Home » Karyawan Bahagia, Produktivitas Perusahaan Meningkat, Mitos atau Fakta?

Karyawan Bahagia, Produktivitas Perusahaan Meningkat, Mitos atau Fakta?

Kebahagiaan karyawan ternyata menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Semakin karyawan bahagia, maka akan semakin meningkat pula produktivitasnya. Dengan demikian, perusahaan dapat bertumbuh dan berkembang dengan cepat.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh para ekonom dari University of Warwick Inggris dan dipublikasikan oleh IZA Journal of European Labor, ditemukan fakta bahwa perasaan bahagia dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 12%. Sementara, karyawan yang tidak bahagia terbukti 10% kurang produktif dalam bekerja.

Dalam buku The Happiness Advantage, Shawn Anchor mengatakan bahwa ketika seorang individu berpikiran positif, maka mereka akan cenderung berpikir kreatif dan mampu memecahkan masalah dengan baik. Jadi, karyawan yang bahagia akan lebih jarang izin karena sakit, merasa kelelahan atau stres, hingga mengundurkan diri.

Penelitian yang dilakukannya selama satu dekade tersebut juga membuktikan bahwa  rasa bahagia karyawan dapat meningkatkan hampir semua pencapaian bisnis. Dia mengatakan, rasa bahagia akan meningkatkan produktivitas perusahaan hingga 31%, penjualan sebanyak 37%, dan akurasi dalam mengerjakan tugas sekitar 19%.

Cara Sederhana Agar Karyawan Lebih Bahagia

Lalu, apa yang bisa dilakukan perusahaan untu membuat karyawannya lebih bahagia? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Memberikan Penghargaan

Memberikan penghargaan atas hasil kerja karyawan merupakan salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menyenangkan karyawan dan membuatnya lebih bahagia.

Penghargaan ini tidak harus berupa barang yang mahal atau uang. Voucher makan atau tiket nonton bioskop sudah cukup untuk membuat mereka senang. Bahkan, menurut psikolog Ron Friedman, frekuensi pemberian penghargaan ternyata lebih berpengaruh terhadap kebahagiaan karyawan, bukan nilai atau jumlahnya.

2. Menyediakan Ruang Kerja yang Nyaman

Cara lain yang cukup signifikan dalam meningkatkan kebahagiaan karyawan adalah dengan menyediakan ruang kerja yang nyaman dan menghibur. Cara ini sudah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, serta Apple.

Menurut Google, inovasi karyawan dapat meningkat melalui kombinasi tiga hal, yaitu pembelajaran, kesenangan, dan kolaborasi. Dengan menyediakan ruang kerja yang nyaman dan berkonsep terbuka (open space), karyawan akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan karyawan yang lain sehingga memicu pertukaran ide.

3. Membiarkan Karyawan Menghias  Meja atau Ruangan Kerjanya

Apabila perusahaan masih belum bisa menyediakan ruang kerja yang nyaman dan berkonsep open space, cara lain yang bisa dilakukan agar karyawan lebih betah di kantor adalah dengan membebaskan mereka untuk menghias meja atau ruang kerjanya.

Pasalnya, jika karyawan diberikan ruangan minimalis dengan meja kerja standar yang tidak ada apa-apanya, hal itu tentu bisa membuat mereka cepat bosan. Jika kebosanan sudah datang, maka karyawan akan susah untuk produktif sehingga pekerjaannya tidak selesai tepat waktu.

4. Menyediakan Playground

Menyediakan playground atau ruang santai juga bisa menjadi cara lain untuk membuat karyawan lebih bahagia. Playground bisa digunakan oleh karyawan apabila mereka merasa bosan di ruang kerja atau saat lembur.

Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menghibur, pikiran mereka akan lebih segar hingga bersemangat lagi untuk bekerja. Perusahaan bisa menyediakan playground dengan televisi, video games, gitar, board game, atau hal-hal menarik lainnya yang disukai karyawan.

5. Memberikan Kompensasi dan Benefit

Kompensasi atau benefit karyawan merupakan dua hal yang dapat membuat karyawan lebih bahagia. Untuk itu, selain kompensasi langsung berupa gaji dan tunjangan, perusahaan sebaiknya juga memberikan kompensasi atau benefit karyawan sesuai dengan prestasi atau lama bekerja.

Setiap satu tahun sekali, perusahaan bisa membuat acara employee award untuk memberi penghargaan dan bonus bagi karyawan-karyawan yang berprestasi. Dengan cara ini, karyawan pasti akan terpacu untuk mengerjakan tanggug jawabnya dengan baik.

6. Rekreasi Bersama

Selain memberikan penghargaan dan membuat suasana kantor yang lebih nyaman bagi karyawan, mengadakan kegiatan rekreasi bersama setiap beberapa bulan sekali juga bisa menjadi cara untuk membuat karyawan lebih bahagia.

Tak hanya  menghilangkan kejenuhan dalam bekerja dan menyegarkan pikiran, rekreasi bersama ini pun bisa membuat hubungan antar karyawan semakin baik. Di samping itu, perusahaan juga akan terlihat peduli dengan karyawan sehingga mereka akan lebih merasa loyal dan giat dalam bekerja.

Demikianlah hubungan antara kebahagian karyawan dengan produktivitas perusahaan serta beberapa cara sederhana yang bisa ditempuh perusahaan untuk membuat karyawannya lebih bahagia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *