Home » Ketahui Manfaat Serta Cara Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja

Ketahui Manfaat Serta Cara Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja

BPJS tenaga kerja merupakan hasil transformasi dari Jaminan sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). BPJS tenaga kerja wajib dimiliki oleh seluruh pekerja yang menerima upah atau gaji dari pemberi kerja. Untuk iuran BPJS tenaga kerja biasanya sudah ditentukan berapa persentase yang dibebankan kepada karyawan dan sebagian persentase lainnya dibebankan kepada pemberi kerja. Apa sih manfaat dari BPJS tenaga kerja bagi pekerja itu sendiri? Dan apa saja cara cek saldo BPJS tenaga kerja yang bisa diterapkan bagi para pekerja? Simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat BPJS Tenaga Kerja

BPJS tenaga kerja memiliki peran menyediakan jaminan kecelakaan kerja bagi karyawan atau tenaga kerja. Selain itu, BPJS tenaga kerja juga memberikan jaminan hari tua atau jaminan pensiun dan jaminan kematian. Agar lebih memahami apa saja manfaat BPJS tenaga kerja tersebut, berikut penjelasannya.

1. Jaminan Kecelakaan Kerja

Untuk mengurangi terjadinya kecelakaan kerja, perusahaan tidak hanya menerapkan langkah K3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja saja bagi karyawannya. Pemberian tunjangan atau jaminan keselamatan kerja berupa BPJS tenaga kerja diberikan untuk menjamin pekerjanya. Jaminan ini berupa biaya pelayanan kesehatan atau perawatan dan santunan yang berbentuk uang yang diberikan selama pekerja tidak mampu bekerja.

2. Jaminan Kematian

Jaminan kematian berupa santunan, biaya pemakaman serta beasiswa untuk anak atau ahli waris diberikan kepada pekerja atau karyawan meninggal dunia. Yang diakibatkan bukan karena kecelakaan kerja dan masih berada dalam masa kerja atau kontrak kerja.

Bisa karena kecelakaan saat akan menuju tempat kerja atau karena penyakit yang mengakibatkan kehilangan nyawa. Jadi apabila pekerja meninggal masih berada dalam masa kerja atau kontrak kerja, maka jaminan kematian akan diberikan kepada ahli waris.

3. Jaminan Hari Tua (JHT)

Jaminan hari tua diberikan kepada pekerja yang telah memiliki masa kerja selama 56 tahun atau telah memasuki masa pensiun. Untuk jaminan ini dapat diambil meskipun usia pekerja belum mencapai masa pensiun dengan maksimal pengambilan 10% untuk persiapan masa pensiun dan 30% untuk biaya perumahan.

Dan sisanya dapat diambil pada saat pekerja sudah pensiun dari pekerjaannya. Pihak yang berhak menerima JHT adalah istri/suami, anak, atau pihak lain yang termasuk dalam wasiat.

Cara Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja

Untuk mengetahui jumlah saldo BPJS tenaga kerja, biasanya para karyawan akan mendapatkan  selembar dokumen yang dikirimkan dari BPJS berkaitan dengan saldo BPJS tenaga kerja yang dimilikinya. Akan tetapi kini cara cek saldo BPJS tenaga kerja dapat dilakukan melalui berbagai media, diantaranya yaitu:

1. Mengunjungi Kantor BPJS

Cara cek saldo BPJS tenaga kerja dapat dilakukan dengan langsung mengunjungi kantor BPJS. Seperti halnya melakukan pengecekan saldo rekening bank, peserta hanya perlu mengambil nomor antrian. Kemudian, peserta dapat melakukan pengecekan dengan menunjukkan kartu BPJS tenaga kerja yang dimiliki kepada petugas. Peserta juga dapat meminta pada petugas untuk mencetak atau print slip saldo BPJS untuk mengetahui berapa saldo yang dimiliki oleh pekerja.

2. Menggunakan SMS

Cara cek saldo BPJS tenaga kerja dengan menggunakan SMS, maka harus registrasi terlebih dahulu  dengan ketik REG#No. BPJS Ketenagakerjaan#Tgl. Lahir#Nama dari Ibu Kandung misal: REG#08909XXXX#210495#SUKI kirim SMS ke 08111009696. Setelah itu maka akan diberikan SMS balasan berupa No. ID yang digunakan untuk melakukan cek saldo. Untuk cek saldo, maka format SMS nya yaitu ketik: SALDO#No. ID lalu kirim ke 08111009696.

3. Melalui Website BPJS

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan menggunakan cara cek saldo BPJS tenaga kerja dengan mengunjungi website yaitu kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP, nomor HP yang aktif serta alamat email. Setelah itu peserta hanya perlu mengisi form, klik SUBMIT DATA dan tunggu SMS atau Email kode verifikasi agar dapat login. Setelah melakukan verifikasi, maka peserta dapat login dan dapat melakukan pengecekan saldo BPJS tenaga kerjanya.

Itulah manfaat serta cara cek saldo BPJS tenaga kerja mulai dari cara manual dengan mengunjungi kantor BPJS secara langsung maupun dengan sistem online yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Saat ini juga tersedia aplikasi yang dapat digunakan seperti gaji.id yang dapat memperhitungkan dan mengelola gaji, perhitungan pajak penghasilan serta BPJS ketenagakerjaan dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *