Home » Manfaat Dan Kelebihan BPJS kesehatan karir

Manfaat Dan Kelebihan BPJS kesehatan karir

Membahas tentang BPJS kesehatan karir saat ini memang sedang marak dibahas dan dibicarakan oleh masyarakat. Program penjamin kesehatan masyarakat yang berasal dari pemerintah ini memang dinilai dapat memberikan alternatif atau solusi lain untuk masyarakat dari asuransi kesehatan.

Dengan semakin tingginya biaya hidup dalam segala aspek, semakin banyak orang yang concern terhadap asuransi. Hal ini menyebabkan peluang pada BPJS kesehatan dan asuransi memang bisa sangat membantu ketika ada hal-hal yang tidak terduga. Salah satu jenis asuransi yang paling banyak dibutuhkan masyarakat yaitu asuransi kesehatan.

Manfaat BPJS Kesehatan Secara Umum

Manfaat dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS kesehatan karir nya meliputi pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, hingga rawat inap. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, adalah pelayanan kesehatan non spesialistik yang mencakup. Seperti administrasi pelayanan, pelayanan promotif dan preventif, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis dan tindakan medis non spesialis, baik operatif maupun non operatif.

BPJS Kesehatan sudah jadi program wajib buat semua warga negara Indonesia. Tidak gratis buat kebanyakan orang memang, tetapi manfaatnya sangat dibutuhkan terutama oleh wong masyarakat kurang mampu atau kalangan bawah. Asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan swasta saat ini memang terlalu mahal untuk ukuran masyarakat Indonesia umumnya. Maka, ketika BPJS ini hadir, masyarakat sepertinya mendapatkan jalan keluar yang sebenarnya dalam hal kesehatan.

Kelebihan BPJS Kesehatan

Dengan fenomena maraknya para pendaftar BPJS Kesehatan, maka hal ini telah menjadi bukti bahwa dalam perkembangan BPJS kesehatan karir menyimpan banyak kelebihan. Apa saja kelebihan BPJS Kesehatan tersebut. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Murah

Kelebihan pertama dari BPJS kesehatan karir / dalam perkembanganya adalah biaya atau iuran yang murah meriah. Meskipun murah, layanan yang bisa didapat oleh peserta dianggap tidak murahan. Biaya atau iuran pada BPJS Kesehatan ini memang bisa terbilang murah. Bagaimana tidak, hanya dengan premi per-bulan, seseorang sudah bisa mendapatkan layanan atau perlindungan kesehatan dari pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dan lain sebagainya secara cuma-cuma.

  1. Wajib

BPJS kesehatan karir yang diselenggarakan langsung dari pemerintah atau negara ini memang sebuah program yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kenapa wajib? Hal ini dikarenakan ada Undang-Undang dan peraturan pemerintah yang mengatur kewajiban ini. Secara lebih lanjut, artinya jika seseorang ikut asuransi swasta maka juga diharuskan juga mendaftar asuransi BPJS kesehatan.

  1. Tanpa Medical Check Up

Apabila mendaftar pada asuransi kesehatan swasta, maka biasanya akan dikenai medical check up terlebih dahulu. Dan bila terkena penyakit kritis dan sudah berumur di atas 40 tahun, maka premi pasien akan menjadi semakin mahal. Kemungkinan terburuk seperti pengajuan rawat yang ditolak juga sangat mungkin terjadi. Kemudian, mendaftar BPJS, di umur berapa pun boleh mendaftar dan tanpa adanya medical check up.

  1. Dijamin Seumur Hidup

Sepertinya hanya BPJS kesehatan karir nya yang berani menanggung proteksi peserta hingga seumur hidup. Dalam pengamatan sejauh ini, diketahui asuransi swasta hanya bisa melindungi pesertanya saja maksimal pada usia 100 tahun, itu pun belum ada orang yang memberikan testimoni atau kabar ada asuransi yang berani menanggung hingga umur 100 tahun tersebut.

  1. Tidak Ada Pengecualian

Terakhir, kelebihan BPJS kesehatan karir nya adalah tidak adanya pengecualian. Dalam pendaftaran asuransi swasta, seseorang yang sudah terkena penyakit kronis memang bisa saja akan mengalami penolakan.Jika diterima, premi yang dibebankan akan mahal atau bahkan bisa ditolak apabila muncul kebohongan. di BPJS bisa mendaftar tanpa ada ditanyakan penyakit yang telah diderita oleh peserta.

Sekarang ini apabila masih kesulitan dalam perhitungan premi BPJS, tidak perlu bingung lagi. Sebab, aplikasi dari Gaji.id merupakan aplikasi payroll online, yang bisa membantu dalam hal perhitungan dan pelaporan BPJS. Cukup dengan cara memasukkan data dengan lengkap, pembayaran sudah bisa dilakukan. Hasilnya juga dijamin akurat dan sesuai dengan perkembangan dari peraturan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *