Skip links

6 Alasan Mengapa Sistem Payroll Itu Penting

Penggajian adalah bagian integral dari operasi perusahaan. Tidak hanya bertanggung jawab atas kompensasi gaji karyawan, tetapi juga memainkan peran penting dalam melindungi perusahaan dengan memastikan kepatuhannya terhadap undang-undang perpajakan. Berikut adalah alasan lain mengapa sistem payroll sangat penting.

Semangat Karyawan

Bagian penting untuk membuat karyawan senang adalah membayar mereka tepat waktu. Memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki sistem payroll yang membayar tepat waktu secara konsisten pasti akan berdampak pada moral karyawan Anda. Pembayaran yang terlambat dan tidak akurat kemungkinan akan menyebabkan karyawan Anda mempertanyakan stabilitas keuangan perusahaan. Hal ini dapat memengaruhi lingkungan dan budaya perusahaan Anda secara keseluruhan, sehingga menimbulkan sikap negatif dari karyawan yang dapat mengganggu tugas mereka sehari-hari dan menyebabkan kinerja yang kurang baik. Tenaga kerja perusahaan seringkali menjadi jantung perusahaan, dan penggajian yang andal dan akurat adalah bagian dari apa yang membuat jantung itu berdetak.

Kompensasi

Payroll melampaui gaji karyawan. Kompensasi karyawan juga dapat mencakup bonus dan tunjangan di atas gaji mereka. Bonus dan kenaikan gaji yang terkait melalui evaluasi kinerja juga dikelola melalui sistem payroll.

Reputasi

Perusahaan tidak hanya memiliki kewajiban keuangan kepada karyawannya, tetapi mereka juga harus memastikan bahwa aktivitas penggajiannya sesuai dengan undang-undang pajak dan ketenagakerjaan negara. Mengikuti undang-undang legislatif dan memenuhi kewajiban pajak secara efisien menjadikan perusahaan sebagai pemberi kerja yang stabil. Peningkatan reputasi perusahaan ini pada akhirnya akan menarik dan mempertahankan kumpulan bakat yang solid.

Pelaporan Pemerintah

Sistem payroll membantu perusahaan mematuhi undang-undang perpajakan dan ketenagakerjaan. Perusahaan perlu melaporkan pemotongan pajak gaji, pembayaran, dan status karyawan mereka kepada pemerintah setiap tiga bulan atau setiap tahun. Persyaratan perusahaan Anda sering kali bergantung pada ukuran gaji Anda dan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Mengikuti UU Ketenagakerjaan

Memahami kepatuhan tenaga kerja adalah cara lain untuk memastikan perusahaan Anda memiliki karyawan yang bahagia dan mengikuti undang-undang. Setiap negara memiliki undang-undang yang berbeda mengenai upah minimum, lembur, prosedur pemutusan hubungan kerja, dan banyak lagi. Sistem payroll dan administrator penggajian membuat aturan tersebut lebih mudah diikuti dan dipahami.

Membayar Pajak

Untuk mengikuti undang-undang pajak negara, perusahaan perlu menahan pajak penghasilan dari gaji karyawan dan membayar pajak tersebut tepat waktu. Perusahaan sering menutupi biaya tunjangan karyawan dan sebagian dari itu mungkin berasal dari upah kotor karyawan. Sistem payroll perusahaan juga perlu mengurangi pembayaran BPJS dari gaji kotor karyawan. Pada sebagian besar penggajian, sistem payroll perusahaan akan menahan pajak pendapatan dari gaji karyawan.

Itulah alasan lain mengapa sistem payroll sangat penting. Saat ini, ada banyak sistem payroll yang bisa Anda temukan. Namun, pastikan Anda memilih sistem yang paling baik dan berkualitas, seperti sistem payroll dari Gaji.id. Sistem payroll dari Gaji.id ini adalah aplikasi payroll online atau sistem payroll online yang dirancang khusus untuk memudahkan para pengusaha dalam perhitungan gaji, khususnya di Indonesia. Aplikasi ini dapat memudahkan pengerjaan yang berhubungan dengan administrasi perusahaan dan penggajian karyawan, termasuk penghitungan pajak penghasilan. Aplikasi gaji.id ini juga telah teruji untuk keakuratan dan kehandalannya dalam mengolah penggajian di Indonesia, karena Sofco Graha sebagai produsen dari gaji.id sudah berkarya selama lebih dari 30 tahun dalam menghasilkan aplikasi-aplikasi untuk berbagai macam perusahaan di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi laman resmi di https://gaji.id.

 

Kunjungi juga artikel lainya: https://gaji.id/ini-format-dan-contoh-slip-gaji-karyawan-yang-bisa-di-edit-2/

This website uses cookies to improve your web experience.