Home » Format Slip Gaji Yang Umum Digunakan

Format Slip Gaji Yang Umum Digunakan

Setiap perusahaan pasti memiliki format slip gaji yang berbeda beda, meski begitu tetap ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan di dalam pembayaran gaji. Slip ini nantinya bisa digunakan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara karyawan ke perusahaan. Berikut ini adalah hal-hal apa saja yang dicantumkan untuk pembuatan slip gaji.

Nama Dan logo Perusahaan

Contoh slip gaji yang benar dan tepat adalah dengan mencantumkan nama dan logo perusahaan. Banyak yang berpikir menyepelekan hal ini. Nantinya nama dan logo perusahaan  ini adalah sebagai identitas dari siapa pembuat gaji tersebut. Selain menuliskan nama sebaiknya juga mencantumkan logo dari perusahaan. Karena sebagai lambang bahwa slip gaji tersebut memang resmi. Dan apabila tidak memiliki logo bisa mencantumkan nama saja

Data Karyawan Yang Bersangkutan

Yang selanjutnya adalah dengan memberikan data karyawan yang akan digaji. Karena dalam suatu perusahaan pasti memiliki beberapa karyawan. Dan setiap karyawan gajinya berbeda beda. Maka dari itu saat diinput agar tidak salah berikan data yang dibutuhkan saja. Seperti nama, jabatan, nomor pegawai, nomor pokok wajib pajak (NPWP) karyawan yang bersangkutan. Data karyawan ini juga apabila ada kesamaan nama agar tidak tertukar.

Tanggal Penggajian

Disarankan untuk mencatat tanggal saat slip gaji tersebut akan diserahkan kepada karyawan, sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi masalah. Tanggal penggajian ini juga digunakan untuk bukti bahwa setiap pada tanggal tersebut  sudah dibayar gaji karyawan. Yang nantinya akan berpengaruh pada pembukuan keuangan.

Rincian Lengkap Pembayaran

Dalam slip gaji harus dimuat secara rinci pembayaran yang akan diterima oleh karyawan. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada karyawan atau penerima gaji tapi juga berpengaruh pada perusahaan. Informasi dari rincian ini bisa menjadi bukti untuk keluarga atau untuk kepentingan yang lainnya. Rincian lengkap ini seperti alamat perusahaan, pembayaran yang akan dibayarkan, dll.

Mencantumkan Gaji Pokok

Biasanya perusahaan untuk menetapkan gaji seseorang dapat dilihat dari beberapa aspek. Yang biasanya dilihat adalah jenjang karirnya atau pengalamannya. Gaji pokok ini penting untuk dicantumkan agar perusahaan tidak salah menggaji. Atau supaya karyawan tahu bahwa jika ada salah perhitungan uang tidak sesuai dengan nominalnya.

Mencantumkan Tunjangan

Tunjangan ini ada beberapa macam seperti tunjangan keluarga, tunjangan makan, tunjangan makan, dan lain sebagainya. Tunjangan ini relative bisa dicantumkan atau tidak. Tetapi sebaiknya dicantumkan agar mengetahui karyawan mendapatkan feedback apa saja dari perusahaan. Tunjangan yang diberikan diluar dari gaji pokok.

Potongan

Selain hal-hal diatas yang harus dicantumkan dalam slip gaji adalah potongan  selama sebulan. Biasanya potongan ini digunakan untuk BPJS, asuransi, dll. Karena nantinya gaji tersebut akan dibayarkan tidak utuh sudah dikurangi oleh potongan-potongan yang ada.

Upah Lembur

Upah lembur ini dibayar kepada karyawan ketika bekerja diluar jam kerja. Jadi perusahaan harus mencantumkan uang lembur jika karyawan yang bersangkutan pernah lembur. Sehingga karyawan pun bisa melihat selama sebulan lembur berapa kali.

Memberitahukan Kerahasiaan Dokumen

Dan juga disarankan untuk memasukkan tulisan pada slip gaji yang menyatakan kerahasiaan dari slip gaji tersebut. Hal itu berarti bahwa slip tersebut hanya boleh dibuka dan diketahui oleh karyawan yang bersangkutan atau dari pihak keluarga.

Agar gaji tidak semua habis untuk sesuatu yang belum terlalu penting. Harus bisa mengatur anggaran pengeluaran dari gaji tersebut, mana kebutuhan dan mana yang keinginan. kini telah hadir sebuah aplikasi penggajian online yang akan mempermudah proses penghitungan bernama gaji.id, Penghitungan dapat berupa gaji, cuti, absen dan juga keuangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *