Home » Manajemen SDM Adalah Pengelolaan Karyawan Perusahaan

Manajemen SDM Adalah Pengelolaan Karyawan Perusahaan

sistem payroll

Sumber daya manusia atau SDM memiliki banyak definisi yang berbeda-beda. Adapun menurut Sonny Sumarsono, SDM adalah usaha dalam bentuk kerja yang memiliki manfaat dalam berlangsungnya suatu produksi. Sedangkan menurut Ermaya, SDM merupakan faktor penting dalam setiap proses seperti perusahaan, pembangunan negara ataupun dalam organisasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa SDM ialah sebuah usaha yang dikerjakan oleh manusia yang memiliki peran penting dalam berlangsungnya suatu produksi.

Manajemen SDM

Apa itu manajemen SDM? Manajemen SDM adalah sebuah proses untuk merekrut, pengembangan dan proses evaluasi secara keseluruhan dalam pencarian SDM yang dibutuhkan suatu perusahaan.

Dalam memanajemen sumber daya manusia, diperlukan pengetahuan khusus yang mengorganisir hubungan dan peran dari karyawan agar dapat bekerja efektif dan efisien. Adapun bidang kajian manajemen sumber daya manusia biasanya berhubungan dengan teori sosiologi dan psikologi. Sedangkan staff yang melakukan pengelolaan terhadap urusan manajemen SDM tidak lain adalah staf HRD.

Fungsi dan Manfaat

Jika melihat dari definisi manajemen SDM, dapat disimpulkan bahwa divisi ini memiliki peran penting dalam mengatur tenaga kerja suatu perusahaan. Ada banyak fungsi dan manfaat manajemen SDM bagi perusahaan. Adapun fungsi dan manfaatnya adalah :

1. Employment

Divisi HRD memiliki fungsi sebagai employment tenaga kerja. Mereka akan membuat perencanaan dalam perekrutan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Staf manajemen SDM adalah mereka yang melakukan proses penyaringan tenaga kerja sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang sesuai. Tujuannya adalah agar efektivitas tenaga kerja dan mengurangi dampak kekurangan tenaga kerja.

2. Evaluasi

Staf manajemen SDM juga bertanggungjawab atas evaluasi karyawan yang telah direkrutnya meskipun berbeda divisi. Dengan demikian, apabila terdapat karyawan yang memiliki etos kerja baik, bisa jadi akan diberikan bonus ataupun hal menarik lainnya.

3. Kompensasi

Kompensasi merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap tenaga kerja yang telah memberikan kontribusinya kepada perusahaan. Staff HRD juga memiliki tanggung jawab dalam penggajian karyawan. Sistem penggajian tentunya juga memperhatikan aspek-aspek lain seperti absensi dan lainnya.

4. Keselamatan dan Kesehatan

Manajemen SDM memiliki tugas untuk memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja. Dalam kasus ini, perusahaan biasanya akan memberikan fasilitas berupa BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. Dalam hal ini pun, staf manajemen SDM akan melakukan perhitungan biaya yang harus perusahaan keluarkan.

5. Pelatihan

Bahwa manajemen SDM memiliki tugas untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan karyawan perusahaan. Adapun salah satunya adalah memberikan pelatihan untuk mengembangkan bakat dan potensi yang ada dalam diri karyawan tersebut.

Tujuan Manajemen SDM

Tujuan dari manajemen SDM sangat beragam, namun menurut Cushway setidaknya terdapat 5 tujuan dari manajemen SDM. Adapun yang dimaksud adalah:

  • Membuat Kebijakan. Manajamen SDM secara garis besar memiliki peran untuk memberikan motivasi kerja. Oleh karena itu, masing-masing divisi memiliki akses untuk mengurus masalah tersebut dan ikut serta dalam pembuatan kebijakan untuk SDM.
  • Mencapai Tujuan Perusahaan. Divisi manajemen SDM adalah staf khusus yang bertanggungjawab atas kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan. Kebijakan dan prosedur tersebut tentunya bertujuan agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai.
  • Media Komunikasi. Sebagai staf yang mengelola SDM. Manajemen SDM berperan sebagai media komunikasi antara karyawan, manajer divisi serta perusahaan itu sendiri. Jadi apabila terjadi masalah internal, manajemen SDM dapat membantu komunikasinya.

Setiap perusahaan tentunya berharap tujuannya dapat tercapai dan pengelolaan SDM berjalan dengan baik. Staf HRD inilah yang memiliki peran penting dalam pengelolaan SDM. Mereka akan melakukan pengelolaan SDM seperti memberikan gaji, THR, pembayaran BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan dengan menggunakan aplikasi gaji.id. Adanya aplikasi tersebut sangat membantu tugas staf HRD dalam pengelolaan SDM yang sangat banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *