Home » Hal Yang Perlu Dicantumkan Dan Contoh Surat Peringatan

Hal Yang Perlu Dicantumkan Dan Contoh Surat Peringatan

Memasuki dunia kerja bukan untuk main-main. Jika jarang hadir karena alasan yang kurang jelas, maka atasan dan rekan kerja lainnya tentunya akan merasa heran. Pada akhirnya karyawan yang bersangkutan akan diberikan peringatan lisan dan tertulis. Berikut adalah ulasan penting mengenai hal yang perlu dicantumkan dan contoh surat peringatan tertulis yang perlu dicermati:

Hal Yang Perlu Dicantumkan Pada Surat Peringatan

Memperhatikan contoh surat peringatan juga diperlukan sebagai pengingat bahwa jika terjadi kesalahan kita nantinya juga akan mendapatkan hal semacam itu. Surat peringatan biasanya diberikan sampai berkali-kali hingga timbul kesadaran. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dicantumkan pada surat peringatan agar menutup kemungkinan ada surat yang tidak sah ataupun salah tujuan.

  • Kop Surat menunjukkan profil tempat kerja yang bersangkutan secara jelas. Misalnya saja nama yang disertai alamat, nomer telepon, dan email.
  • Tanggal Pembuatan Surat menjadi bukti keterangan waktu. Keterangan waktu yang ada bisa menjadi patokan dengan waktu disampaikannya surat kepada pihak yang bersangkutan.
  • Perihal Dan Nomor Surat memberikan kejelasan surat peringatan yang diberikan. Poin ini biasanya sudah menjadi format baku yang telah ditentukan tempat kerja.
  • Salam Dan Kata Pembuka dibuat dengan tatanan bahasa secara formal. Penerima surat nantinya bisa memberikan respon yang sama sopannya.
  • Keterangan Identitas Tujuan Surat dirinci sedetail mungkin. Minimal nama dan penempatan dari tujuan atau karyawan bersangkutan.
  • Penjelasan Isi Surat yang tertulis merupakan alasan atau latar belakang surat peringatan tersebut diberikan. Ditambah dengan ketentuan atau proses selanjutnya yang akan didapat oleh karyawan yang bersangkutan.
  • Penutup Surat dianjurkan untuk mengucapkan permohonan terimakasih. Tidak ketinggalan juga ucapan salam.
  • Tanda Tangan dijadikan bukti sah bahwa surat tersebut bersifat legal. Pihak yang diperbolehkan tanda tangan adalah pihak yang memiliki level di atas karyawan yang bersangkutan.

Contoh Surat Peringatan

Perhatikan contoh surat peringatan berikut ini sebagai referensi untuk membuatnya sendiri. Setiap bagian merupakan satu kesatuan sehingga dalam contoh kali ini sudah disusun sesuai dengan hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Simak contohnya di bawah ini!

  1. Nusantara Kopi
    Jl. Puri Cempaka Blok BE-134, Dampit, Jawa Timur
    Telp: 085678901231
    email: hrd@nusantarakopi.net

9 April 2019

Nomor : 127/SDM/SP1/IV/2019
Perihal : Surat Peringatan (I)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan hasil pengawasan dan evaluasi kinerja karyawan yang telah dibahas dalam rapat akhir bulan perusahaan pada 30 Maret 2019, maka dengan ini kami memberikan peringatan kepada Saudara yang tertera di bawah ini.

Nama    : Ibrahim Covic
Jabatan : Karyawan Divisi Riset Dan Teknologi

Dengan pertimbangan dari berbagai pihak selama periode kerja bulan Maret, peringatan ini diberikan atas alasan berikut ini :

  1. Tidak hadir tanpa alasan terhitung satu kali setiap minggunya.
  2. Terlambat hampir 10 menit setiap harinya.
  3. Terekam sering tertidur saat jam kerja melalui CCTV.

Sesuai dengan peraturan kerja yang telah dijelaskan saat melakukan kontrak kerja, maka Saudara terbukti melanggar peraturan yang ada. Oleh karena itu, tim HRD menganjurkan beberapa pilihan untuk memperbaiki performa yang Saudara miliki dalam satu bulan ke depan. Berikut ini adalah pilihan yang diberikan :

  1. Check up kesehatan gratis
  2. Training karyawan yang dilakukan oleh cabang lain
  3. Pemindahan penempatan divisi

Selanjutnya diharapkan Saudara segera memberikan konfirmasi maksimal 11 April 2019 pukul 12.00 WIB. Konfirmasi dilakukan dengan bertatap muka langsung dengan tim HRD. Jika tidak memberikan konfirmasi, maka akan ada proses lebih lanjut yang dilakukan oleh tim HRD.

Demikian surat peringatan pertama ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat kami,

Sintya Magdalena                                            Dwi Sandro

Manajer HRD                                        Manajer Riset DanTeknologi

Dari contoh surat peringatan di atas, kita bisa membuatnya sendiri tanpa berpikir lama. Ketika mendapatkannya, kita bisa langsung mengerti bahwa surat yang bersangkutan adalah surat peringatan. Surat peringatan ini berkaitan dengan pengelolaan database karyawan, nah untuk mengelola dengan baik mengenai database karyawan maka bisa menggunakan aplikasi gaji.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *