Home » Hak Karyawan Selain Pesangon PHK Yang Wajib Diketahui

Hak Karyawan Selain Pesangon PHK Yang Wajib Diketahui

Sebagai tanda terima kasih karena telah mengabdikan diri bekerja pada suatu perusahaan, maka akan ada pesangon saat setelah pemutusan hubungan kerja. PHK disini bukan hanya pemutusan kerja dari perusahaan namun ada juga karyawan yang memilih mengundurkan diri, tentu pesangon PHK nya berbeda-beda. Untuk itu perlulah diketahui hak apa saja yang dimiliki karyawan saat di PHK dan dapat dirupiahkan saat pensiun atau PHK.

Hak Karyawan Saat Di PHK

Hak apa saja yang akan didapat saat telah di PHK haruslah dipahami, sehingga tidak akan ada karyawan yang tidak menerima keseluruhan haknya. Dimana semua hal ini memang merupakan hal wajib yang harus diberikan perusahaan kepada karyawannya. Berikut hak karyawan saat di PHK yang harus dipahami dengan baik:

1. Mendapat Uang Pesangon

Hak karyawan yang pertama adalah pesangon PHK, dimana jumlah besar pesangon yang diterima setiap karyawan pasti berbeda-beda. Semua dilihat dari beberapa lama karyawan tersebut bekerja dan mengabdikan diri di perusahaan tersebut. Jika jumlah pesangon disama ratakan, tentu semua karyawan akan berlomba-lomba melakukan kesalahan sehingga di PHK perusahaan.

Salah satu yang dapat dijadikan contoh, jika karyawan bekerja selama kurang dari satu tahun maka jumlah uang pesangon yang didapat adalah sebanyak 1 bulan gaji. Begitu pula saat sudah 3 tahun bekerja, maka jumlah pesangon adalah 3 bulan gaji, begitu seterusnya. Bayangkan jika karyawan tidak mengetahuinya, jadi saat sudah bekerja selama 50 tahun dan jumlah uang pesangon tidak sesuai tentu akan merugikan karyawan yang di PHK.

2. Uang Penghargaan

Berbeda dengan uang pesangon PHK, uang penghargaan merupakan uang yang diberikan perusahaan untuk mengapresiasi pengundian karyawan di perusahaan tersebut. Dimana uang ini hanya dapat mulai dihitung jika karyawan telah bekerja selama 3 tahun di perusahaan tersebut. Tentunya untuk besarnya uang penghargaan tergantung kebijakan perusahaan. Namun jika semakin besar perusahaan tentu semakin besar pula uang penghargaan yang akan diberikan.

Jika uang pesangon dihitung sesuai jumlah tahun yang dikalikan gaji perbulan, uang penghargaan berbeda. Jika karyawan telah bekerja lebih dari tiga tahun namun belum sampai enam tahun makan uang penghargaannya sebanyak dua bulan gaji. Begitu pun seterusnya jika sudah sembilan tahun bekerja maka uang yang diperoleh 3 bulan gaji.

3. Uang Penggantian Hak

Berikutnya hak karyawan setelah di PHK adalah mendapatkan uang penggantian hak. Jika uang pesangon PHK lumrah diketahui karyawan, biasanya yang tidak diketahui dan perusahaan pura-pura tidak tahu adalah uang penggantian hak ini. Dimana ada beberapa hal yang merupakan hak saat karyawan bekerja namun belum diambil atau selesai.

Contohnya seperti hak cuti karyawan yang belum diambil, itu akan masuk dalam perhitungan uang penggantian hak. Ada juga penggantian biaya kesehatan yang belum sempat dirasakan, akan dicairkan juga dalam bentuk uang penggantian hak ini. Ada juga beberapa hal lainnya yang telah dimuat dalam perjanjian kerja.

Jenis Dari PHK

cara menghitung PPh 21

Tentunya PHK juga ada beberapa jenisnya, semua harus diketahui dengan jelas, supaya mengetahui hak manakah yang boleh diajukan kepada perusahaan saat berhenti kerja. Berikut jenis dari PHK yang wajib dipahami:

PHK Dari Sisi Pegawai

Jenis PHK yang pertama ini tentunya akan membuat beberapa hak karyawan dicopot karena karyawanlah yang membuat masalah sehingga dilakukan pemutusan kerja pun terjadi. Biasanya karyawan melakukan kesalahan yang merugikan perusahaan atau menghancurkan citra perusahaan seperti urusan kriminalitas atau karyawan itu sendiri yang mengundurkan diri. Hanya satu yang masih menerima pesangon PHK yaitu karena memang sudah saatnya karyawan pensiun.

PHK Dari Sisi Perusahaan

PHK yang satu ini biasanya terjadi karena ada permasalahan dalam perusahaan seperti akan bangkrut. Untuk kasus ini tentunya hak yang diterima karyawan akan jauh lebih besar dari pada PHK dari sisi pegawai.

Itulah hak karyawan selain pesangon PHK yang wajib dipahami. Semakin majunya perkembangan teknologi tentunya mempermudah semua rana kehidupan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Gaji.id penghitungan gaji, pesangon atau hal keuangan lainnya dapat dilakukan dengan lebih mudah. Tentu saja kesalahan tidak akan terjadi dibandingkan penghitungan dengan cara manual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *