Home » HR Squad, Terapkan 5 Tips Ini untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan Saat Bekerja

HR Squad, Terapkan 5 Tips Ini untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan Saat Bekerja

Produktivitas karyawan menjadi salah satu komponen penentu kesuksesan perusahaan. Selain ditentukan oleh integritas dan loyalitas masing-masing karyawan, HRD juga punya peran yang esensial dalam menjaga karyawan agar tetap produktif.

Peningkatan produktivitas karyawan harus menjadi prioritas HRD demi memastikan kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan sesuai tujuan. Lantas, bagaimana sih cara membuat karyawan efektif dan produktif?

Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan

Karyawan menghabiskan sekitar 8-12 jam waktunya di kantor. Tentu, sudah sepatutnya lingkungan kerja dibuat senyaman mungkin. Menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dapat dimulai dengan adanya fasilitas seperti kursi dan meja kerja yang nyaman.

Perhatikan juga pola interaksi antar karyawan, apakah sering terlihat gesekan, konflik, atau miskomunikasi yang berujung pada tertundanya pekerjaan. Jangan sungkan untuk memberikan peringatan tegas pada karyawan dengan attitude kurang baik.

Tanggap dalam Merespon Keluhan dan Saran dari Karyawan

Pihak HRD tak ubahnya bagai “induk” para karyawan di tempat kerja. HRD-lah yang pertama kali disambangi karyawan saat ada unek-unek yang ingin disampaikan, entah itu berkaitan dengan fasilitas kantor atau rekan tim yang sulit diajak kerja sama. Biasanya, saat mengeluhkan masalahnya ke HRD, artinya karyawan sudah menemui jalan buntu dalam menghadapi permasalahannya.

Maka, yang dibutuhkan dari HRD adalah respon cepat tanggap dalam memberikan solusi. Di samping itu, pemberian support secara emosional bagi karyawan yang tengah menghadapi masalah dengan atasan juga penting demi memastikan bahwa karyawan tetap diperlakukan layaknya manusia, bukan aset perusahaan semata.

Bila perlu, tawarkan tempat dan jam kerja yang lebih fleksibel

Suasana kantor yang terkadang tidak kondusif bukan satu-satunya penghalang produktivitas karyawan. Bahkan, tidak jarang sebelum sampai di kantor pun mood karyawan bisa berantakan gara-gara harus bergulat dengan kemacetan. Untuk menjaga produktivitas, tidak ada salahnya menawarkan jam dan tempat kerja yang fleksibel dengan mengizinkan karyawan kerja remote.

Opsi ini dapat membantu karyawan leluasa dalam memilih tempat dan mode kerja yang sesuai dengan kondisinya. Agar memastikan kinerja karyawan tetap efektif dan maksimal, Anda dapat mengawasi karyawan melalui aplikasi kolaborasi seperti Slack dan Screenshot Monitor.

Sediakan makanan atau camilan sehat untuk karyawan

Menyediakan makanan, minuman, dan camilan gratis di kantor bisa jadi gesture yang baik atau bahkan mengesankan bagi para karyawan. Agar lebih semangat dan produktif dalam bekerja, Anda pun dapat meminta saran karyawan perihal makanan apa yang ingin disediakan di pantry kantor. Akan lebih baik lagi jika Anda berinisiatif menyajikan makanan sehat yang mampu membuat karyawan tetap konsentrasi saat bekerja.

Buat jadwal gathering rutin

Acara di luar kantor merupakan momen terbaik untuk mempererat hubungan antar karyawan dan atasan. Anda dapat membuat acara gathering rutin, entah tu sekadar makan malam bersama, atau outbound di alam terbuka. Kegiatan semacam ini dapat menjadi sarana untuk memompa kembali semangat para karyawan dan mengembalikan mood yang rusak akibat berbagai tekanan di tempat kerja. Jiwa yang bahagia serta attitude positif tentu dapat memberikan dampak yang baik bagi produktivitas karyawan.

Menciptakan lingkungan kerja yang positif merupakan cara membuat karyawan efektif dan produktif dalam bekerja. Tentunya, dibutuhkan kerja sama seluruh pihak untuk dapat membuat kantor menjadi rumah kedua yang layak. Hal tersebut dapat dimulai dengan menumbuhkan sikap suportif dan saling menghargai antar karyawan, serta dukungan dari pihak HRD untuk merancang aturan atau kegiatan yang dapat mengakomodasi kebutuhan para karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *