Home » Ingin Punya Teamwork yang Solid? Terapkan 7 Hal Ini

Ingin Punya Teamwork yang Solid? Terapkan 7 Hal Ini

Teamwork alias tim kerja merupakan bagian tak terpisahkan dalam setiap organisasi, termasuk perusahaan. Kolaborasi antar-pekerja ini umumnya bertujuan untuk mencapai tujuan bersama, salah satunya kemajuan perusahaan.

Namun, membangun tim kerja yang baik bukanlah perkara yang mudah. Selain partisipasi aktif dari anggota yang terlibat, banyak faktor lain yang juga ikut memengaruhi. Nah, berikut beberapa trik penting yang wajib diterapkan jika Anda ingin memiliki teamwork yang solid.

1. Tentukan Tujuan dengan Jelas

Hal pertama yang harus dikerjakan jika ingin membangun tim yang kuat adalah menetapkan tujuan dengan jelas, baik itu short-term goals maupun long-term goals. Tujuan yang jelas akan membuat anggota tim lebih termotivasi karena mereka tahu jelas target apa yang akan dicapai.

Tidak hanya itu, goal yang disertai deadline juga dipercaya bisa membuat orang lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugasnya dibandingkan dengan goal yang “mengambang”.

2. Jujur dan Saling Percaya

Tidak semua orang bisa menaruh rasa percaya kepada orang lain dengan mudah. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai halangan. Bertindak jujur secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa saling percaya antar-anggota tim.

Percayalah bahwa rekan kerja Anda mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, serta berusahalah untuk selalu terbuka kepada semua anggota tim agar jangan sampai ada “tim di dalam tim”.

3. Saling Menghargai

Masing-masing anggota tentu punya peran, opini, dan pemikiran yang berbeda—yang sama-sama baik untuk perusahaan. Nah, belajarlah untuk saling menghormati satu sama lain jika Anda ingin mempunyai tim kerja yang solid.

Jika memang Anda tidak setuju dengan pendapat atau saran dari rekan, sampaikan dengan baik tanpa merendahkan posisinya. Tetap hormati mereka sebagai kawan kerja Anda. Dengan begitu, mereka akan tetap merasa dihargai.

4. Komunikasi Efektif

Komunikasi merupakan senjata andalan di hampir segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam sebuah teamwork. Biasakan untuk mengomunikasikan apa saja secara terbuka kepada tim.

Jika Anda adalah pimpinan perusahaan/divisinya, usahakan untuk selalu memfasilitasi komunikasi dengan menciptakan atmosfer diskusi yang lancar, bebas, dan terbuka tanpa intervensi dari pihak mana pun. Pun demikian jika dalam tim timbul pertikaian—cobalah membicarakannya secara baik-baik agar masalah tidak melebar ke mana-mana.

5. Sense of Belonging

Indikator kesuksesan sebuah tim adalah ada tidaknya perasaan memiliki (sense of belonging) dalam hati tiap anggota teamwork. Meski terkesan sepele, perasaan semacam ini akan menumbuhkan komitmen kuat yang berpengaruh terhadap tindakan dan aksi dalam mencapai tujuan.

Sense of belonging bisa ditumbuhkan dengan berbagai macam cara. Selain rutin mengadakan diskusi, berkumpul bersama anggota dalam kondisi santai sembari membahas goals juga bisa jadi cara yang efektif.

6. Apresiasi

Jangan segan memberi apresiasi kepada anggota tim, bahkan meskipun itu berupa ucapan terima kasih. Jika memang memungkinkan, Anda bisa memberi reward berupa hadiah atau insentif kepada salah satu/semua anggota tim yang sukses mencapai targetnya. Apresiasi tidak hanya akan membuat mereka merasa dihargai, tapi juga memotivasi untuk terus melakukan yang terbaik bagi kemajuan bersama.

7. Dukungan

Faktor lain yang tak kalah ikut berperan dalam kesuksesan sebuah teamwork adalah dukungan—tidak hanya moril, tapi juga material. Support semacam ini sangat dibutuhkan agar misi yang hendak diraih dapat tercapai dengan maksimal. Jangan bermimpi memiliki tim yang solid jika tidak menyediakan support system yang kuat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membangun teamwork yang solid. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *