excel sebenarnya tidak terlalu rumit jika mengetahui semua format dan tahapannya.

Format Slip Gaji

Sebelum membahas slip gaji excel ada baiknya mengetahui terlebih dahulu format dari slip gaji. Tentunya setiap perusahaan memiliki formatnya masing-masing, namun ada beberapa hal umum yang wajib ada pada slip gaji. Berikut format slip gaji yang umum ada di slip gaji karyawan:

  • Format utama ada dibagian atas slip gaji, dimana biasanya tertera nama perusahaan dan informasi umum tentang perusahaan seperti logo dan alamat perusahaan. Selain itu akan tertera jelas judul besar bertuliskan SLIP GAJI pada bagian bawah setelah info perusahaan.
  • Selanjutnya adalah nama karyawan beserta informasi umum karyawan seperti bagian divisi mana bekerja.
  • Barulah masuk pada isi dari rincian gaji. Disana akan tertera jumlah gaji pokok, lembur, tunjangan, bonus, bisa juga uang makan dan transport. Semua itu tergantung kebijakan dan perjanjian perusahaan dan karyawan dikontrak kerja.
  • Selain mengenai pemasukan, ada juga rincian potongan gaji. Seperti pinjaman (jika karyawan berhutang), iuran serta pajak penghasilan dan lain sebagainya. Disinilah dibutuhkan pembuatan slip gaji excel sehingga menghasilkan gaji bersih masing-masing karyawan.
  • Terakhir selain info penting diatas, yang umum ada pada format slip gaji adalah tanggal dikeluarkannya slip gaji, periode penerimaan gaji serta pihak atau bagian yang membuat slip gaji tersebut.

Cara Membuat Slip Gaji Excel

Setelah mengetahui bagian-bagian dari slip gaji barulah membahas cara membuat slip gaji di excel. Dimana setiap langkah tidaklah sulit jika diperhatikan, walau sedikit rumit tentunya. Berikut cara membuat slip gaji di Excel yang dapat dijadikan referensi:

1. Buka Microsoft Excel Dan Buat Tabel

Cara membuat slip gaji dari excel yang pertama adalah membuka microsoft excel. Lalu persiapkan tabel (buat tabel), untuk jumlah tabel dapat disesuaikan dengan format slip gaji masing-masing perusahaan. Pastikan sudah dapat memahami cara mengoprasikan microsoft Excel untuk standar seperti pembuatan tabel, karena slip gaji berbentuk tabel.

2. Isi Rincian Tabel

Setelah tabel berhasil dibuat, barulah masukan rincian dari isi slip gaji pada tabel. Untuk rincian seperti yang dijelaskan diatas, yaitu rincian gaji, bonus, tunjangan, lembur dan lainnya (buat sheet masing-masing keperluan). Pastikan juga telah membuat judul besar diatas tabel bertuliskan rincian seperti yang dijelaskan diatas, yaitu nama perusahaan dan judul SLIP GAJI.

3. Buat Sheet Baru Lagi

Setelah mengisi tabel dengan beberapa rincian, buatlah sheet baru lagi untuk mengisi data lainnya. Seperti nama karyawan, NIK serta jabatan. Tulis juga total penerimaan gaji, total potongan, gaji bersih, penerima gaji dan pembuat slip gaji. Inilah nanti yang akan dicetak dan diberikan kepada karyawan.

Pembuatan format sheet kedua ini akan memudahkan proses pembuatan slip gaji. Dimana saat memasukkan NIK saja maka secara otomatis data yang diperlukan akan muncul sesuai yang ditulis di sheet pertama. Tentu saja semua itu hanya dapat dilakukan jika sudah memahami rumus excel vlookup, yang standar digunakan untuk rumus menghitung.

4. Rumus Slip Gaji

Slip gaji excel memiliki beberapa rumus yang harus dipahami, sehingga setelah sheet diisi dengan data yang diperlukan maka komputer yang akan menghitung hasilnya. Karena jika menghitung secara manual selain memakan waktu juga rentan dengan kesalahan. Jadi walau terlihat ruwet rumus harus dipahami dengan jelas.

Contoh ketik rumus pada cell tabel D7 yaitu =VLOOKUP(D6;’Data Karyawan’!B4:L23;2;FALSE) itu adalah rumus untuk nama. Selain itu untuk rumus lembur lakukan hal yang sama namun sebelum FALSE ganti dengan angka 4 atau sesuaikan dengan tabel yang dibuat. Lanjutkan semuanya hingga selesai.

5. Rumus PPh

Sebenarnya untuk pajak penghasilan harus disesuaikan dengan ketentuan dari perpajakan, berapa persenkan peraturannya yang harus dipotong dari gaji karyawan. Setelah semua selesai, barulah jumlahkan penerimaan dengan rumus =SUM(D12:D18) dan potongan yaitu =SUM(H12:H14). Terakhir untuk gaji bersih rumusnya (D19-H19), dimana  penerimaan dikurangi potongan, itulah hasil dari gaji bersih dan slip gaji siap dicetak.

Itulah format dan cara membuat slip gaji excel yang dapat dijadikan referensi. Memang terbilang cukup rumit membuat slip gaji dengan excel. Namun tidak perlu bingung karena saat ini sudah ada solusinya, menghitung segala keperluan perusahaan mulai dari absen, slip gaji hingga pesangon karyawan dengan aplikasi Gaji.id. Semua penghitungan akan dilakukan pada aplikasi dan dijalankan secara online yang tentunya mudah dan tidak ribet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *