Home » Kelemahan Sistem Payroll Manual

Kelemahan Sistem Payroll Manual

Sistem Payroll

Sistem Payroll manual adalah sistem yang sering digunakan oleh banyak perusahaan. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi saat ini membuat era digitalisasi pun semakin lama semakin berkembang. Hal ini pun merambah ke berbagai aspek dalam kehidupan personal hingga kehidupan di dunia pekerjaan.

Membahas mengenai era digitalisasi yang telah merambah dunia pekerjaan, saat ini tengah populer sebuah sistem payroll atau pembayaran upah yang dilakukan secara otomatis agar meminimalisir berbagai kesalahan yang dapat terjadi jika menggunakan sistem payroll manual. Berikut ini ulasannya

Waktu Pembayaran Telat

Hal paling umum yang terjadi dari kesalahan sistem payroll manual adalah waktu pembayaran yang tergolong sering mengalami keterlambatan. Efek dari keterlambatan pembayaran ini pun tentu dapat berimbas terhadpa branding dari perusahaan di mata karyawannya. Hal terebut pun tentu akan berpengaruh terhadap kualitas dari kinerja para karyawan yang sudah sering kecewa terhadap waktu pembayaran dari perusahaan.

Jumlah Penerimaan Berbeda

Sistem dari payroll manual cenderung memiliki potensi untuk menimbulkan human error. Umumnya HRD kerap kali melakukan kesalahan perhitungan dalam penulisan upah hingga kerap menghasilkan selisih dengan bulan-bulan atau minggu sebelumnya. Jumlah penerimaan yang berbeda ini tentu dapat membuat citra dari perusahaan yang jelek di mata para karyawan dan mungkin dapat mempengaruhi kinerja dari para karyawan tersebut.

Tidak Akurat

Gangguan yang sering dirasakan oleh kesalahan sistem tersebutl adalah adanya pengaruh terhadap laporan keuangan dan perhitungan pajak yang hasilnya menjadi tidak akurat. Bagi perusahaan, tentu hal ini dapat menjadi efek negative yang bisa terjadi dikemudian hari. Itulah mengapa penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki sistem yang akurat dengan cara otomatis.

Itulah tadi ulasan singkat tentang kelemahan yang kerap kali terjadi dari sistem payroll manual. Dalam perhitungan dari pembayaran upah terhadap karyawan memang bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan ketelitian dan juga ketepatan agar menghindari risiko dari kerugian perusahaan. Disinilah peran Gaji.id hadir untuk membantu perusahaan agar menghindari risiko tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat langsung mengunjungi laman resminya di https://gaji.id/