Home » Manajemen Sumber Daya Manusia yang Tepat Untuk Generasi Milenial

Manajemen Sumber Daya Manusia yang Tepat Untuk Generasi Milenial



Kualitas karyawan memang menjadi tolak ukur berjalannya sebuah perusahaan menjadi sebuah perusahaan yang maju dan berkembang. Karyawan yang baik tentunya memiliki standar penilaian dan standar kompetensi yang harus di miliki pada setiap bidangnya. Oleh karena itu pemilihan karyawan berdasarkan standar manajemen sumber daya manusia perlu dilakukan.

Pengelolaan manajemen sumber daya manusia pada setiap perusahaan terletak pada divisi yang berbeda-beda. Namun pastinya divisi tersebut harus memiliki kompetensi penyeleksi sesuai dengan standar yang ada. Apa sajakah fungsi dari manajemen sumber daya manusia ini? Dan bagaimanakan mengelola tugas divisi kepegawaian agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan?

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu perencanaan, pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya manusia untuk dimanfaatkan dalam suatu perkumpulan perusahaan, organisasi dan sejenisnya agar tercapai suatu tujuan utama bersama. Sistem manajemen ini sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan tersebut.

Hal ini dikarenakan manusia merupakan kunci utama berlangsungnya sebuah perusahaan atau perkumpulan. Sedangkan manusia satu dengan yang lain memiliki karakter dan kompetensi yang berbeda-beda. Oleh karena itu dibutuhkan suatu manajemen pengelolaan terhadap sumber daya manusia yang berharga tersebut.

Sebuah perusahaan tentunya harus memiliki sebuah divisi khusus yang menangani atau bertugas dalam bidang manajemen sumber daya manusia. Berikut merupakan beberapa tugas dari divisi manajemen sumber daya manusia tersebut adalah:

  1. Merencanakan, merancang dan menata suatu satuan tugas atau job description yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mengorganisasikannya pada karyawan.
  2. Membuat sistem seleksi, perencanaan, penilaian dan pelatihan pada setiap karyawan untuk meningkatkan kompetensi dan efektifitas kerja karyawan pada perusahaan.
  3. Membangun dan menata lingkungan kerja yang kondusif, nyaman dan ramah terhadap karyawan, agar karyawan terus termotivasi untuk terus semangat dalam bekerja dan merasa nyaman terhadap apa yang dikerjakannya.
  4. Menjamin dan membuat sistem kerja yang efektif dengan orientasi semangat tinggi dari para karyawan meskipun bekerja dalam jangka waktu lama.
  5. Memperhatikan kesejahteraan dan kenyamanan karyawan dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh perusahaan.
  6. Mengatur regulasi perpindahan, mutasi proses recruitment maupun proses pemberhentian dari tiap-tiap karyawan yang ada.

Cara Memperoleh Sumber Daya Manusia Berkualitas

Proses memperoleh sumber daya manusia ataupun manajemen yang mengaturnya memang tidaklah mudah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pelatihan dan pengarahan khusus bagi para anggota divisi yang mengatur tentang kepegawaian tersebut, sehingga mampu menjalankan tugasnya sebagai pengayom, pengatur dan pemerhati dari para karyawan yang ada dalam perusahaan.

Hal ini bertujuan agar setiap perusahaan mampu menemukan sistem maupun kenyamanan dalam pengelolaan sumber daya manusianya sesuai dengan kebutuhan dan apa yang perusahaan itu miliki. Selain itu, pengawasan dan pengamatan terhadap karyawan juga perlu di lakukan, sharing sistem produksi bersama dengan karyawan dan memperhatikan kritik dan saran yang datang dari mereka. Karena mereka lah kunci perusahaan untuk terus berproduksi dan mereka pula yang mengetahui kondisi lapangan atau kondisi lokasi produksi secara detail yang ada dalam perusahaan tersebut.

Karyawan tak hanya sebagai penunjang dari perusahaan, namun karyawan adalah kunci keberhasilan dari sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki karyawan dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik akan mampu memiliki kekuatan produksi dan mampu menggapai potensi yang lebih maju dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain.

Untuk mendukung semua itu tentunya Anda membutuhkan sebuah aplikasi terintegrasi yang dapat mendukung kinerja Anda, kini telah hadir sebuah aplikasi pengolahan gaji online terlengkap yang mencakup perhitungan absensi, cuti, pelaporan PPh21, BPJS dan Employee Self Service yaitu aplikasi Gaji.id yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *