Home » Keuntungan Menggunakan Absensi Karyawan Berbasis Online

Keuntungan Menggunakan Absensi Karyawan Berbasis Online

Karyawan merupakan aset penggerak bagi perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Salah satu sikap negatif karyawan dalam perusahaan yang merupakan permasalahan yang banyak ditemukan yaitu seringnya absen tanpa keterangan. Absensi karyawan merupakan salah satu acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian ketaatan karyawan terhadap peraturan perusahaan. Ada banyak metode absensi yang digunakan mulai dari absensi manual, menggunakan mesin ceklok, dan fingerprint.

Absensi yang paling sering digunakan perusahaan adalah metode fingerprint. Namun metode tersebut memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak dapat dipasang di sembarang tempat. Atas dasar itulah, kini muncullah sebuah  teknologi yang dapat dipakai untuk melakukan absensi kehadiran yaitu dengan menggunakan absensi online. Lalu seperti apa cara kerja absensi online? Dan apa keuntungannya? Berikut penjelasannya.

Absensi Karyawan Berbasis Online

Penggunaan absensi menggunakan fingerprint sangat tidak efektif bagi karyawan yang bekerja di lapangan, sehingga pilihannya kembali menggunakan sistem absensi secara manual. Menggunakan sistem absensi manual tentu akan sangat mudah dimanipulasi oleh karyawan, selain itu data absensi tidak bisa didapatkan secara tepat waktu. Namun di era digital ini, muncullah inovasi teknologi terkait permasalahan ini yaitu absensi online.

Aplikasi absensi berbasis online adalah sebuah teknologi yang dapat memungkinkan karyawan melakukan absensi tanpa harus menggunakan mesin berbentuk fisik maupun manual. Karyawan hanya perlu memberikan informasi lokasi, waktu, dan posisi tempat berada lalu kemudian dikirim secara tepat waktu. Untuk menghindari terjadi  kecurangan saat melakukan absensi, karyawan diharuskan untuk mengirimkan foto dirinya saat berada dilokasi kerja.

Keuntungan Menggunakan Absensi Karyawan Berbasis Online

Penggunaan absensi berbasis online tentu akan sangat membantu perusahaan dalam hal yang berkaitan dengan kehadiran karyawan. Apalagi biaya yang diperlukan juga sedikit dan tidak memerlukan biaya perawatan. Adapun beberapa kelebihan absensi berbasis online ini adalah

1. Mengurangi Potensi Kecurangan

Data yang dimasukkan melalui absensi online akan diolah secara langsung sehingga hasilnya akan sama seperti informasi yang dihasilkan melalui mesin absensi kantor. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan di tempat kerjanya. Selain itu dengan metode ini juga  akan mengurangi potensi kecurangan titip absen. Setiap karyawan memiliki identitas atau akunnya sendiri sehingga tidak mungkin untuk
dipakai oleh orang lain.

2. Mempermudah Analisa Kinerja Karyawan

Data yang didapatkan dari metode absensi ini akan bermanfaat bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi dan menganalisa kinerja karyawan. Dengan menggunakan absensi online, data kehadiran karyawan akan langsung tersimpan didalam database kantor. Dengan demikian kantor tidak perlu melakukan rekap absensi karyawan yang tidak bekerja di kantor. Dari data-data kehadiran inilah dapat dijadikan salah satu poin penilaian kinerja karyawan.

3. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Jika karyawan yang bekerja di lapangan harus datang ke kantor setiap hari hanya untuk melakukan absensi kehadiran, hal ini tentu melelahkan dan membuang waktu kerja. Namun, jika perusahaan menggunakan absensi online maka waktu yang digunakan untuk melakukan absensi di kantor dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja mereka di lapangan. Nah, dengan menggunakan metode ini tentunya tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

4. Menghemat Biaya

Jika sebuah perusahaan harus menyediakan mesin absen berbentuk fisik misalnya  fingerprint di tiap-tiap tempat SPG nya bekerja, tentu akan sangat memakan biaya. Nah, solusi tepatnya sebaiknya beralih ke absensi online, selain menghemat waktu juga menghemat biaya. Dengan menggunakan absensi jenis ini yang dibutuhkan hanya smartphone milik karyawan sebagai tempat untuk pencatatan absensi, sangat praktis dan membantu bukan?

Nah, jika tertarik dengan metode absensi jenis ini cobalah gunakan jasa gaji.id  yang menyediakan fitur absensi karyawan berbasis online. Selain dapat mengelola jadwal kerja, data kehadiran, lembur, cuti izin, aplikasi ini juga terintegrasi dengan Payroll untuk perhitungan tunjangan absensi. Dengan menggunakan gaji.id Anda dapat melacak keberadaan karyawan dengan mudah melalui smartphone maupun dashboard.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *