Home » Inilah Berbagai Cara Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja

Inilah Berbagai Cara Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja

Di Indonesia, asuransi sosial yang paling terkenal yaitu BPJS. BPJS sendiri ada dua yaitu BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. Untuk seorang pekerja, tentu saja mengikuti BPJS ketenagakerjaan merupakan hal yang recommended. Di sini gaji para pekerja akan dipotong untuk Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu, juga ada iuran wajib yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jika telah mengikuti asuransi BPJS ketenagakerjaan sebaiknya cek saldo secara berkala. Nah, berikut ini beberapa cara cek saldo BPJS tenaga kerja:

1. Langsung Melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Di sini, para pekerja yang telah mengasuransikan diri melalui BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan cek saldo BPJS tenaga kerja dengan mudah. Caranya yaitu dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari rumah. Setelah itu, pergilah ke bagian layanan pelanggan dan menjumpai petugas untuk meminta informasi saldo. Selanjutnya, petugas akan mencetakkan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan yang diminta. Namun, jangan lupa untuk datang lebih pagi supaya tidak antre terlalu panjang. Pasalnya, di kantor BPJS Ketenagakerjaan akan melayani orang sesuai urutan.

2. Menggunakan Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara paling mudah selanjutnya yaitu dengan mengecek saldo secara online melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Pertama-tama siapkanlah kartu BPJS Ketenagakerjaan atau nomor KPJ. Selanjutnya, kunjungilah alamat website di bpjsKetenagakerjaan.go.id. Atau langsung bisa masuk dengan alamat sso.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login.bpjs.

Setelah masuk pada alamat tersebut, isilah user ID dan password di kolom login jika sebelumnya telah mendaftarkan akun. Jika belum pernah mendaftarkan akun, sebaiknya isilah kolom registrasinya terlebih dahulu. Setelah itu, halaman akan diarahkan ke akun yang telah login di menu member BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya pilihlah menu lihat saldo JHT. Di menu tersebut akan menampilkan saldo JHT milik sendiri. Setelah melihatnya, kembalilah ke menu sebelumnya untuk mengecek menu layanan lainnya.

3. Melalui Aplikasi BPJSTKU

Saat ini hampir setiap orang memiliki smartphone, oleh karena itu BPJS Ketenagakerjaan menciptakan aplikasi yang memudahkan pengguna smartphone. Untuk cek saldo BPJS tenaga kerja, para pekerja dapat memanfaatkan aplikasi ini daripada harus mengantre di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini pun dinilai juga sangat hemat waktu dan dapat dilakukan kapan saja.

Caranya yaitu install aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang telah tersedia di Playstore ataupun di Apps Store. Selanjutnya bukalah aplikasi dan klik login dan masukkan email dan password. Setelah berhasil login, pilihlah menu lihat saldo dan pilih saldo JHT yang diinginkan. Terakhir, detail informasi saldo dan berbagai rincian lainnya akan muncul.

4. Melalui SMS

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah para anggotanya dapat mengecek saldo melalui SMS. Cara cek saldo BPJS tenaga kerja ini merupakan cara termudah dan paling banyak dilakukan oleh para pekerja. Para pekerja pun tinggal SMS ke nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan. Namun, jika belum terdaftar sebaiknya lakukan registrasi terlebih dahulu.

Cara registrasinya pun sangat mudah yaitu dengan mengetik DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta, lalu kirim ke 2757. Jika nomor peserta telah didapatkan, saldo JHT BPJS tenaga kerja dapa dicek dengan mengetik SALDO(spasi)NOMORPESERTA, lalu kirim ke 2757. Selanjutnya, informasi saldo akan dibalas melalui pesan tersebut. Namun, layanan SMS 2757 ini hanya dapat digunakan oleh pengguna Telkomsel, Indosat dan XL.

Nah, itulah beberapa cara cek saldo BPJS tenaga kerja. Cara-cara tersebut merupakan cara populer yang digunakan orang-orang. Untuk itu, jika ingin mendapatkan berbagai informasi mengenai pengelolaan gaji ketenagakerjaan yang lebih lengkap gunakanlah aplikasi payroll online terlengkap di Indonesia yakni aplikasi gaji.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *