Home » Fungsi HRD Adalah Pemegang Penuh Urusan Karyawan

Fungsi HRD Adalah Pemegang Penuh Urusan Karyawan

Departemen HRD adalah departemen yang pasti ada dalam sebuah perusahaan. Keberadaan HRD sejalan dengan peran pentingnya mengurus perusahaan. HRD lebih menitikberatkan kepada permasalahan karyawan dan permasalahan di dalamnya. Lingkup kerja HRD meliputi seluruh hal yang berkenaan dengan kepegawaian. Berikut adalah fungsi HRD dalam sebuah perusahaan:

Fungsi HRD Mulai Dari Perekrutan

Tugas HRD dimulai dari awal penerimaan karyawan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Meliputi tes yang harus dilakukan, wawancara sampai dengan kemampuan untuk melakukan skill sesuai dengan lowongan yang akan diisi. Menentukan kualifikasi persyaratan penerimaan karyawan dan melakukan rangkaian tes.

Penempatan pada suatu departemen yang dirasa sangat sesuai dengan latar belakang pelamar. HRD mengatur kesesuaian antara sumber daya manusia dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Bagus atau tidaknya kualitas sumber daya manusia akan tergantung kepada sistem penyaringan yang dilakukan HRD.

Penilaian Dan Grading Karyawan

Bila perusahaan ingin tetap terus berkembang dalam kemajuan hal yang paling penting adalah dengan mengantongi SDM berkualitas. SDM yang memiliki etos kerja dan loyal kepada perusahaan. Satu karyawan tidak bisa disamakan dengan karyawan yang lain. Hal ini juga berlaku pada penilaian dan grading.

Kemampuan yang tinggi serta lamanya mengabdi akan meningkatkan grade seorang karyawan di mata perusahaan. Dengan itu sistem tunjangan yang diberikan pun akan berbeda. Perbedaan ini akan mengarah kepada besaran nominal gaji yang diterima oleh setiap karyawan.

Sehingga penilaian dan grading merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di sebuah perusahaan. Waktu penilaian dan grading ulang adalah kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Penanggungjawab Pelatihan Dan Upgrade Skill

Sumber daya manusia yang memiliki tingkat skill tinggi akan semakin menunjang percepatan kemajuan sebuah perusahaan. Ilmu yang terus berkembang menuntut setiap pekerja memperoleh pelatihan agar tetap bisa mengikuti perkembangan.

Pelatihan dalam rangka upgrade skill merupakan agenda bagi HRD. Hal ini tidak boleh disepelekan karena akan memberikan dampak yang sangat besar. Karyawan berprestasi akan membuat kemajuan perusahaan semakin pesat.

Menangani Permasalahan Absensi

Di dalam keseharian perusahaan khususnya bagian HRD, absensi tidak hanya berarti kehadiran atau alpha. Peran HRD adalah mengubah absensi menjadi data kualitas karyawan melalui manajemen SDM. Mengubah menjadi data cuti, potongan ketidakhadiran dan juga nominal gaji yang diterima karyawan.

Urusan mengenai karyawan ini bersifat mutlak dan fatal. Kesalahan dalam melakukan fungsi ini akan berpengaruh kepada semua sistem. Karyawan yang sering tidak masuk tentu akan membuat kinerja departemennya menjadi kacau. Kacaunya kerjaan satu departemen akan berpengaruh kepada departemen lainnya.

Dan yang paling mengerikan akan berpengaruh kepada hasil produktivitas perusahaan. Yang berarti juga penurunan omset penghasilan bulanan.

Melakukan Fungsi Penetapan Penghasilan

Penetapan penghasilan menjadi sebuah tugas sangat amat detail dan memerlukan proses yang panjang. Sebuah gaji adalah uang yang diperoleh dari berbagai penjumlahan upah. Mulai dari upah minimum sesuai standar, uang lembur, tunjangan skill.  Kemudian ada uang transportasi dan uang makan yang telah dijumlahkan menjadi satu dan dikurangi dengan potongan yang diberlakukan.

Potongan tersebut meliputi iuran wajib BPJS dan juga potongan absensi. Semua itu adalah tugas dari HRD untuk setiap karyawan dalam setiap bulan.

HRD adalah departemen yang memiliki tugas sangat kompleks dan mendetail. Menganalisa setiap individu dan memiliki PR menjadikan mereka SDM berkualitas. Sekarang telah muncul aplikasi gaji.id yang akan meringankan beban HRD. Aplikasi online ini akan membantu masalah penggajian, absensi dan masih banyak fitur menarik lainnya. Dengan gaji.id permasalahan demi permasalahan akan segera menemukan titik terang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *