Home » Ingin Tahu Perhitungan Pph 21 Terbaru Excel? Berikut Ulasan Selengkapnya

Ingin Tahu Perhitungan Pph 21 Terbaru Excel? Berikut Ulasan Selengkapnya

Perusahaan tentu akan melakukan perhitungan Pph 21 rutin setiap bulan. Pajak ini akan otomatis mengurangi jumlah gaji yang akan diterima karyawan sebagai bukti taat pajak. Bagian keuangan umumnya menghitung nya menggunakan bantuan MS. Excel. Berikut Perhitungan Pph 21 terbaru excel:

1. Dropdown List Untuk NPWP

Langkah awal yaitu dengan membuat list NPWP untuk karyawan. Cara nya letakkan sel aktif pada nama karyawan. Temukan menu “Data” lalu pilih opsi “Data Validation” kemudian klik. Setelah di klik akan muncul jendela data lalu temukan ignore blank dengan In-cell dropdown dan centang keduanya.

Lalu di bagian bawah akan muncul icon source, isi dengan “NPWP, Non NPWP”. Setelah selesai, tampilan dropdown sudah selesai, nanti ketika pilih sel yang aktif akan muncul pilihan NPWP atau Non NPWP.

2. Dropdown List Untuk Status Perkawinan

Sama seperti di atas. Bedanya untuk kotak source isi dengan TK/0, K/0, K/1, K/2, K/3. Baik untuk list NPWP atau Status ini berkaitan dengan Identitas karyawan.

3. Membuat Aturan Rumus Total Penghasilan Bruto

Pertama isi terlebih dahulu nilai jumlah pendapatan karyawan. Seperti gaji per bulan, sejumlah tunjangan yang diterima serta premi. Jumlah kan semua komponen tersebut dengan rumus SUM seperti =SUM (kolom yang berisi komponen pendapatan)

4.  Rumus Untuk Total Pengurang Penghasilan Bruto

Selanjutnya isilah secara manual data pengurang penghasilan bruto. Kecuali biaya jabatan ketik rumus 5%*(sel total penghasilan bruto). Kemudian jumlahkan semua pengurang penghasilan bruto dengan rumus SUM seperti diatas.

5. Membuat Rumus Penghasilan Netto Sebulan Juga Setahun

Untuk mencari nilai penghasilan netto sebulan bisa dari penghasilan bruto dikurangi pengurang penghasilan. Sedangkan penghasilan netto untuk setahun bisa didapat dari penghasilan netto sebulan dikalikan 12.

6. Menentukan Rumus Penghasilan Tidak Kena Pajak Atau PTKP

Untuk menemukan hasil perhitungan ini, harus melalui rumus fungsi logika. Intinya harus disesuaikan dengan penetapan PTKP Pemerintah. Untuk penetapan PTKP terbaru sendiri yaitu

  • TK/0= 24.300.000
  • K/0= 26.325.000
  • K/1= 28.350.000
  • K/2= 30.375.000
  • K/3=32.400.000

7. Menentukan Rumus Pph 21 Terhutang Setahun

Langkah Perhitungan Pph 21 terbaru excel selanjutnya adalah dengan menghitung Pph 21 terutang setahun. Untuk menemukan hasilnya bisa dengan penghasilan netto dikurangi PTKP. Kemudian dikalikan dengan tarif pajak. Tarif pajaknya sendiri sesuai peraturan pemerintah yaitu

  • Penghasilan hingga 50 juta = 5%
  • Penghasilan Diatas 50 hingga 250 juta = 15%
  • Untuk Penghasilan Diatas 250 sampai 500 juta = 25%
  • Untuk Penghasilan 500 juta ke atas = 30%

Lalu dengan fungsi logika, angka-angka tersebut akan diolah menjadi sebuah nilai dari Pph 21 terutang setahun.

8. Menentukan Rumus Pph 21 Terhutang Sebulan

Pada langkah ini akan melibatkan masalah wajib pajak yang sudah berNPWP dengan yang belum. Jadi ketika mencari nilai Pph terutang, komponen penghasilan akan langsung dibagi 12 untuk orang berNPWP. Sedangkan Bagi yang sudah belum berNPWP penghasilan setahun dibagi 12 langsung dikali 120%.

Sama dengan sebelumnya nilai ini juga diperoleh dengan menggunakan rumus fungsi logika.

9. Meneruskan Untuk Menghitung Karyawan Lain

Perhitungan di atas tersebut hanya untuk 1 karyawan saja. Jika ada lebih dari 1 orang, data bisa langsung diolah dengan cara yang sama. Tapi cukup mudah, hanya tinggal mengcopy rumus yang sudah ada pada perhitungan sebelumnya.

Itulah langkah-langkah dari cara perhitungan Pph 21 terbaru excel. Memang cukup rumit dan sedikit butuh ketelitian terutama dalam membuat rumus logika. Namun kini untuk memudahkan perhitungan Pph 21 karyawan sudah ada sebuah aplikasi bernama gaji.id. Aplikasi ini menawarkan sejumlah kemudahan yaitu efektif dalam mengolah data perusahaan termasuk didalamnya perhitungan pajak Pph 21.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *