Home » Jenis Kalkulator PPH 21 Yang Paling Sederhana Hingga Yang Tercanggih

Jenis Kalkulator PPH 21 Yang Paling Sederhana Hingga Yang Tercanggih

PPH pasal 21 menyajikan beberapa peraturan terkait pendapatan atau gaji karyawan. Semua orang dengan penghasilan pribadi hingga 50.000.000 rupiah per tahun dikenakan wajib pajak sesuai dengan ketentuan. Semakin besar gajinya, maka pajak juga meningkat. Banyak hal yang harus dipikirkan dalam perhitungan gaji karyawan menyebabkan manusia berinovasi. Berikut adalah beberapa alat yang biasa digunakan bendahara atau pimpinan perusahaan untuk dijadikan kalkulator PPH 21 terkait gaji karyawan.

  1. Kalkulator

Kalkulator adalah alat hitung yang digunakan manusia sejak jaman sebelum ada komputer. Menghitung berbagai hal remeh seperti penjumlahan sederhana, uang kembalian dari belanja, hingga perhitungan uang dalam bentuk yang lebih rumit. Kalkulator pasti mudah digunakan, namun memiliki banyak keterbatasan. Misalnya jumlah angla dibatasi, kemudian tidak bisa menyimpan perhitungan sebelumnya.

Nah bagi pimpinan perusahaan atau seorang kepala keuangan akan sulit dan menyebabkan kepala pusing jika harus menghitung penghasilan setiap karyawan dengan kalkulator. Proses akan memakan waktu begitu lama dan sangat melelahkan. Terlebih  lagi terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian gaji dan potongan pajak yang dikenakan pada setiap pegawai. Kalkulator jelas tidak efisien.

  1. Hitungan Manual

Hitungan manual dengan menggunakan coretan di kertas masih digunakan pada industri kecil atau toko untuk menghitung gaji karyawan. Namun untuk perusahaan yang punya pegawai lebih dari 25, hitungan manual setiap bulan pasti akan sangat melelahkan. Perhitungan dengan coretan di kertas bisa dilakukan dengan cermat dan lebih teliti. Namun perlu banyak tahapan.

Misalnya tetapkan gaji pokok, kalikan dengan jumlah hari kerja yang sudah dikurangi absen. Kemudian kalikan dengan jumlah persen PPH sesuai pasal 17, dikurangi dengan gaji pokok setahun. Belum lagi bendahara harus menghitung penghasilan yang tidak kena pajak karena karyawan memiliki istri dan anak.

Proses hitung-hitungan ini bisa membuat bendaharaan perusahaan tidak betah bekerja dan mengakibatkan kesalahan perhitungan yang fatal bagi keuangan perusahaan.

  1. Program Pengolah Angka

Program ini biasanya ada di komputer kantor karena berfungsi untuk berbagai hal. Misalnya menghitung jumlah data barang, stok barang, harga jual, absensi, hingga perhitungan gaji setiap bulan. Program ini sangat membantu untuk memudahkan urusan pimpinan perusahaan yang harus menerapkan pasal 17 dalam sistem penggajian mereka.

Kalkulator PPH 21 yang berbentuk program ini memiliki kekurangan. Misalnya harus memasukkan data satu persatu. Kemudian masih perlu memikirkan rumus yang digunakan. Untuk menemukan formula yang tepat terkadang pegawai harus melakukan uji coba rumus yang panjang dan rumit agar didapatkan hasil sesuai keinginan. Ini sangat merepotkan jika kriteria yang dimasukkan sangat banyak.

  1. Aplikasi Penghitung Gaji Komputer dan Android

Untuk mengatasi kesulitan perusahaan, beberapa pengembang aplikasi komputer maupun android mulai mengembangkan aplikasi penghitung gaji. Kalkulator PPH 21 ini dapat menghitung besar gaji karyawan dengan lebih mudah tanpa harus memasukkan data yang rumit apa lagi menuliskan berbagai rumus.

Namun biasanya jumlah karyawan yang bisa dihitung gajinya dalam aplikasi ini terbatas. Selain itu tidak semua aplikasi android dapat langsung mengumpulkan datanya dalam bentuk laporan yang rapi. Sehingga tak jarang para bendahara harus mengetik ulang hasil perhitungan untuk dijadikan laporan. Kerepotan ini semakin tak berujung manakala dalam sistem penggajian tertentu ada uang lembur, uang dinas luar, dan lain sebagainya.

  1. Aplikasi Penghitung Gaji Online Gaji.id

Ada satu pemecahan masalah dari beragam komplikasi diatas yaitu aplikasi payroll atau penghitung gaji online. Dengan menggunakan aplikasi khusus ini, bendahara bisa memasukkan kriteria apapun misalnya pph pasal 17, absensi karyawan, honor lembur, atau tambahan lainnya. Kemudian perhitungan akan dilakukan secara otomatis di aplikasi tersebut. Kalkulator PPH 21 ini termasuk dalam jenis perhitungan yang modern jadi lebih mudah.

Bahkan jika perusahaan Anda menggunakan jasa BPJS atau asuransi lain dan perlu melakukan perhitungan pemotongan gaji untuk iurannya, aplikasi ini bisa menghitungkan dengan cepat. Jumlah karyawan yang bisa dikelola dengan aplikasi ini pun tidak terbatas. Pelaporan dapat dirangkum dengan cepat dan mudah melalui aplikasi ini sehingga tidak perlu mengetik ulang hasil perhitungan untuk dimintakan tanda tangan pimpinan. Cukup klik, proses, lalu cetak dengan Gaji.id.

Pencarian terkait: kalkulator pph 21,kalkulator pph 21 2018,kalkulator pph 21 excel,kalkulator pph 21 bulanan,kalkulator pph 21 dan bpjs,kalkulator pph 21 2019,kalkulator pph 21 tahun 2018,kalkulator pph 21 setahun,kalkulator pph 21 tenaga ahli,kalkulator pph 21 dan gaji,kalkulator pph 21 solfina,kalkulator pph 21 pns,kalkulator pph 21 bukan pegawai,aplikasi kalkulator pph 21,solfina pph 21 azurewebsites net kalkulator,kalkulator cara menghitung pph 21,download kalkulator pph 21,kalkulator pph 21 2018 excel,kalkulator pph 21 tahun 2016 excel,free download kalkulator pph 21,kalkulator pph 21 gross up,kalkulator hitung pph 21,kalkulator pph 21 karyawan,kalkulator pph 21 masa,kalkulator pph pasal 21 masa,kalkulator pph 21 ortax,kalkulator pph 21 per bulan,kalkulator pph 21 pesangon,kalkulator pph 21 perorangan,kalkulator perhitungan pph 21 2017,kalkulator penghitung pph 21,download kalkulator pajak pph 21,kalkulator simulasi pph 21,kalkulator pph 21 tahunan,kalkulator pph 21 thr,kalkulator pph 21 terbaru,kalkulator pph 21 tahun 2016,kalkulator pph 21 xls,kalkulator perhitungan pph 21 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *