Home » Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Sebuah Perusahaan

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Sebuah Perusahaan

Semua orang pasti sering mendengar istilah manajemen sumber daya manusia atau manajemen SDM. Pengertian manajemen SDM adalah sebuah ilmu yang digunakan untuk mengatur peran serta hubungan tenaga kerja atau karyawan secara efektif dan efisien demi untuk mencapai sebuah tujuan utama perusahaan. Jadi manajemen SDM itu sangat berperan penting dalam mengembangkan dan memajukan sebuah perusahaan. Bagi yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang manajemen SDM, berikut adalah beberapa penjelasan tentang fungsi manajemen SDM :

1. Perfomance Evaluation

Dalam sebuah perusahaan nantinya terdapat seorang manajer yang akan bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi terhadap tenaga kerja atau karyawan. Jadi dengan adanya manajemen SDM ini, maka nantinya seorang manajer akan dapat memberikan sebuah penilaian terhadap kinerja karyawan.

Selain itu, manajemen SDM ini juga dapat digunakan untuk memastikan bahwa masing-masing karyawan dapat memegang tanggung jawab dalam melakukan pekerjaannya. Jadi, manajemen SDM ini sangat bermanfaat sekali bagi kemajuan sebuah perusahaan.

2. Training And Development

Perlu diketahui bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah ilmu untuk mengatur hubungan dengan tenaga kerja, jadi hal tersebut sangat berperan penting dalam memberikan pelatihan dan pengarahan yang baik terhadap karyawan. Pelatihan dan pengarahan yang baik nantinya akan menghasilkan tenaga kerja atau karyawan yang terlatih.

Dengan adanya karyawan yang terlatih, maka perusahaan akan mengalami kemajuan dan perkembangan yang cukup pesat. Dalam sebuah perusahaan, manajer juga bertanggung jawab terhadap urusan pemutusan hubungan kerja atau PHK, jika terdapat karyawan yang tidak memenuhi kriteria kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, pemutusan kerja juga dapat terjadi karena terjadi kelebihan jumlah tenaga kerja atau karyawan.

3. Staffing / Employment

Dengan adanya manajemen SDM dalam sebuah perusahaan, maka nantinya akan terbentuk perencanaan yang matang dan baik dalam hal seleksi karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Nantinya seorang manajer akan menyeleksi dan menyaring karyawan atau tenaga kerja sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Hal tersebut bertujuan agar di setiap perusahaan tidak terjadi kekurangan ataupun kelebihan tenaga kerja. Jadi dengan begitu nantinya jumlah karyawan dapat diatur menurut kebutuhan perusahaan dan dapat ditempatkan di masing-masing bagian.

4. Compensation

Perlu diketahui bahwa manajemen sumber daya manusia memiliki hubungan yang erat dengan koordinasi pemberian kompensasi atau reward dari sebuah perusahaan untuk para karyawan atau tenaga kerja . Dalam sebuah perusahaan terdapat seorang manajer yang nantinya akan diberi tanggung jawab untuk mengembangkan struktur penggajian yang baik untuk para pekerjanya.

Untuk mempermudah dalam urusan pengembangan struktur penggajian, saat ini sudah banyak perusahaan yang telah menggunakan aplikasi Gaji.id. Jadi aplikasi tersebut sangat membantu sekali dalam urusan penggajian.

5. Personel Research

Dalam sebuah perusahaan, nantinya seorang manajer harus dapat meningkatkan efektifitas jalannya perusahaan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menganalisis setiap permasalahan individu karyawan.

Permasalahan individu yang sering terjadi pada karyawan antara lain keterlambatan masuk, ketidakhadiran kerja dan masih banyak permasalahan lain yang dapat timbul karena rasa tidak nyaman karyawan terhadap sistem yang ada pada perusahaan tersebut.

Jadi analisis tersebut bertujuan untuk menghindarkan perusahaan dari sikap karyawan yang mengundurkan diri secara mendadak. Perlu diketahui bahwa pengunduran diri secara mendadak dapat menimbulkan pengaruh yang buruk bagi kegiatan perusahaan.

6. Employe Relation

Sebuah perusahaan harus mempunyai manajemen sumber daya manusia yang baik. Dengan begitu maka perusahaan tersebut akan terhindar dari masalah-masalah yang berhubungan dengan serikat pekerja.

Pengaturan hubungan antara pemimpin perusahaan dan karyawan dapat mencegah terjadinya serikat kerja seperti demonstrasi, aksi mogok kerja dan masalah lainnya yang berhubungan dengan tenaga kerja atau karyawan.

7. Safety And Health

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pengertian manajemen SDM sangat menjurus pada kepentingan untuk mengatur interaksi dengan karyawan atau tenaga kerja, walaupun begitu dalam perannya juga harus mementingkan keselamatan kerja para karyawan. Perlu diketahui bahwa keselamatan kerja para karyawan harus diprioritaskan oleh seorang manajer.

Hal tersebut dikarenakan, keselamatan kerja karyawan dapat berpengaruh terhadap kredibilitas perusahaan. Jadi seorang manajer akan membuat serangkaian prosedur yang ditujukan pada tenaga kerja agar lebih berhati-hati saat melakukan produksi pada perusahaan tersebut.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang fungsi manajemen sumber daya manusia pada sebuah perusahaan. Jadi perusahaan harus mempunyai manajemen SDM yang baik agar dapat mencapai tujuan utama perusahaan tersebut. Saat ini sudah ada sebuah aplikasi berkualitas bernama Gaji.id yang dapat membantu dalam urusan administrasi  dan perhitungan gaji karywan sebuah perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *