Home » Aplikasi Slip Gaji Karyawan Yang Bisa Di Edit

Aplikasi Slip Gaji Karyawan Yang Bisa Di Edit

aplikasi slip gaji

Aplikasi slip gaji merupakan salah satu inovasi baru dalam pengaturan pendistribusian gaji. Bagi seorang karyawan di sebuah perusahaan, gaji merupakan imbalan yang wajib diberikan oleh perusahaan atas kerjanya. Banyak elemen di dalam gaji yang besarannya dan jenisnya berbeda-beda dan  harus dijelaskan kepada karyawan. Untuk itu penting bagi petugas bayar mengetahui contoh slip gaji karyawan yang bisa di edit, untuk mempermudah membuat slip gaji.

Pentingnya Slip Gaji Bagi Perusahaan Karyawan

Besarnya gaji karyawan diberikan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati di awal saat penandatanganan kontrak kerja. Besarnya dipengaruhi oleh banyak elemen di dalam gaji itu sendiri yang akan diterangkan di dalam slip gaji pegawai. Secara umum slip gaji diartikan sebagai daftar rincian elemen-elemen gaji dan segala macam potongan yang harus dibayar.

Slip gaji diperlukan oleh kedua belah pihak, baik perusahaan maupun karyawan itu sendiri, sebagai kontrol terhadap keuangan. Sementara bagi karyawan penerima gaji slip gaji juga dijadikan kontrol berapa nominal gaji yang harus dibawa pulang. Dalam slip gaji semuanya dijabarkan secara terperinci, mulai dari gaji pokok, tunjangan, tanggungan kredit, potongan BPJS atau yang lainnya.

Format Slip Gaji Yang Benar

Semua elemen penghasilan dan potongan wajib ditulis di dalam slip gaji, untuk memudahkan penulisan dibutuhkan format slip gaji yang jelas. Banyak contoh slip gaji karyawan yang bisa di edit dan sudah tersedia secara online, bisa digunakan siapa pun. Adapun format slip gaji sendiri sangat beragam dan berbeda untuk setiap perusahaan.

Secara umum format slip gaji berisi beberapa elemen penting yang terdapat dalam gaji karyawan. Berikut ini adalah data yang ada dalam contoh slip gaji karyawan yang bisa di edit sesuai kebutuhan:

  • Gaji pokok. Gaji pokok adalah besaran gaji dasar yang harus dibayarkan oleh pengusaha kepada karyawannya sesuai dengan jabatan dan jenis pekerjaan. Dibayarkan kepada karyawan setiap bulannya dalam keadaan apa pun termasuk karyawan sedang mengambil cuti.
  • Tunjangan. Tunjangan merupakan setiap keuntungan yang ditawarkan kepada karyawan dan diberikan setiap bulan dalam bentuk gaji. Misalnya tunjangan transportasi, uang makan, kesehatan dan tunjangan lainnya.
  • Penghasilan lain. Penghasilan lain merupakan penghasilan karyawan di luar gaji pokok yang sudah pasti diperoleh. Sebagai contoh seorang karyawan sales, akan mendapatkan tambahan penghasilan jika melakukan penjualan. Nah, itulah yang disebut dengan penghasilan lain karyawan yang juga harus dituangkan di dalam slip gaji.
  • Potongan utang. Elemen potongan utang akan muncul jika karyawan melakukan pinjaman baik kepada bank dan pembayarannya autodebt dari gaji. Biasanya pinjaman seperti ini adalah pinjaman bank payroll, gaji karyawan dibayar lewat bank tersebut.
  • Pajak penghasilan. Elemen yang tidak kalah penting adalah pajak penghasilan yang wajib dibayarkan setiap tahun, dan pemotongan biasanya setiap bulan. Pajak penghasilan akan muncul pada slip gaji karyawan yang punya penghasilan melebih penghasilan tidak kena pajak yang ditentukan pemerintah.

Demikian data yang harus ada dalam slip gaji karyawan sebuah perusahaan, format slip gaji yang digunakan bebas sesuai keperluan. Untuk mempermudah memang lebih baik melihat contoh slip gaji karyawan yang bisa di edit di bawah ini:

Aplikasi Slip Gaji – Contoh Format yang Benar

Jika ingin membuat slip gaji seperti contoh format di atas, maka bisa mengetik ulang slip gaji di atas dengan menyesuaikan elemen yang dibutuhkan. Bagi Anda yang masih memiliki kesulitan dalam hal administrasi HRD kini telah hadir sebuah sistem payroll Online dan aplikasi slip gaji dari Gaji.id. Yang dapat membantu para HRD mengadministratifkan dan menghitung gaji karyawan, mulai dari proses absensi hingga perhitungan pajak karyawan, BPJS serta generate slip gaji. Hubungi kami untuk megundang presentasi atau mengenai info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *