Home » Format Slip Gaji Yang Harus Ada Dalam Slip Gaji Karyawan

Format Slip Gaji Yang Harus Ada Dalam Slip Gaji Karyawan

Bagi seseorang karyawan atau seorang pekerja kantoran tidak asing lagi mendengar kata format slip gaji. Kata ini biasanya hal yang paling ditunggu-tunggu oleh karyawan. Format slip gaji pada setiap perusahaan pasti berbeda-beda, tergantung perusahaan masing-masing. 

Untuk saat ini ada  aplikasi Gaji.id yang dapat membantu dalam segi apapun, mulai dari absen karyawan hingga slip gaji. Aplikasi Gaji.id juga akan memberikan hasil yang akurat dan juga tepat waktu. Berikut ini format slip gaji yang harus ada di dalam slip gaji Karyawan. 

1. Kop Slip Gaji Karyawan

Kop surat merupakan elemen yang paling penting ketika akan mengirim surat. Kepada siapapun mengirim surat baik kepada karyawan maupun atasan ataupun kepada orang yang masih bersangkutan dengan perusahaan. Kop surat pasti akan selalu ada. 

Kop slip gaji ini berguna untuk mencantumkan identitas sebuah perusahaan, dari suatu perusahaan. Biasanya identitas tersebut mencantumkan minimalnya mencantumkan nama lembaga, alamat lengkap dan kontak yang tersedia. 

Untuk membuatnya pun sangat mudah, tetapi kebanyakan perusahaan menganggap remeh kop surat. Padahal jika sebuah surat tidak menggunakan kop surat, biasanya akan terjadi kesalahan yang fatal. Kop slip gaji ini bertujuan sebagai tanda bahwa perusahaan tersebut tidak ilegal.

2. Penerima Slip Gaji Karyawan

Format slip gaji yang selanjutnya harus ada dalam slip gaji adalah penerima slip gaji karyawan. Bisa dibayangkan sendiri, jika elemen ini tidak ada dalam sebuah slip gaji. Pastinya akan membuat menjadi bingung serta menjadikan dokumen kacau pada suatu perusahaan. 

Identitas penerima gaji harus dicantumkan secara jelas pada slip gaji. Hal yang dicantumkan biasanya, nama lengkap, alamat, no telp dan jabatan si penerima. Jabatan penerima sangat penting dicantumkan, karena menentukan jumlah nominal gaji yang diberikan. 

Pastikan jangan sampai nominal dan jabatan keliru. Karena dapat merugikan orang lain, padahal di dalam uang pemasukan karyawan adalah hasil jerih payah para karyawan. 

3. Rincian Detail Penerimaan Slip Gaji

Fungsi dari rincian penerimaan slip gaji adalah memberikan informasi dan kejelasan gaji yang diberikan. Setelah semua telah dirinci secara menyeluruh, lalu jelaskan rincian potongan-potongan karyawan jika ada. Potongan tersebut biasanya potongan asuransi berupa BPJS dan sebagainya. 

Potongan di sebuah perusahaan tidak diterapkan sembarangan, ada juga potongan secara wajib. Contohnya seperti dana sosial, potongan pajak dan semisalnya. 

4. Total Penerimaan Gaji

Hampir setiap karyawan langsung fokus pada elemen ini. Karena, itulah inti dari pembuatan slip gaji atas jerih payah yang telah dilakukan setelah sebulan lebih. 

Biasanya suatu perusahaan mencetak elemen ini dengan huruf besar dan keterangannya pun harus jelas. Agar yang bersangkutan tidak merasa dirugikan, atas ke tidak jelasannya huruf yang dicetak. Dengan begitu perusahaan yang dimiliki lancar dalam memberikan total gaji.

5. Tanggal Dan Tanda Tangan 

Adanya tanggal dan tanda tangan menjadi bukti bahwa penerima gaji telah menerima haknya. Tangga  yang tertera pada slip gaji, adalah tanggal penerimaan bukan tanggal dibuatnya slip gaji. Dan juga jangan pernah lupa mencantumkan nama karyawan secara jelas, jangan membuat salah satu pihak dirugikan. 

Dan tidak lupa juga tanda tangan karyawan yang menerima. Tanda tangan ini berfungsi untuk memastikan, bahwa yang bersangkutan telah menerima gaji secara langsung. Bisa juga sebagai bentuk persetujuan atas jumlah hak yang didapatkan. 

Dan itulah format slip gaji yang harus ada di dalam slip gaji Karyawan. Jika dalam perusahaan memiliki karyawan dalam jumlah yang bayak, kunjungi saja blog Gaji.id. Aplikasi Gaji.id akan sangat membantu, membuat slip gaji para karyawan di perusahaan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *