Home » Jenis-Jenis Sistem Absensi Karyawan Yang Biasa Diterapkan Perusahaan

Jenis-Jenis Sistem Absensi Karyawan Yang Biasa Diterapkan Perusahaan

Data absensi para karyawan merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan perusahaan. Misalnya untuk bahan perhitungan gaji, melakukan pemantauan kinerja, dan lain-lain. Sistem absensi perusahaan ada beragam jenisnya. Berikut jenis-jenis absensi karyawan yang biasa digunakan perusahaan.

1. Absensi Digital

Untuk menggantikan kehadiran sistem absensi manual, sudah didahului dengan hadirnya sistem absensi berbasis digital. Untuk menggunakan sistem absensi digital, karyawan diharuskan untuk memasukkan kata sandi atau password khusus. Jadi sebelum itu, karyawan diwajibkan untuk membuat password dahulu kemudian didaftarkan pada sistem.

Setiap datang maupun pulang kerja, karyawan diharuskan melakukan absensi dengan memasukkan password yang sudah didaftarkan ke sistem sebelumnya. Sisi negatif dari penggunaan absensi digital ini adalah karyawan masih bisa melakukan kecurangan. Misalnya dengan memberikan sandi passwordnya pada karyawan lain untuk titip absen.

2. Absensi Dengan Memakai Mesin Magnetic Card

Ada juga sistem absensi yang menggunakan mesin magnetic card. Perusahaan yang memakai sistem ini sebelumnya harus membuatkan semacam kartu identitas khusus untuk masing-masing karyawan. Mesin akan secara otomatis mendata kehadiran dan kepulangan karyawan sesaat setelah kartu identitas tersebut terbaca oleh mesin.

Cukup mudah mengaplikasikan sistem ini. Karyawan cukup menggesekkan atau sekedar men-tap kartu tersebut pada tempat yang disediakan di mesin. Dibanding harus memasukkan password seperti absensi digital, sistem magnetic card ini lebih praktis. Namun bukan berarti bisa lolos dari kecurangan. Bisa saja karyawan menitipkan kartunya pada karyawan lain untuk titip absen.

3. Absensi Dengan Sidik Jari

Beberapa perusahaan di Indonesia juga menerapkan sistem absensi berbasis sidik jari. Alat untuk merealisasikannya biasa disebut dengan mesin fingerprint. Penggunaan sistem absensi seperti ini dianggap lebih mampu meminimalisir adanya kecurangan terutama perihal kehadiran. Karyawan hanya harus menempelkan jari yang sebelumnya sudah terekam di mesin tersebut.

Ruang penyimpanan mesin fingerprint ini sangat besar. Akibatnya mesin fingerprint ini mampu memuat data puluhan ribu karyawan sekaligus. Perekaman data kehadiran atau jam pulang para karyawan juga jadi lebih akurat. Selain itu, mesin ini juga sangat praktis ketika digunakan.

Meskipun banyak keunggulannya, mesin fingerprint bukan berarti tidak punya sisi negatif. Kekurangan mesin ini masih sering terjadi erorr saat perekaman data. Apalagi jika kebetulan jari karyawan sedang kotor atau basah. Bisa-bisa data tidak akan terbaca oleh mesin ini. Istilah mudahnya mesin fingerprint boleh dibilang mesin yang cukup sensitive.

4. Absensi Berbasis Biometrik

Sistem absensi selanjutnya adalah biometri. Sistem absensi biometri ini dinilai sangat akurat. Kecurangan pun mampu diminimalisir secara maksimal dengan menggunakan mesin ini. Apalagi penyimpanan data yang bisa masuk juga tidak terbatas. Mesin biometrik ini bekerja dengan mendeteksi karakteristik tertentu pada manusia.

Kemudian secara cepat, langsung mengautentifikasi karyawan ketika melakukan proses absensi. Namun tidak hanya sangat canggih, tapi mesin ini masih berharga mahal. Membuat perusahaan harus berpikir ulang untuk menggunakannya.

5. Absensi Berbasis Web

Salah satu jenis absensi karyawan lainnya adalah berbasis web. Tidak seperti sistem absensi lainnya, mesin sistem ini berada pada komputer atau perangkat masing-masing karyawan. Mereka langsung dapat mengakses absen melalui password dan username yang telah diprogramkan sebelumnya.

Perusahaan yang punya banyak cabang, sangat disarankan untuk menggunakan sistem absensi model begini. Pihak HRD akan lebih mudah melakukan pengelolaan absensi, karena sistem ini sudah terintegrasi dengan internet. Memungkinkan setiap karyawan dapat melakukan akses absensi di mana pun dengan catatan terkoneksi dengan internet.

Itulah jenis-jenis sistem absensi karyawan yang biasa digunakan perusahaan. Perusahaan harus memilih sistem mana yang paling tepat diterapkan. Kini ada solusi untuk membantu bagian HRD melakukan proses absensi karyawan. Aplikasi gaji.id merupakan aplikasi payroll online dengan segudang fitur termasuk perhitungan serta pengelolaan absensi karyawan. Segera gunakan aplikasinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *